Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com

Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) lengkap dengan kunci jawabannya. Soal di bawah ini khusus membahas soal-soal Bab 9 tentang Sunan Gunung Jati.
Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati lengkap dengan kunci jawabannya
Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati lengkap dengan kunci jawabannya

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap (Semester 2) terdiri dari 4 Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Sunan Kalijaga
  • Bab VII. Sunan Muria
  • Bab VIII. Sunan Kudus
  • Bab IX. Sunan Gunung Jati

Soal SKI Kelas VI Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati

Nah, berikut ini soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 9 yang membahas tentang Sunan Gunung Jati.

Jawablah soal-soal di bawah ini!

1. Bagaimana pengalaman Sunan Gunung Jati menuntut Ilmu ?

2. Sunan Gunung Jati seorang ulama dan umara ( penguasa), jelaskan !

3. Apa yang dilakukan Sunan Gunung Jati ketika menjabat Sultan Kerajaan Cirebon ?

4. Mengapa Sunan Gunung Jati bisa menjadi pemimpin yang sukses !

5. Upaya apa yang dilakukan Sunan Gunung Jati dalam mewujudkan toleransi ? jelaskan bukti sejarahnya !

Kunci Jawaban Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati

1. Bagaimana pengalaman Sunan Gunung Jati menuntut Ilmu ?

Jawaban:
Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) berguru kepada Syekh Tajuddin al-Qurthubī di Makkah Syekh Athāillah al-Syāzili di Mesir, dan Syekh Maulana Ishak di Pasai, Aceh

Penjelasan:
Sejak remaja, Syarif Hidayatullah tumbuh besar menjadi sosok yang rajin membaca, hingga suatu hari menemukan pesan ayahnya agar ia mempelajari ilmu Rasulullah, namun ilmu tersebut akan didapatkannya setelah melakukan perjalanan ke satu arah, dan inilah yang menjadi titik awal pengembaraannya menuntut ilmu. Keinginan untuk memperdalam ilmu agama mengantarkannya berangkat ke Makkah sebagai tujuan utama menimba ilmu, atas izin ibundanya ia berangkat ke Makkah, kendati ayahandanya sudah wafat saat masih kecil. 

Di Makkah Syarif Hidayatullah berguru kepada Syekh Tajudin al-Qurthubi selama dua tahun. Tak lama kemudian ia berangkat ke Mesir berguru ke pada Syekh Muhammad Athāillah al-Syâdzili, ulama bermadzhab Syafii, kepadanya Syarif Hidayatullah mempelajari tarekat Syadziliyah.

Saat usianya genap 27 tahun sekitar tahun 1475 M Atas arahan dari Syekh Athâillah, ia disuruh kembali ke Nusantara berguru kepada Syekh Maulana Ishak di Pasai Aceh untuk mendalami kembali ilmu agama dan taswuf. Pengembaraannya mencari ulama, dilanjutkannya ke Karawang, Jawa Barat menemui Syekh Bentong, kakek Raden Fatah, Raja Kerajaan Demak.

Perjalanan Syarif Hidayatullah menuntut ilmu dilanjutkan ke Kudus kepada seorang ulama bernama Datuk Barul. Setelah lulus ia disarankan menuju Ampeldenta menemui Sunan Ampel di Gresik. Di sinilah Sunan Ampel bertemu dengan wali songo lainnya, antara lain; Sunan Giri, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga. Pertemuan ini berujung pada kesepakatan dan tugas dakwah yang dibebankan kepadanya di Cirebon.

2. Sunan Gunung Jati seorang ulama dan umara ( penguasa), jelaskan !

Jawaban:
Selain sebagai ulama Suban Gunung Jati juga merupakan pejabat di Cirebon. Bahkan akhirnya menjadi Sultan penguasa Cirebon.

Penjelasan:
Ketika dakwah di Cirebon, Syarif Hidayatullah menikah dengan Nyi Ratu Pakungwati, putri Pangeran Cakrabuana, penguasa Cirebon.

Ketika Pangeran Cakrabuana memimpin Cirebon, ia diangkat menjadi tumenggung dengan gelar Susuhunan Jati dengan wilayah kekuasaan meliputi Pesisir Sunda dan menjadi Panetep Panatagama (semisal Menteri Agama).

Setelah Pangeran Cakrabuana mangkat, kekuasaan atas negeri Cirebon diserahkan kepada menantunya Sunan Gunung Jati.

Selain sebagai ulama yang menguasai ilmu syariat dan taswuf , posisinya sebagai waliyyul amri atau penguasa Cirebon yang secara ekonomi dan politik punya daya tarik terhadap pengembangan Islam di Cirebon, Sunda Kelapa, Banten, dan Jawa Barat. Perluasan pengaruhnya ke Banten terjadi ketika ia menikahi adik Adipati Kuwunganten, dan dari keturunannya lahir Sultan-Sultan Banten.

Hubungan budaya dengan Tiongkok terjalin berawal dari hubungan perdagangan dan pernikahannya dengan Ong Tien, menurut legenda, ia putri dari Kaisar cina dari Dinasti Ming yang bernama Hong Gie. Ong Tien lalu diberi gelar Nyi Mas Rara Sumanding. Dari pernikahannya ini dikaruniai seorang putra namun meninggal dunia saat bayi.
Sunan Gunung jati punya pengaruh besar dalam perkembangan Islam di Indonesia. Kedudukan sebagai penguasa Cirebon atau sebagai Raja Pandhita tahun 1479, selain juga sebagai pemimpin para wali di Tanah Jawa yang menjadikan penyebaran Islam, khusunya di Jawa Barat lebih cepat meluas dan tersebar di pelosok-pelosok desa. Sunan Gunung Jati wafat tahun 1568 M, umurnya diperkirakan 118 tahun. 

3. Apa yang dilakukan Sunan Gunung Jati ketika menjabat Sultan Kerajaan Cirebon ?

Jawaban:
Pada masa tuanya Pangeran Cakrabuana menyerahkan kekuasaannya kepada Raden Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, tahun 1483 M.

Dalam kepemimpinannya, Raden Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati memperoritaskan pengembangan agama Islam melaului jalan dakwah dengan melakukan hal-hal berikut:
a) Mempelopori pembangunan masjid-masjid jami’ di berbagai daerah bawahan Cirebon sebagai pusat kegiatan keagamaan
b) Membangun sarana dan prasarana umum.
c) Membangun transportasi darat, laut, dan sungai.
d) Membentuk pasukan Jayabaya
e) Menjalin hubungan dengan kerajaan Demak dan Banten.

Keberhasilan Sunan Gunung Jati menegakkan kekuasaan Islam di Cirebon dan Banten menjadikan Islam cepat meluas, berkembang dan meluas di bumi Sunda 

4. Mengapa Sunan Gunung Jati bisa menjadi pemimpin yang sukses !

Jawaban:
Karena Sunan Gunung Jati adalah pemimpin yang keteladanannya tercermin dalam sosoknya yang merakyat mau bergaul dengan semua kalangan, pemimpin yang arif dan bijaksana, menghargai nilai-nilai kemanusiaan dan toleran dalam keberagaman suku dan etnis.

Dengan keteladanan-keteladanan yang dimilikinya tersebut tentu membuat rakyatnya suka dan loyal terhadapnya. Banyak memperoleh dukungan dari dalam dan luar Kesultanan Cirebon.

5. Upaya apa yang dilakukan Sunan Gunung Jati dalam mewujudkan toleransi ? jelaskan bukti sejarahnya !

Jawaban:
Sebagai pemimpin agama sekaligus pemimpin kerajaan ia melakukan upaya-upaya untuk menghargai budaya, tradisi yang datang dari luar, dan individu-individu yang berlainan agama. Dari kebijakan politiknya ia menjadikan pelabuhan Muara jati dan talang, dua pelabuhan zaman Kerajaan Cirebon, sebagai pelabuhan yang terbuka untuk semua etnis dan suku bangsa. Begitu pula, toleransinya dalam dibuktikan dari arsitektur-arsitektur peninggalannya yang mengompromikan berbagai budaya, Jawa, sunda, Arab, dan Tionghoa.

Sejumlah benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Cirebon yang ada di Keraton membuktikan percampuran budaya Jawa, Sunda, Tionghoa, Arab dan Eropa. Hal ini dapat dilihat dari gapura, tugu batu Lingga Yoni, piring-piring keramik dari Tionghoa, meja kaca gaya Prancis, dan lain-lain menunjukkan nilai toleransi terhadap kebudayan lainnya.
 
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Bab 9 Sunan Gunung Jati lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com"

close