Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal IPA PG + Essay Kelas 9 Bab 5 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2)

Soal IPA PG + Essay Kelas 9 Bab 5 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2). Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda khususnya adik-adik kelas 9 SMP/MTs yang saat ini tentunya masih banyak yang belajar secara daring, Soal IPA Kelas 9 beserta jawabannya.
Soal IPA 9 Bab 5 Teknologi Ramah Lingkungan


Soal-soal dari Modul PJJ IPA Kelas 9 SMP dan MTs berikut ini membahas Bab 5 tentang Teknologi Ramah Lingkungan. Silahkan dibaca dan dipelajari, gratis untuk mencerdaskan seluruh anak bangsa yang tidak bisa ikut les atau privat.

Sekolahmuonline ingatkan, gunakanlah semaksimal mungkin Smartphone dan kuota internet yang adik-adik miliki untuk belajar secara online. Selamat dan semangat belajar meskipun sendiri di kamar. Syukur sambil bareng-bareng dengan adik atau kakak di rumah. Atau bareng ibu bapak, kakek nenek, atau Om Tante sambil menikmati minuman hangat dan cemilan.

Selamat belajar dan jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada pada postingan ini.

Soal IPA 9 Bab 5 Teknologi Ramah Lingkungan

Soal Pilihan Ganda


A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!


Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pencemaran udara disebabkan oleh banyak hal yang tentunya tidak lepas dari gas yang dihasilkan aktivitas industri dan kendaraan bermotor. Gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang paling banyak mencemari udara idealnya berada dalam kisaran 0,1 ppm. Namun, pada daerah dengan lalu lintas sangat padat dan daerah industri yang sangat padat, bahkan di kota yang sangat padat kadarnya bisa mencapai 10 – 15 ppm. Konsentrasi yang tinggi dari gas ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan hingga berujung pada kematian karena kemampuannya berikatan dengan hemoglobin sangat tinggi.

1. Permasalahan lingkungan pada paragraf di atas dipicu oleh tingginya emisi gas ….
A. CO2
B. SO2
C. H2
D. CO

Jawaban: D

2. Solusi mengatasi permasalahan tersebut demi manfaat jangka panjang untuk keberlanjutan kehidupan adalah dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan melalui….
A. Biogas
B. Biopulping
C. Mobil listrik
D. Kendaraan berbahan bakar fosil

Jawaban: C

3. Aktivitas industri yang menggunakan batu bara sebagai sumber energi termasuk ke dalam teknologi tidak ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan… 
A. Menyebabkan polusi udara
B. Menghasilkan zat radioaktif
C. Menghasilkan natrium klorida
D. Menyebabkan polusi suara

Jawaban: A

4. Bentuk penerapan teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik masa kini maupun yang akan datang merupakan pengertian dari….
A. Bioteknologi
B. Fitoremediasi
C. Teknologi tepat guna
D. Teknologi ramah lingkungan

Jawaban: D

5. Perilaku hemat energi yang dapat diterapkan di rumah antara lain sebagai berikut kecuali….
A. Mematikan perangkat elektronik jika sudah tidak terpakai
B. Mengganti lampu dengan yang hemat energi
C. Mencabut penanak nasi jika sudah tidak digunakan
D. Sering-sering membuka kulkas pada saat hari panas

Jawaban: D

6. Alat penangkap nyamuk dari botol plastik bekas adalah bentuk penerapan teknologi ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Prinsip kerja dari alat ini adalah memanfaatkan hasil fermentasi gula dan ragi yang dapat merangsang nyamuk untuk mendekat yaitu….
A. O2
B. CO
C. CO2
D. H2O

Jawaban: C

7. Apa tujuan meletakkan batu pada lapisan teratas pada saat melakukan praktik penyaringan air?
A. Untuk menyaring partikel berukuran besar yang ada di air
B. Untuk menyaring partikel halus yang ada di air
C. Untuk menyerap bau tak sedap pada air
D. Untuk menjernihkan air

Jawaban: A

8. Produk yang menunjukkan produk teknologi ramah lingkungan adalah…
A. Kendaraan menggunakan bahan bakar batu bara
B. Kendaraan menggunakan bahan bakar Pertalite
C. Kendaraan yang menggunakan bahan bakar Hidrogen
D. Kendaraan menggunakan bahan bakar Solar

Jawaban: C

9. Ananda sedang berkunjung ke rumah Kakek di suatu desa. Karena lokasi desa tersebut tidak ada akses listrik, maka tidak ada penduduk yang memiliki lemari pendingin/kulkas. Akibatnya, penduduk tidak bisa menyimpan sayuran atau buah untuk beberapa hari karena rawan busuk. Apa solusi yang dapat Ananda tawarkan dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa tersebut?
A. Membuat kulkas tanpa listrik
B. Membeli mesin diesel untuk mendapatkan sumber listrik
C. Membungkus sayur dan buah dalam plastik tebal
D. Membuat kulkas portable dengan sumber energi baterai

Jawaban: A

10. Indonesia adalah negeri yang dilimpahi dengan kondisi geografis yang sangat potensial untuk pengembangan teknologi ramah lingkungan. Berikut adalah potensi sumber energi yang dapat dikembangkan di daerah pesisir pantai dan pegunungan adalah….
A. PLTG dan PLTGL
B. PLTGL dan PLTB
C. PLTA dan PLTN
D. PLTD dan PLTS

Jawaban: B

Soal Essay

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1. Biopori adalah penerapan teknologi ramah lingkungan yang dapat dibuat di sekitar rumah kita. Mengapa biopori termasuk teknologi ramah lingkungan? Prinsip teknologi ramah lingkungan mana yang dapat kita temui di biopori?

Jawaban: 
Mekanisme kerja biopori jika dianalisis memiliki sifat memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan sehingga dapat dikatakan termasuk teknologi ramah lingkungan. Prinsip-prinsip kerja ramah lingkungan yang digunakan adalah refine (menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta melalui proses yang lebih aman dari teknologi sebelumnya), reduce (mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan), dan Retrieve Energy (penghematan energi dalam suatu proses produksi).

2. Jika Ananda diminta untuk mengajarkan teknologi penyaringan air di kelompok remaja yang ada di lingkungan Ananda, buatlah gambar sketsa atau diagram skematis yang menunjukkan mekanisme kerja penyaringan air.

Jawaban: 
Gambar skematis teknologi penyaringan air yang menggunakan pemisahan campuran.


Batu kerikil dan sabut kelapa memiliki fungsi untuk menyaring kotoran berukuran besar seperti lumut.
- Ijuk dan arang berfungsi menyaring serta menghilangkau aroma tak sedap dari air hingga zat tercemar di dalamnya.
- Spons, kapas, atau kain berfungsi untuk menyaring partikel paling halus yang ada di air.

3. Saat ini, energi menjadi faktor pembatas sehingga inovasi untuk mencari energi alternatif sangat diperlukan. Berilah saran Ananda terkait potensi energi alternatif yang ada di Indonesia. Jangan lupa untuk menganalisis dari sisi prinsip teknologi ramah lingkungan.

Jawaban: 
Beberapa potensi energi alternatif yang ada di Indonesia diantaranya sebagai berikut:
- Angin melalui Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. 

Contoh : PLTB Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Samas di Yogyakarta
- Tumbuhan melalui energi biofuel dari ganggang, jarak, dan kelapa sawit
- Sungai, air terjun, saluran irigasi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di desa Kawindai Toi, Nusa Tenggara Barat, 
- Tumbuhan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Indonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung
- Panas bumi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dimiliki Indonesia antara lain: PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Salak (Jawa Barat), PLTP Dieng (Jawa Tengah), dan PLTP Lahendong (Sulawesi Utara)
- Sinar matahari melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang terdapat di Indonesia antara lain : PLTS Karangasem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT)

4. Seandainya Ananda ditunjuk sebagai ketua OSIS yang harus menyerukan perilaku hemat energi di sekolah, rencanakan apa yang akan Ananda tempuh untuk itu. 
Sertakan juga rencana leaflet seruan hemat energi yang akan banyak ditempel di lingkungan sekolah Ananda.

Jawaban: 
Beberapa usaha yang dapat dilakukan diantaranya membentuk kelompok peduli hemat energi yang bertugas mencontohkan dan menularkan perilaku hemat energi di lingkungan sekolah. Selain itu membuat leaflet atau stiker yang ditempel di beberapa lokasi sekolah yang strategis dibaca oleh banyak orang. Leaflet atau stiket tersebut diantaranya berisi himbauan sebagai berikut.
- Tidak menyalakan lampu pada siang hari
- Matikan lampu jika sudah tidak diperlukan
- Matikan kran air jika sudah tidak digunakan
- Gunakan air secukupnya
- Matikan computer jika sudah tidak digunakan
- Bukalah jendela atau gunakan kipas angin daripada AC

5. Mengapa teknologi biopulping dapat dikatakan sebagai salah satu penerapan teknologi ramah lingkungan di bidang industri? Prinsip teknologi ramah lingkungan mana yang dapat ditemui di teknologi ini.

Jawaban: 
Prinsip kerja biopulping adalah dengan memanfaatkan kemampuan mikroba dalam proses pelapukan kayu secara alami, dengan prinsip kerja ramah lingkungan yang digunakan adalah:
a. refine (menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta melalui proses yang lebih aman), 
b. reduce (mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan), 
c. retrieve Energy (penghematan energi dalam suatu proses produksi).

Posting Komentar untuk "Soal IPA PG + Essay Kelas 9 Bab 5 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2)"

Memuat...