Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay + Jawabannya Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay + Jawabannya Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan soal essay atau uraian mata pelajaran Geografi Kelas XII Bab 1 yang membahas tentang Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang lengkap dengan Kunci Jawabannya.

Soal Essay Geografi Kelas XII Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang


Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:

Pertama: Konsep Wilayah dan Pewilayahan 

Kedua: Pembangunan dan Pertumbuhan Wilayah 

Ketiga: Perencanaan Tata Ruang Wilayah Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota

Soal Essay Geografi Kelas XII Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!


1. Jelaskan pengertian wilayah! Bagaimana penjelasan arti wilayah menurut Taylor dan Rustiadi?

Jawaban:

Wilayah dapat diartikan sebagai bagian permukaan bumi yang memilki batas-batas dan ciri-ciri tersendiri berdasarkan lingkup pengamatan atas satu atau lebih fenomena atau kenampakan tertentu


Menurut Taylor bahwa Wilayah adalah suatu daerah tertentu di permukaan bumi yang dapat dibedakan dengan daerah tetangganya atas dasar kenampakan karakteristik yang menyatu. Sedangkan menurut Rustiadi bahwa wilayah adalah unit geografis dengan batas-batas spesifik tertentu di mana komponen-komponen wilayah tersebut satu sama lain saling berinteraksi secara fungsional


2. Apa yang yang dimaksud dengan pewilayahan dan Wilayah Pengembangan?

Jawaban:

Yang dimaksud dengan pewilayahan (penyusunan wilayah) adalah pendelineasian unit geografis berdasarkan kedekatan, kemiripan, atau intensitas hubungan fungsional antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Wilayah Pengembangan adalah pewilayahan untuk tujuan pengembangan/ pembangunan/ (development). Tujuan pembangunan terkait dengan lima kata kunci, yaitu: (a) pertumbuhan; (b) penguatan keterkaitan; (c) keberimbangan; (d) kemandirian; dan (e) keberlanjutan.


3. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi wilayah menurut Geographical Association (1937)!

Jawaban:

Semula penggolongan wilayah hanya didasarkan pada ciri-ciri alamiah saja (natural feature), kemudian ditambah dengan suatu kenampakan tunggal (single feature), seperti iklim, topografi, vegetasi, morfologi, dan lain-lainnya.

Geographical Association (1937) mengaklasifikasikan wilayah sebagai berikut:

a. Generic Region: yaitu penggolongan wilayah menurut jenisnya yang menekankan pada jenis wilayah, seperti iklim, topografi, vegetasi, dan fisiografi. Misalnya wilayah vegetasi, dalam hal ini lebih ditekankan kepada jenis perwilayahannya saja.

b. Specific Region: merupakan wilayah tunggal yang mempunyai ciri-ciri geografis tertentu/khusus terutama yang ditentukan oleh lokasi absolut dan lokasi relatifnya. Misalnya: (a) Wilayah Asia Tenggara merupakan wilayah tunggal yang mempunyai kharakteristik geografis khusus, seperti lokasi, penduduk, bahasa, tradisi, iklim, dan lain-lainnya; (b) Wilayah Waktu Indonesia Barat (WIB), merupakan wilayah tunggal dan mempunyai ciri khusus yaitu lokasinya di Indonesia bagian barat yang dibatasi oleh waktu, berdasarkan garis bujur serta pertimbangan politis, sosial, ekonomi, aktivitas penduduk, dan budaya.

c. Uniform Region: suatu wilayah yang didasarkan atas keseragaman atau kesamaan dalam kriteria-kriteria tertentu. Wilayah geografis yang seragam berdasarkan kriteria tertentu dan dapat dibedakan dengan daerah tetangganya. Homogenitas dari wilayah formal dapat ditinjau dari kriteria fisik atau alam ataupun kriteria sosial budaya. Contoh: wilayah pertanian yang mempunyai kesamaan yakni adanya unsur petani dan lahan pertanian, dan kesamaan itu menjadi sifat yang dimiliki oleh unsur-unsur yang membentuk wilayah (Bintarto dan Surastopo, 1979).

d. Nodal Region: merupakan suatu wilayah yang diatur beberapa pusat-pusat kegiatan yang saling dihubungkan oleh jalur transportasi antara satu dengan yang lainnya. Wilayah geografik yang memperhatikan suatu hubungan fungsional antarwilayah formal yang interdependensi dan batas wilayah tersebut oleh sebuah titik pusat Contoh: Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai kota yang cukup besar dan unik, mempunyai beberapa pusat kegiatan seperti pusat kebudayaan Jawa, pusat pendidikan, pusat perdagangan, pariwisata, industri kerajinan, dan lain-lainnya. Pusat-pusat kegiatan tersebut satu sama lain dihubungkan dengan jaring-jaring transportasi dan komunikasi yang membentuk suatu sistem keruangan dan kelingkungan yang terpadu sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem kewilayahan.


4. Sebutkan bentuk-bentuk Persekutuan Regional berdasarkan beberapa kajian tentang perwilayahan!

Jawaban:

Atas dasar kajian tentang wilayah, maka muncul bentuk-bentuk persekutuan (perhimpunan) regional, antara lain:

a. Persekutuan negara-negara berdasarkan paham politik yang dianut, seperti: Blok Barat, Blok Timur, dan Non Blok;

b. Persekutuan negara-negara di bidang ekonomi, seperti: Masyarakat Ekonomi Asean/MEA, Mashall Plan, Colombo Plan, OPEC, Pasaran Bersama Eropa (Europian Common Market/ECM), Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), Camecon (Council for Mutual Economic Assistance), Sela (Sistema Economico Latioamericano), Pasar Bebas Asia (AFTA), EEC (Europian Economic Community), dan EAC (East African Community);

c. Persekutuan negara-negara di beberapa bidang sosial ekonomi budaya, seperti OKI (Organisasi Konferensi Islam), Kelompok Utara-Selatan, OAS (Organization of American States) dan lain-lainnya.


5. Bagaimana teori Teori Ketergantungan (Dependency Theory) sehingga memiliki kelemahan

Jawaban:

Kelemahan Teori Ketergantungan (Dependency Theory):

Mengabaikan tentang penyebab terjadinya keterbelakangan dan ketergantungan adalah karena factor kolonialisme dan integrasi dari negara-negara berkembang ke dalam sistem ekonomi kapitalisme dunia. Mengabaikan faktor-faktor internal, seperti faktor sosial budaya, dan pola perilaku masyarakat sebagai suatu faktor penyebab penting dari keterbelakangan dan penghambat pembangunan di negara-negara berkembang


6. Tuliskan kelima fase pembangunan ekonomi menurut Rostow

Jawaban:

Fase Pembangunan ekoomi menurut Teori Rostow 

a. Masyarakat Tradisional (The Traditional Community); 

b. Prasyarat untuk Lepas Landas (The Preconditions for Take Off);

c. Lepas Landas (The Take Off); 

d. Gerakan ke Arah Kedewasaan (The Drive to Maturity); 

e. Masa Konsumsi Tinggi (The Age Off Hight Mass Consumption)


7. Perbedaan suatu bangsa akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kemajuan suatu wilayah merupakan isi dari teori dari ….

Jawaban:

Control theories pada determinisme kebudayaan


8. Teori apa yang dapat menentukan lokasi pembangunan berdasarkan jumlah penduduk dan jarak?

Jawaban:

Teori Interaksi wilayah yang terdiri dari:

a. Teori Grafik; 

b. Teori Gravitasi; 

c. Teori Titik Henti (Breaking Point Theory)


9. Uraikan faktor yang mempengaruhi pusat pertumbuhan wilayah!

Jawaban:

Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya pusat pertumbuhan wilayah: fisik; pengambilan kebijakan; ekonomi; social; sarana pendukung;


10. Tuliskan pengertian perencanaan tata ruang!

Jawaban:

Perencanaan tata ruang adalah suatu proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang


11. Tuliskan UU yang mengatur tentang Tata Ruang Wilayah Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota!

Jawaban:

Undang Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang


12. Tentukan 5 permasalahan dalam penerapan tata ruang wilayah!

Jawaban:

Permasalahan dalam penerapan tata ruang wilayah di Indonesia

• Kebijakan dan Integritas Kepala Daerah

• Pembiayaan dan Tenaga/Ahli/Kepakaran

• Tingkat ketelitian dan keterbukaan Data Base

• Konflik kepentingan

• Ekonomi

• Sosial Budaya

• Kelestarian Lingkungan Hidup

• Politik

• Pertumbuhan penduduk

• Keamanan

• Optimalisasi peran institusi


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay + Jawabannya Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...