Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas XII Bab 1 yang membahas tentang Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang.
Rangkuman Geografi Kelas XII Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang

Rangkuman Geografi Kelas XII Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang

❖ Wilayah dapat diartikan sebagai bagian permukaan bumi yang memilki batas-batas dan ciri-ciri tersendiri berdasarkan lingkup pengamatan atas satu atau lebih fenomena atau kenampakan tertentu

❖ Prinsipnya region lebih dititikberatkan sebagai suatu wilayah yang mempunyai ciri-ciri keseragaman gejala internal (internal uniformity) yang membedakan wilayah yang bersangkutan dari wilayah lainnya

❖ Klasifikasi Wilayah: Generic Region; Specifik Region; Uniform Region; Nodal Region.

❖ Persekutuan perhimpunan regional berdasarkan bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya

❖ Teori Perkembangan Wilayah terdiri dari Control Theories, Teori Ketergantungan, Teori Rostow, dan Teori Tiga Gelombang (Toffler) dan Teori Interaksi Wilayah.

❖Control theories meliputi dua teori, yaitu determinisme lingkungan alam, dan determinisme kebudayaan

❖Teori Rostow menyatakan bahwa Keterbelakangan (under development) yang dialami negara-negara berkembang bermula pada saat masyarakat negara tersebut: tergabung (incorporated) ke dalam sistem ekonomi dunia kapitalis.

❖ Teori Rostow dengan tahapan: Masyarakat Tradisional (The Traditional Community); Prasyarat untuk Lepas Landas (The Preconditions for Take Off); Lepas Landas (The Take Off); Gerakan ke Arah Kedewasaan (The Drive to Maturity); Masa Konsumsi Tinggi (The Age Off Hight Mass Consumption).

❖ Teori Tiga Gelombang dari Toffler meliputi: Gelombang I (Peradaban Pertanian); Gelombang II (Peradaban Industri); Gelombang III (Peradaban Informasi)

❖ Teori Interaksi Wilayah: Teori Grafik; Teori Gravitasi; Teori Titik Henti (Breaking Point Theory)

❖ Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya pusat pertumbuhan wilayah: fisik; pengambilan kebijakan; ekonomi; sosial; sarana pendukung;

❖ Pengaruh yang ditimbulkan dari pusat pertumbuhan; pemusatan SDM; perkembangan ekonomi; dan perubahan sosial budaya.

❖ Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.

❖ Tata ruang adalah wujud dari struktur ruang dan pola ruang. 

❖ Perencanaan adalah suatu proses menetapkan suatu tujuan dan memilih langkah yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut. 

❖ Penataan ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. 

❖ Perencanaan tata ruang adalah suatu proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang

❖ Klasifikasi penataan ruang ditegaskan dalam Undang-Undang Penataan Ruang bahwa penataan ruang diklasifikasikan berdasarkan sistem, fungsi utama kawasan, wilayah administratif, kegiatan kawasan, dan nilai strategis Kawasan

❖ Rencana struktur ruang wilayah provinsi merupakan rencana kerangka tata ruang wilayah provinsi yang dibangun oleh kontelasi pusat-pusat kegiatan (sistem perkotaan) yang berhirarki satu sama lain dan dihubungkan oleh sistem jaringan prasarana wilayah provinsi terutama jaringan transportasi.

❖ Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten adalah rencana tata ruang yang bersifat umum dari wilayah provinsi, yang merupakan penjabaran dari RTRWN, yang berisi tujuan, kebijakan, strategi penataan ruang wilayah kabupaten, rencana struktur ruang wilayah kabupaten; rencana pola ruang wilayah kabupaten; penetapan kawasan strategis kabupaten; arahan pemanfaatan ruang wilayah kabupaten; dan arahan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kabupaten

❖ Permasalahan dalam penerapan tata ruang wilayah: Kebijakan dan Integritas Kepala Daerah; Pembiayaan dan Tenaga/Ahli/Kepakara; Tingkat ketelitian dan keterbukaan Data Base; Konflik kepentingan; Ekonomi; Sosial Budaya; Kelestarian Lingkungan Hidup; Politik; Pertumbuhan penduduk; Keamanan; Optimalisasi peran institusi

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga:
Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Geografi Kelas 12 dapat Anda baca dan pelajari pada judul-judul postingan di bawah ini (tinggal klik saja judulnya). Jika ada link/tautan yang mati, dapat Anda beritahukan lewat kolom komentar untuk kami perbaiki. Semoga membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja secara gratis. Selamat dan semangat belajar, semoga masa depan Anda cerah dan mencerahkan.

Rangkuman:
Soal Pilihan Ganda:
Soal Essay:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 12 Bab 1 Konsep Wilayah dalam Perencanaan Tata Ruang ~ sekolahmuonline.com"

close