Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal SKI Kelas 6 Bab 2. Sunan Ampel + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal SKI Kelas 6 Bab 2. Sunan Ampel + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) lengkap dengan kunci jawabannya. Kali ini Sekolahmuonline akan membahas soal-soal SKI kelas 6 Bab 2 yang membahas tentang waliyullah bernama Sunan Ampel.
Soal SKI Kelas VI Bab 2. Sunan Ampel dan Kunci Jawabannya
Soal SKI Kelas VI Bab 2. Sunan Ampel dan Kunci Jawabannya
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 6 SD/MI Bab 2 atau Pelajaran 2 Sunan Ampel mencakup tiga pembahasan, yaitu:
A. Biografi
B. Peran Sunan Ampel dalam Mengembangkan Islam di Indonesia
C. Sikap Positif dalam Pribadi Sunan Ampel

Contoh Soal SKI Kelas VI MI Bab 2 Sunan Ampel

Jawablah soal-soal di bawah ini!

1. Bagaimana perjalanan Sunan Ampel datang ke Pulau Jawa ?

Kunci Jawaban:
Sunan Ampel datang ke pulau Jawa dari Campa bersama ayah, saudara dan keluarga pada tahun 1440 M.

Pembahasan:
Sunan Ampel, dikenal dengan Raden Rahmat, nama aslinya Sayid Ali Rahmatullah, ayahnya bernama Syekh Ibrahim As-Samarqandi, seorang ulama asal Samarkand, Asia Tengah. Ibunya seorang putri raja bernama Candrawulan dari kerajaan Campa, Kamboja. Sedangkan silsilah keturunannya bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui jalur Husen bin Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah Saw. 

Raden Rahmat datang ke pulau Jawa bersama ayah dan saudara tuanya Ali Murtadho, dan Raden Burereh yang sebelumnya tinggal di Campa. Mereka datang bersama sejumlah kerabat. Kedatangannya ke pulau Jawa diperkirakan tahun 1440 M, atas undangan Prabu Sri Kertawijaya (w. 1451 M) Raja Kerajaan Majapahit, untuk memperbaiki prilaku masyarakat Majapahit yang konon saat itu mengalami kemunduran dan kemerosotan moral. Kedatangan rombongan ke Majapahit juga dikarenakan adanya hubungan keluarga antara ibunya dan istri Sri Prabu Kertawijaya, Dewi Darawati, yang berasal dari Campa. 

Setelah beberapa lama, Raden Rahmat menikah dengan Nyai Ageng Manila, putri Tumenggung Arya Teja, Bupati Tuban yang juga cucu Arya Lembu Sura, Raja Surabaya yang muslim. Dari pernikahannya, lahir anak dan cucu yang menjadi generasi penerus dakwahnya dalam menyebarkan Islam. Begitu pula hubungan kekerabatannya dengan penguasa Surabaya, Arya Lembu Sura, pada gilirannya membawa Raden Rahmat menjadi bupati, penguasa Surabaya. Kedudukan ini memberikan peluang baginya melakukan penyebaran Islam secara leluasa dan merintis pembangunan kota Surabaya. Kondisi ini didukung pula dengan keberadaan Raja Majapahit, Sri Prabu Kertawijaya (1447-1451 M) sebagai Maharaja Majapahit yang menaruh perhatian besar dengan perkembangan agama Islam.

Dalam perjalanan dakwahnya, Sunan Ampel membangun masjid dan pesantren dan menjadikannya sebagai pusat pengkaderan mubalig yang disebar ke daerah lain di pulau Jawa. Gelar Sunan atau susuhunan yang diperuntukkan pada Raden rahmat diberikan karena kedudukannya sebagai Raja (Bupati) Surabaya, dan sebagai guru suci di dukuh Ampel yang memiliki kewenangan melakukan baiat bagi para santrinya. Sunan Ampel wafat pada tahun 1481 M di Demak dan dimakamkan di samping Masjid Ampel, Kota Surabaya.

2. Kenapa dakwah Sunan Ampel mudah diterima oleh penduduk pulau Jawa ?

Kunci Jawaban:
Masyarakat pesisir utara Jawa adalah masyarakat yang hidup dalam tradisi dan budaya yang turun temurun. Dalam dakwahnya, Sunan Ampel membawa ajaran Islam yang disampaikan dengan cara-cara damai, moderat, toleran dan menyesuaikan tradisi masyarakat yang telah ada mengandung nilai-nilai Islam.

Sebelum kedatangan para penyiar Islam, orang-orang Majapahit mengenal upacara peringatan terhadap orang mati, disebut sraddha, sebuah upacara peringatan atas kematian seseorang pada tahun ke-12. Setelah kedatangan penyiar Islam Campa yang dipelopori Sunan Ampel, penduduk Majapahit mulai memperingati tradisi kenduri, dan memperingati kematian seseorang pada hari ke-3, ke-7, ke-40, ke-100, dan ke-1000. Dalam prakteknya, masyarakat berkumpul mendatangi keluarga yang ditinggal, lalu acara tersebut diisi dengan zikir, tahlil dan doa. 

3. Apa yang menyebabkan terjalinnya hubungan baik antara Sunan Ampel dan penguasa Majapahit Prabu Sri Kertawijaya?

Kunci Jawaban:
Karena adanya hubungan keluarga antara ibu Sunan Ampel dan istri Sri Prabu Kertawijaya, Dewi Darawati, yang berasal dari Campa.

Dalam mengembangkan agama Islam, Sunan Ampel punya peran penting dalam membentuk jaringan kekerabatan melalui perkawinan para penyebar Islam dengan putri-putri penguasa kerajaan Majapahit. Diantaranya adalah Syekh Maulana Garib dinikahkan dengan Niken Sundari, putri Patih Majapahit bernama Mahodara. Strategi inilah yang menjadikan Islam lambat laun semakin kuat dan mendapatkan dukungan para penguasa.

Raden Rahmat datang ke pulau Jawa bersama ayah dan saudara tuanya Ali Murtadho, dan Raden Burereh yang sebelumnya tinggal di Campa. Mereka datang bersama sejumlah kerabat. Kedatangannya ke pulau Jawa diperkirakan tahun 1440 M, atas undangan Prabu Sri Kertawijaya (w. 1451 M) Raja Kerajaan Majapahit, untuk memperbaiki prilaku masyarakat Majapahit yang konon saat itu mengalami kemunduran dan kemerosotan moral. Kedatangan rombongan ke Majapahit juga dikarenakan adanya hubungan keluarga antara ibunya dan istri Sri Prabu Kertawijaya, Dewi Darawati, yang berasal dari Campa.

4. Bagaimana peran penting Sunan Ampel dalam mengembangkan Islam di Indonesia, jelaskan?

Kunci Jawaban:
Kedatangan Sunan Ampel ke pulau Jawa punya peran penting dalam pengembangan Islam di Indonesia, yaitu:
• Membentuk jaringan kekerabatan dalam menyebarkan dakwah Islam
• Menyebarkan dakwah Islam dengan santun dan toleran
• Melakukan perubahan tradisi menuju nilai-nilai keislaman
• Mendidik kader ulama dalam meyiarkan Islam melalui pendidikan pesantren

5. Apa yang kamu pahami tentang dakwah dengan cara yang santun dan toleran ?

Kunci Jawaban:
Dakwah dengan cara yang santun dan toleran yaitu dakwah (mengajak atau menyeru) manusia untuk menuju jalan Allah SWT yang lurus (agama Islam) dengan hikmah, nasihat yang baik, dan berdiskusi dengan cara yang paling baik. Menjauhi kekerasan dan sikap kasar.

6. Ajaran Sunan Ampe yang banyak dikenal diantaranya adalah Falsafah Limo. Sebutkan dan jelaskan maksudnya!

Kunci Jawaban:
Falsafah Limo adalah tidak melakukan lima hal yaitu:
a) moh main atau tidak berjudi,
b) moh ngombe atau tidak mabuk-mabukan,
c) moh maling atau tidak mencuri,
d) moh madat atau tidak mengisap candu,
e) moh madon atau tidak berzina.

7. Sebutkan dan jelaskan contoh sikap positif dalam pribadiSunan Ampel! 

Kunci Jawaban:
Dalam usaha menyebarkan dan mengembangkan dakwah Islam di Indonesia, Sunan Ampel patut menjadi teladan dalam sikap Positif yang ditunjukkan. Diantaranya:
a. Berdakwah dengan santun penuh kearifan, dengan tanpa caci maki terhadap pendapat dan agama lain. Kisah teladan menarik ketika Sunan Ampel mengajak Prabu Brawijaya V (Sri Prabu Kertawijaya) memeluk Islam, meskipun akhirnya tidak memeluk agama Islam namun ia terkesan dengan ajaran agama Islam sebagai ajaran budi pekerti yang mulia.
b. Toleran dan selalu menjalin hubungan baik dengan semua kalangan. Menghadapi kebudayaan Jawa dan Nusantara yang sudah cukup lama, yang masih kental dengan tradisi Hindu-Budha dan agama Kapitayan (agama asli nenek moyang orang-orang Nusantara) , Sunan Ampel secara perlahan melakukan perubahan tradisi, menggelar kegiatan-kegiatan yang bernilai islami.
c. Sosok pemimpin yang merangkul tanpa memandang kasta dan jabatan. Sosok Raden Rahmat bukan hanya pemimpin agama tetapi juga raja (bupati). Dua kepemimpinan yang disandangnya membuatnya bergaul dengan siapa saja dari semua kalangan.
d. Seorang guru yang mendidik dengan penuh keihklasan dalam menyampaikan ilmu kepada murid-muridnya, sehingg lahir generasi penyebar Islam ke penjuru Nusantara.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6 Bab 2. Sunan Ampel Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, dapat membantu anak-anak dan orang tua/wali murid dalam mencari Contoh Soal SKI Kelas 6 beserta kunci jawabannya di internet. Selamat dan semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Lengkap Rangkuman SKI Kelas 6 Semester Ganjil

Untuk rangkuman atau ringkasan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester 1 atau semester ganjil semua Bab (Bab 1 s/d Bab 5) dapat Anda baca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul di bawah ini. Silakan tinggal klik judulnya sesuai dengan yang Anda cari (butuhkan). Jika ada link/tautan yang error silakan Anda beritahu Sekolahmuonline langsung lewat kolom komentar.

Lengkap Rangkuman SKI Kelas 6 Semester Genap

Untuk rangkuman atau ringkasan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester 2 atau semester genap semua Bab (Bab 6 s/d Bab 9) dapat Anda baca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul di bawah ini. Silakan buka sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Soal SKI Kelas 6 Bab 2. Sunan Ampel + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close