Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas XII Bab 6 yang membahas tentang Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Ekonomi Kelas 12.
Rangkuman atau ringkasan Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang
Rangkuman atau ringkasan Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui, Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang membahas tiga Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
Kegiatan Pembelajaran 1: Jurnal Penutup
Kegiatan Pembelajaran 2: Buku Besar setelah Penutupan dan Neraca Saldo Setelah Penutupan
Kegiatan Pembelajaran 3: Jurnal Pembalik

Rangkuman Ekonomi Kelas XII Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Ekonomi kelas 12 Bab Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Selamat membaca, semoga memudahkan Anda dalam belajar Ekonomi secara mandiri, khususnya Bab Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Jurnal Penutup

1. Jurnal penutup adalah jurnal yang digunakan untuk mengnolkan akun sementara (nominal) pada perusahaan dagang, akun tersebut meliputi:
a. Penjualan
b. Retur Penjualan
c. Potongan Penjualan
d. Pembelian
e. Beban angkut pembelian
f. Retur Pembelian
g. Potongan Pembelian
h. Beban-beban
i. Laba/rugi perusahaan
j. Prive

2. Jurnal penutup pada perusahaan dagang dilakukan dengan cara :
a. Akun penjualan bersih yang bersaldo kredit didebet oleh pekiraan Ikhtisar Laba/rugi
b. Akun Retur Penjualan bersaldo debet, dikredit oleh akun Ikhtisar Laba/rugi
c. Akun Pembelian dan Beban angkut pembelian yang bersaldo debet, dikredit oleh akun Ikhtisar Laba/rugi
d. Akun Retur Pembelian yang bersaldo kredit , didebet oleh akun Ikhtisar Laba/rugi
e. Perkiriaan Prive yang bersaldo debet dikredit oleh akun modal
f. Akun Ikhtisar Laba/rugi ditutup oleh akun modal

3. Pada perusahaan dagang jurnal penutup menggunakan format jurnal umum.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Buku Besar setelah Penutupan dan Neraca Saldo Setelah Penutupan

1. Buku besar setelah penutupan menggambarkan saldo-saldo dari setiap akun yang dibuatkan jurnal penutup dengan saldo nol

2. Posting dari jurnal penutup ke buku besar dilakukan dengan cara yang di jurnal penutup debet maka di buku besarnya debet, dan jika dijurnal penutupnya kredit di buku besarnya kredit.

3. Setelah diposting ke buku besar akun sementara diperusahaan dagang saldonya nol,

4. Neraca saldo setelah penutupan memuat akun riil (harta, utang dan modal)

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Jurnal Pembalik

1. Di perusahaan dagang Jurnal Pembalik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi terhadap akun yang dibuatkan jurnal penyesuaian atau akun yang akaun riilnya baru.

2. Tujuan dibuatnya jurnal pembalik adalah untuk mengembalikan akun yang di nol kan sementara tidak ada akun riil untuk akun tersebut.

3. Fungsi jurnal pembalik adalah Mempermudah pencatatan transaksi pada awal periode akuntansi yang baru, menyederhanakan penyusunan jurnal pada periode akuntansi berikutnya dan meminimalkan kesalahan atau kekeliruan yang mungkin bisa terjadi,

4. Akun yang memerlukan jurnal pembalik yaitu beban yang dibayar di muka (jika tercatat sebagai beban), beban yang masih harus dibayar, Pendapatan yang diterima di muka (jika tercatat sebagai pendapatan), Pendapatan yang masih akan diterima dan akun lain yang tidak ada akun riilnya.

5. Cara membuat jurnal pembalik yaitu mengembalikan dari hasil jurnal penyesuaian ke kondisi sebelum dibuatkan jurnal penyesuaian.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Semoga bermanfaat. Memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar secara gratis dimana saja dan kapan saja. Merdeka belajar! Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya.

Soal Ekonomi Kelas XII Semua Bab

Lengkap contoh soal mata pelajaran Ekonomi kelas 12 dan kunci jawabannya semua Bab silakan baca pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. Jika ada link/tautan yang error silakan langsung beritahukan kami lewat kolom komentar yang sudah disediakan untuk kami perbaiki segera. Terimakasih.

Rangkuman Ekonomi Kelas XII Semua Bab

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Ekonomi kelas 12 semua Bab silakan baca pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. Jika ada link/tautan yang error silakan langsung beritahukan kami lewat kolom komentar yang sudah disediakan untuk kami perbaiki segera. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 6 Tahap Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.com"

close