Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor) ~ Prinsip Dasar Pembuatan Animasi

Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor) ~ Prinsip Dasar Animasi. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK Jurusan Multimedia Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor). Pembahasan contoh soal berikut dikhususkan tentang Prinsip Dasar Animasi. Silahkan dipelajari, semoga bermanfaat.
Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor) ~ Prinsip Dasar Pembuatan Animasi

A. Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!

1. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan adalah ...
a. animasi
b. animatic
c. puppeters
d. animootion
e. stop motion

Jawaban: a. animasi

2. Animasi yang dibuat menggunakan komputer dengan cara menggambar dan membuat animasi vektor secara langsung pada komputer disebut ...
a. animasi 2D
b. animasi 3D
c. animasi tradisional
d. animasi motion graphic
e. animasi berbasis vektor

Jawaban: e. animasi berbasis vektor

3. Animasi yang dibuat dengan cara gambar manual oleh tangan, animator membuat gambar untuk setiap frame yang kemudian akan menjadi rangkain gambar animasi adalah pengertian dari ...
a. animasi 2D
b. animasi 3D
c. animasi tradisional
d. animasi motion graphic
e. animasi berbasis vektor

Jawaban: c. animasi tradisional

4. Animasi gerakan elemen grafis atau teks dengan tujuan untuk iklan atau promosi disebut ...
a. animasi 2D
b. animasi 3D
c. animasi tradisional
d. animasi motion graphic
e. animasi berbasis vektor

Jawaban: d. animasi motion graphic

5. Animasi dengan cara membuat model 3D lalu diberikan rigging animasi di dalam ruang tiga dimensi dengan menggunakan komputer disebut ...
a. animasi 2D
b. animasi 3D atau CGI
c. animasi tradisional
d. animasi motion graphic
e. animasi berbasis vektor

Jawaban: b. animasi 3D atau CGI

B. Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi?

Jawaban:
Animasi adalah proses menghidupkan gambar atau usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Atau dengan definisi lainnya animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan.

Menurut Ibiz Fernandes animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

2. Jelaskan secara sederhana dari prinsip kerja Animasi! Sebutkan contohnya!

Jawaban:
Secara sederhana prinsip kerja animasi adalah dengan menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan.

Contoh:
Beberapa gambar ditumpuk secara berurutan dalam tempo yang cepat. Gambar akan ditampilkan mulai dari urutan pertama sampai terakhir sehingga seolah olah gambar yang ada menjadi bergerak, misalnya gambar bola bergerak dari bawah keatas.

3. Apa yang kamu ketahui tentang teknik animasi 2D ?

Jawaban:
Teknik animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer.

4. Apa itu teknik animasi manual dan teknik animasi 2D komputer?

Jawaban:
Teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar transparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan dipindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.

Teknik animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.

5. Apa modal utama seorang animator? Apa bedanya dengan komikus, ilustrator, atau  karikaturis?

Jawaban:
Modal utama seorang animator adalah kemampuan meng-capture momentum kedalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi bergerak atau hidup. Sedikit berbeda dengan komikus, ilustrator, atau  karikaturis yang menangkap suatu momentum ke dalam sebuah gambar diam (still). Animator harus lebih memiliki ‘kepekaan gerak’ daripada ‘hanya’ sekedar kemampuan menggambar. Gambar yang bagus akan percuma tanpa didukung kemampuan meng-’hidup’-kan.

6. Jelaskan Konsep utama yang mendasari teori prinsip – prinsip Animasi?

Jawaban:
Konsep utama yang mendasari teori prinsip – prinsip Animasi adalah fenomena kelemahan mata manusia yang disebut : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).

Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

7. Apa Fungsi utama dari prinsip – prinsip dasar animasi?

Jawaban:
Fungsi utama dari prinsip – prinsip dasar animasi adalah agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami.

8. Jelaskan Fungsi dari penerapan prinsip dasar animasi?

Jawaban:
Fungsi dari penerapan prinsip dasar animasi adalah  :
- Sebagai media hiburan bagi penonton. 
Dengan prinsip animasi seorang animator dapat menyisipkan ekspresi karakter dan menarik perhatian para audien. Sehingga penonton bisa terhibur dengan adegan lucu, sedih, menggemaskan, jengkel, atau empati lain yang dihadirkan karakter melalui penerapan prinsip animasi.

- Sebagai media presentasi materi tertentu. 
Fungsi prinsip ini digunakan untuk membawa suasana presentasi materi menjadi tidak kaku dan menarik audiens, dan diharapkan dapat tercapainya penyampaian Informasi secara efektif dan efisien.

Dengan adanya animasi, presentasi menjadi menarik dan tidak membosankan, memperindah tampilan presentasi, memudahkan saat menyajikan presentasi, mempermudah penggambaran dari sebuah materi yang hendak di sampaikan.

- Sebagai media periklanan 
Penerapan prinsip ini mampu menjadi daya tarik bagi sebuah produk. Sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli atau memiliki. Karena dalam bidang ini prinsip animasi bisa menjadi fungsi hias yang mempercantik tampilan iklan.

9. Jelaskan Jenis-jenis Animasi 2D!

Jawaban:
Jenis-jenis Animasi 2D yaitu:
- Animasi Stop Motion (Stop Motion Animation)
Animasi stop motion adalah teknik animasi yang menggunakan kamera untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya disusun pada software animasi secara frame by frame, sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.

- Animasi Tradisional (Traditional Animation)
Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Teknik animasi tradisional dibuat secara tradisional tanpa menggunakan software animasi.

Animasi Tradisional  juga sering disebut cel animation karena teknik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Animation.

- Animasi Komputer (Computer Animation)
Sesuai namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan menggunakan komputer. melalui camera movement, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3D. Sebagai contoh pada film final fantasy. Pada film ini karakter yang tampil begitu real dan terlihat mempunyai kemampuan gerak yang hampir menyamai gerakan manusia.  

- Kombinasi Animasi
a. Kombinasi 2D dan 3D, contoh : Film The Road to Eldorado, Titan A.E.
b. 2D dan Live shot (syuting adegan), contoh : Film Space Jam, Osmosis Jones.
c. 3D dan Live shot (syuting adegan), contoh : Film Jurassic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

10. Sebutkan 12 Prinsip Dasar Animasi!

Jawaban:
Dua belas Prinsip Dasar Animasi meliputi:
1.    Squash and Stretch
2.    Anticipation
3.    Staging
4.    Straight Ahead And Pose to Pose
5.    Follow Through And Overlapping Action
6.    Slow In And Slow Out
7.    Arch
8.    Secondary Action
9.    Timing
10.  Exaggeration
11.  Solid Drawing
12.  Appeal

Baca juga:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor) ~ Prinsip Dasar AnimasiSemoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (Vektor) ~ Prinsip Dasar Pembuatan Animasi"

Memuat...