Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Animasi 2D Kelas XI ~ Teknik Animasi Tweening (Animasi Kelas XI SMK/MAK)

Contoh Soal Animasi 2D Kelas XI ~ Teknik Animasi Tweening (Animasi Kelas XI SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Animasi 2D Kelas XI SMK/MAK Jurusan Multimedia. Pembahasan contoh soal berikut ini adalah tentang Teknik Animasi Tweening. Silahkan dipelajari, semoga bermanfaat.
ontoh Soal Animasi 2D Kelas XI ~ Teknik Animasi Tweening (Animasi Kelas XI SMK/MAK)

1. Jelaskan pengertian dari tweening!

Jawaban:
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru.

2. Jelaskan fungsi utama tweening!

Jawaban:
Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.

3. Kapan animasi motion tween digunakan?

Jawab:
Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja

4. Kenapa Animasi motion tween sangat baik untuk digunakan?

Jawaban:
Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan

5. Jelaskan cara kerja tweening!

Jawaban:
Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna

6. Jelaskan Prinsip kerja dari animasi motion tween!

Jawaban:
Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Untuk menggerakkan animasi berupa obyek yang bergerak , langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween.

7. Jelaskan langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana!

Jawaban:
Langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana :
1. Buka halaman baru File > New > File Flash > OK
2. Pada menu Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna
Background Putih dan jumlah Frame per detik 12.
3. Ubahlah nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”.
4. Seleksi drame 1 pada layer Bola
5. Dengan menggunakan Oval Tool buatlah lingkaran seperti pada latihan
animasi frame by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri.
6. Klik kanan frame 8 layer Bola dan pilih Insert Keyframe
7. Drag gambar bola yang berada di frame 8, geser ke sebelah kanan stage.
8. Klik kanan di frame 1 dan 8, pilih Create Motion Tween
9. Keadaan frame setelah ditambah Motion Tween
10. Cek hasil Movie dengan menekan Ctrl + Enter

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Animasi 2D Kelas XI ~ Teknik Animasi Tweening. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Animasi 2D Kelas XI ~ Teknik Animasi Tweening (Animasi Kelas XI SMK/MAK)"

close