Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat (IPS Kelas IX SMP/MTs)

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat (IPS Kelas IX SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rangkuman IPS Kelas IX kali ini tentang Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Selamat membaca dan mempelajari.
Rangkuman IPS Kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Oke, berikut ini Rangkuman IPS Kelas 9 SMP/MTs Bab 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

- Perdagangan internasional adalah perdagangan yang diadakan antara satu negara dan negara lain yang meliputi kegiatan ekspor dan impor. Perdagangan internasional ini terjadi karena perbedaan barang yang dihasilkan oleh masing-masing negara. Perbedaan tersebut meliputi, perbedaan sumber daya alam, perbedaan sumber daya manusia, perbedaan IPTEK, perbedaan sosial budaya, dan perbedaan harga barang. Kebijakan perdagangan internasional yang dikeluarkan pemerintah meliputi; kuota, tarif, dumping, dan proteksi. Kebijakan tersebut dalam rangka melindungi produksi dalam negeri.

- Perdagangan menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari perdagangan internasional antara lain, mendorong kegiatan produksi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, dan majunya lembaga keuangan.

- Dampak negatif dari perdagangan internasional antara lain, industri yang tidak bersaing akan hancur karena harga barang impor lebih murah dari harga barang dalam negeri, menghambat pertumbuhan ekonomi, dan menimbulkan banyak pengangguran

- Ekonomi kreatif dikembangkan berdasarkan potensi yang dimiliki suatu negara. Ekonomi kreatif dari berbagai daerah mampu mendongkrak kegiatan ekonomi lokal dan diharapkan mampu menembus pasar internasional.

- Ekonomi kreatif ini dapat tumbuh dari kekuatan ide yang luar biasa, dituangkan dalam aktivitas industri kreatif dan sebagian besar tenaga kerja berada pada sektor jasa atau menghasilkan produk abstrak, seperti data, software, berita, hiburan, periklanan, dan lain-lain. Jumlah penduduk yang banyak dan potensi sumber daya budaya yang beraneka ragam dapat dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan industri kreatif.

- Ekonomi kreatif dapat menghasilkan barang yang murah dan berkualitas sehingga mampu menciptakan persaingan antarnegara. Persaingan dapat meningkatkan keunggulan ekonomi suatu bangsa. Banyak pusat keunggulan ekonomi di Indonesia di berbagai daerah yang memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Pengaruh keunggulan antara lain terjadinya migrasi penduduk, berdirinya lembaga sosial ekonomi demi pemenuhan kebutuhan masyarakat, tersedianya kesempatan kerja dan meningkatnya kualitas pendidikan. 

Baca juga:
Contoh Soal IPS Kelas IX SMP/MTs Bab I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya

Contoh Soal Essay IPS Kelas 9 dan Jawabannya Bab 1 Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya (IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Contoh  Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Bab II  Perubahan Sosial  Budaya dan Globalisasi (IPS Kelas 9 SMP/MTs)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman IPS Kelas 9 SMP/MTs Bab III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan MasyarakatSemoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 3 Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat (IPS Kelas IX SMP/MTs)"

close