Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PPKn Kelas 11 Bab 2 tentang Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila.
Rangkuman PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Pembaca Sekolahmuonline, untuk merefresh materi yang sudah diberikan, kita perlu membaca lagi materi yang sudah disampaikan atau diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Tapi karena banyaknya materi yang diberikan, sering membuat kita malas untuk membaca.

Untuk mensiasati agar kita tidak malas membaca, diantaranya dengan membaca rangkuman materi pelajaran. Dengan membaca rangkuman materi pelajaran yang biasanya tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat kembali bahkan ingatan kita terhadapat materi pelajaran yang telah lewat. Bahkan dengan membaca rangkuman dapat menguatkan ingatan kita akan materi yang telah berlalu.

Nah, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan [PPKn] Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila.  Rangkuman materi diambil dari buku PPKn. Sumber bisa dipercaya. Silahkan dibaca, dipelajari, semoga membantu dan memudahkan Anda dalam belajar PPKn di kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK. Jika kelak sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi ke kelas 12 rangkuman ini juga akan mempermudah untuk dibaca, sehingga pelajaran yang terlewatkan akan mudah diingat kembali.

Materi PPKn Kelas XI Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila meliputi beberapa pembahasan, yaitu tentang:
A. Hakikat Demokrasi
B. Dinamika Penerapan Demokrasi Pancasila
C. Membangun Kehidupan yang Demokratis di Indonesia
Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila

a. Dalam pandangan Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, rakyat dengan serta merta mempunyai kebebasan untuk melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak mana pun, karena pada hakikatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

b. Pada umumnya menurut Henry B. Mayo demokrasi mengandung prinsip-prinsip sebagai berikut, menyelesaikan perselisihan dengan damai dan melembaga; menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah; menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur; menghindari penggunaan kekerasan; mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman; dan menjamin tegaknya keadilan.

c. Inti dari Demokrasi Pancasila adalah sila keempat, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Jadi, Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dikendalikan oleh dua nilai yaitu nilai hikmat dan nilai bijak.

d. Pada hakikatnya sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat memiliki persamaan di muka hukum, memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, dan memperoleh pendapatan yang layak melalui distribusi pendapatan yang adil.

*******

Latihan Soal Bab 2

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Apa yang dimaksud dengan demokrasi?

2. Jelaskan macam-macam demokrasi!

3. Jelaskan soko guru Demokrasi universal!

4. Jelaskan bahwa nilai demokrasi Pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya!

5. Buktikan bahwa negara Indonesia adalah negara demokratis, baik secara normatif maupun empirik!

6. Kemukakan prinsip-prinsip yang perlu dilaksanakan untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis!


Rangkuman PPKn:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosila media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 2. Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)"

close