Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.comPembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas XII Bab 5 yang membahas tentang Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Ekonomi Kelas 12.
Rangkuman Ekonomi Kelas XII Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui, Ekonomi Kelas 12 Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang membahas tiga Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian dan Karakteristik Perusahaan Dagang
Kegiatan Pembelajaran 2: Jurnal Khusus dan Buku Besar
Kegiatan Pembelajaran 3: Neraca Saldo, Penyesuaian dan Kertas Kerja
Kegiatan Pembelajaran 4: Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Rangkuman Ekonomi Kelas XII Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang


Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian dan Karakteristik Perusahaan Dagang


❖ Perusahaan dagang adalah perusahaan yang bisnis utamanya membeli barang dari pemasok dan menjual lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut

❖ Karakteristik perusahaan dagang adalah barangnya konkrit, memiliki persediaan barang dagang, dapat disimpan, dan dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian kecil.

❖ Transaksi khususnya penjualan dan pembelian biasanya disertai dengan syarat pembayaran dan penyerahan barang dagang.

❖ Akun-akun khusus di perusahaan dagang meliputi Penjualan, Potongan Penjualan, Retur Penjualan dan Pengurangan Harga, Pembelian, Retur Pembelian, Potongan Pembelian dan Pengurangan harga, Persediaan Barang Dagangan, Beban Angkut pembelian dan Beban Angkut penjualan.

❖ Analisis transaksi untuk transaksi khusus di perusahaan dagang menggunakan aturan debet dan kredit.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Jurnal Khusus dan Buku Besar


❖ Jurnal khusus adalah jurnal yang dirancang secara khusus untuk mencatat transaksi yang bersifat sama dan sering terjadi atau berulang-ulang, dengan tujuan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

2. Jurnal khusus (special journal) yang biasa digunakan dalam akuntansi perusahaan dagang terdiri atas empat macam: 
a. Jurnal penjualan berfungsi mencatat penjualan secara kredit
b. Jurnal pembelian berfungsi mencatat pembelian barang dagang dan harta secara kredit
c. Jurnal penerimaan kas mencatat seluruh transaksi penerimaan uang pada perusahaan
d. Jurnal pengeluaran kas mencatat seluruh transaksi pengeluaran uang yang dilakukan perusahaan

❖ Transaksi yang tidak dapat dicatat di jurnal khusus akan dicatat di jurnal umum

❖ Rekapitulasi jurnal dilakukan untuk memudahkan posting ke buku besar

❖ Buku besar adalah alat yang digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan.

❖ Buku besar pada perusahaan dagang pencatatanya (posting) dilakukan setiap akhir bulan dengan mencatat jumlah rekapitulasi setiap akun yang memiliki kolom khusus, kecuali akun yang terdapat di kolom serba serbi.

❖ Buku besar akan menunjukan saldo akhir yang menggambarkan perubahan dan pengaruh transaksi pada akun yang bersangkutan

❖ Buku besar pembantu adalah buku yang digunakan untuk mencatat perkiraan tertentu dan perubahan-perubahannya secara rinci. Buku besar pembantu di perusahaan dagang dibuat unutk memerinci buku besar piutang dagang, hutang dagang, dan persediaan.

❖ Proses posting dari jurnal khusus ke buku besar pembantu dilakukan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi, berbeda dengan buku besar umum. 

❖ Buku besar pembantu akan diberikan akun nama debitur atau kreditur.

❖ Saldo buku besar pembantu akan memerinci saldo setiap debitur atau kreditur dan jika dibuatkan rekapitulasi jumlahnya akan sama dengan saldo di buku besar umum

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Neraca Saldo, Penyesuaian dan Kertas Kerja


❖ Neraca saldo adalah daftar yang memuat saldo saldo buku besar, yang tersususn sesuai dengan urutan perkiraan yang terdapat di buku besar. Pada neraca saldo akan dicatat saldo akun sesuai dengan saldo normalnya. Beberapa akun khusus di perusahaan dagang seperti Penjualan, Retur Pembelian, Potongan Pembelian, Pembelian, Retur Pembelian, dan Potongan Pembelian

❖ Neraca saldo merupakan cara untuk mengetahui keseimbangan jumlah debet dan kredit di buku besar.

❖ Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan perkiraan yang belum mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Beberapa perkiraan di perusahaan dagang yang memerlukan penyesuaian di antaranya:
a. Persediaan barang dagang
b. Pendapatan diterima dimuka
c. Pendapatan yang akan diterima
d. Beban dibayar dimuka
e. Beban yang masih harus dibayar
f. Pemakaian bahan habis pakai

❖ Jurnal penyesuaian perusahaan dagang dapat dikerjakan dengan menggunakan pendekatan ikhtisar laba rugi dan pendekatan harga pokok penjualan. Pendekatan ikhtisar laba rugi digunakan untuk penyesuaian persediaan barang dagang saja, sedangkan pendekatan HPP untuk menyesuaikan Persediaan Barang Dagang, Pembelian, Beban Angkut Pembelian, Retur Pembelian, dan Potongan Pembelian.

❖ Kertas kerja/neraca lajur adalah suatu alat bantu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. Kertas kerja dalam pencatatan akuntansi tidak termasuk siklus akuntansi. Oleh karena itu, bisa tidak dibuat oleh suatu perusahaan.

❖ Komponen yang menyusun kertas kerja terdiri atas beberapa kolom, seperti kertas kerja 10 kolom yang terdiri atas kolom neraca saldo, penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, laba rugi, dan neraca. Pada kolom laba rugi akan dicatat perkiraan penjualan, pembelian, retur penjualan dan pembelian, potongan penjualan dan pembelian, beban-beban. Kolom neraca memuat perkiraan harta, utang, prive, dan modal.

❖ Kertas kerja dapat digunakan untuk membuat konsep laporan keuangan, sehingga diperoleh data apakah perusahaan laba atau rugi. Penyusunan kertas kerja dapat menggunakan pendekatan ikhtisar laba rugi dan pendekatan HPP.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 4: Laporan Keuangan Perusahaan Dagang


❖ Laporan keuangan merupakan keadaan yang mencerminkan ringkasan transaksi keuangan suatu perusahaan. 

❖ Laporan keuangan terdiri atas laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas (modal), neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan

❖ Laporan laba rugi menggambarkan keadaan jumlah pendapatan dan bebanbeban. Pada perusahaan dagang memerinci penjualan, potongan penjualan, retur penjualan, pembelian, beban angkut pembelian, retur pembelian, potongan pembelian, beban-beban operasional, beban adminitrasi dan umum serta pendapatan diluar usaha pokok

❖ Laporan laba rugi akan menggambarkan laba atau rugi yang diperoleh perusahaan dalam satu periode.

❖ Laporan perubahan ekuitas (modal) menggambarkan perubahan modal selama satu periode. Laporan perubahan ekuitas (modal) memuat modal awal, laba atau rugi, dan prive.

❖ Neraca adalah daftar yang menggambarkan posisi keuangan pada saat tertentu. Neraca memuat akun harta, hutang dan modal. Neraca akan mencerminkan sumber daya perusahaan.

❖ Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas suatu perusahaan selama suatu periode akuntansi. Pada laporan ini akan dinformasikan lalu lintas kas yang masuk dan keluar dari aktivitas transaksi yang terjadi diperusahaan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 12 Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 5 Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...