Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa ~ sekolahmuonline.comPembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas XII Bab 3 yang membahas tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Ekonomi Kelas 12.
Rangkuman Ekonomi Kelas XII Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa



Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui, Ekonomi Kelas 12 Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa membahas empat Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
Kegiatan Pembelajaran 1: Tahap Pencatatan
Kegiatan Pembelajaran 2: Tahap Pengikhtisaran
Kegiatan Pembelajaran 3: Kertas Kerja (Worksheet)
Kegiatan Pembelajaran 4: Tahap Pelaporan

Rangkuman Ekonomi Kelas XII Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa


Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Tahap Pencatatan


❖ Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan utamanya melayani masyarakat di bidang jasa dan memproduksi sesuatu yang tidak berwujud (jasa). Contoh perusahaan jasa kantor notaris, bengkel, salon, persewan mobil, travel, hotel, dan lain sebagainya.

❖ Karakteristik Perusahaan Jasa
1. Tidak berwujud, artinya tidak memiliki bentuk fisik yang nyata, tidak dapat dilihat atau diraba, hanya dapat dirasakan manfaatnya.
2. Berubah-ubah, maksudnya setiap jasa yang diperdagangkan tidak memiliki standarisasi. Semuanya tergantung pada selera konsumen.
3. Tidak dapat dipisahkan.
4. Tidak dapat disimpan.

❖ Siklus akuntansi perusahaan jasa mrupakan suatu kegiatan yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Secara umum terdiri atas tahap pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan.

❖ Pada tahap pencatatan yang dilakukan adalah menganalisis bukti transaksi, menyusun jurnal umum, dan membuat buku besar.

❖ Pengertian Jurnal adalah suatu buku harian tempat mencatat semua transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan secara sistematis dan kronologis.

❖ Kegunaan Jurnal untuk menjembatani pencatatan transaksi dari buku harian ke akun buku besar dan mengontrol keseimbangan jumlah debit dan jumlah kredit.

❖ Fungsi Jurnal:
1. Fungsi Mencatat, jurnal merupakan tempat mencatat setiap terjadi transaksi keuangan , baik yang bersifat internal maupun transaksi eksternal.
2. Fungsi Historis, jurnal mencata transaksi perusahaan secara kronologis, berdasarkan urutan tanggal terjadinya tramsaksi.
3. Fungsi Informasi, jurnal memberikan informasi tentang peristiwa ekonomi yang terjadi dalam perusahaan.
4. Fungsi Analisis, jurnal berfungsi sebagai sarana untuk menganalisis transaksi mana yang dicatat di sisi debit dan di sisi kredit.
5. Fungsi Instruksi, jurnal bersifat memerintah untuk melakukan pencatatan akuntansi berikutnya atau posting ke buku besar.

❖ Pengertian Buku Besar adalah kumpulan dari akun-akun sejenis yang satu sama lain saling berhubungan secara sistematis. Akun buku besar merupakan formulir tempat mencatat perubahan aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban akibat transaksi yang terjadi di dalam perusahaan.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Tahap Pengikhtisaran


❖ Tahap pengikhtisaran siklus akuntansi dimulai dengan menyusun neraca saldo yang bersumber dari buku besar.

❖ Neraca saldo merupakan daftar terperinci yang berisi saldo-saldo pada buku besar yang disusun di akhir periode akuntansi.

❖ Fungsi neraca saldo untuk memastikan setiap transaksi berada pada nilai dan posisi yang benar.

❖ Langkah penyusunan neraca saldo yaitu:
a. Menghitung saldo tiap-tiap buku besar.
b. Menyusun saldo tiap-tiap akun buku besar dalam neraca saldo sesuai nomor kode akun dan tingkat likuiditas.

❖ Pengertian Jurnal Penyesuaian 
Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang tidak didasarkan pada aktivtas transaksi, tetapi didasarkan pada perhitungan atau keterangan tertentu seperti beban penyusutan gedung, beban sewa gedung, dan utang gaji.

❖ Tujuan Jurnal penyesuaian 
a. Membuat setiap akun riil (akun aset, liabilitas, dan ekuitas) menunjukkan 
jumlah sebenarnya pada akhir periode akuntansi.
b. Membuat setiap akun nominal (pendapatan dan beban) menunjukkan jumlah pendapatan dan beban yang betul terjadi pada akhir periode akuntansi.

❖ Penyusunan Jurnal Penyesuaian:

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Kertas Kerja (Worksheet)


❖ Kertas kerja adalah format berkolom-kolom yang dipergunakan untuk membantu menggabungkan seluruh data akuntansi pada akhir periode akuntansi dalam rangka membantu menyusun laporan keuangan.

❖ Tujuan penyusunan kertas kerja di antaranya:
a. Memudahkan penyusunan laporan keuangan
b. Menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum menyusun laporan keuangan yang formal.
c. Mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 4: Tahap Pelaporan


❖ Pelaporan keuangan merupakan tahap terakhir siklus akuntansi.

❖ Laporan keuangan utama terdiri atas:
1. Laporan Laba Rugi
2. Laporan Perubahan Ekuitas
3. Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

❖ Laporan laba rugi merupakan laporan yang disusun secara sistematis tentang kinerja sebuah perusahaan berupa informasi pendapatan yang diperoleh dan beban yang dikeluarkan perusahaan selama satu periode akuntansi. 

❖ Komponen Laporan laba rugi adalah pendapatan dan beban selama satu periode akuntansi.

❖ Pendapatan (Revenue)
 Terdiri atas pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha. Pendapatan usaha adalah pendapatan yang diperoleh perusahaan dari kegiatan utama perusahaan. Pendapatan di luar usaha merupakan pendaatan yang berasal dari kegiatan di luar usaha utama, misalnya bunga bank dan deviden.

❖ Beban (Expense)
 Beban merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh hasil ekonomis.

❖ Laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang menunjukkan perubahan ekiutas suatu perusahaan selama satu periode akuntansi. 

❖ Laporan posisi keuangan adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan, yakni laporan besarnya aset, liabilitas, dan ekuitas perusahaan pada tanggal tertentu (akhir periode akuntansi).

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ekonomi Kelas 12 Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

1 komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 3 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa ~ sekolahmuonline.com"

  1. terima kasih atas materinya sangat membantu sy dalam mengajar

    BalasHapus
Memuat...
close