Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 7 yang membahas tentang Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib.
Rangkuman atau ringkasan Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 4 SD/MI Bab 7 atau Pelajaran 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib mencakup tiga pembahasan, yaitu:
A. Sebab-sebab Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib
B. Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib
C. Hikmah Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib

Berikut ini rangkuman dari dua Buku SKI Kelas 4, silahkan dipilih salah satunya. Atau boleh juga dikombinasikan sehingga sama-sama bermanfaat keduanya.

Rangkuman SKI Kelas IV MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib

Rangkuman Buku 1 SKI Kelas IV MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib

1. Pada Hari Jumat, Tanggal 16 Rabiul Awwal Tahun 1 H, atau Tanggal 2 Juli Tahun 622 M, rombongan Nabi Muhammad Saw. tiba di kota Yatsrib. Masyarakat menyambutnya dengan penuh suka cita.

2. Berbaurlah antara masyarakat Mekah dan Yatsrib, seolah mereka adalah saudara, masyarakat Mekah dan Yatsrib saling menolong, bahu membahu bahkan mereka menganggap keluarga sendiri.

3. Masyarakat Mekah yang hijrah ke Yatsrib terkenal dengan sebutan Kaum Muhajirin, sedangkan masyarakat Yatsrib terkenal dengan sebutan Kaum Anshar artinya kaum penolong.

4. Pada hari itu juga dilaksanakannya Salat Jum’at yang pertama kali, yang sampai sekarang ditegakkan oleh seluruh Umat Islam, karena hukumnya fardu ‘ain bagi laki-laki.

5. Setelah Nabi Muhammad Saw. dan penduduk Mekah hijrah, Kota Yatsrib diubah namanya menjadi Madinah.

6. Sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yatsrib adalah:
a. Semakin beratnya tekanan dan penindasan kafir Quraisy kepada Kaum Muslimin.
b. Penduduk Yatsrib menyambut baik dakwah Rasulullah Saw.
c. Adanya jaminan keamanan dari penduduk Yatsrib.
d. Adanya permintaan penduduk Yatsrib agar Rasulullah Saw. hijrah ke Yatsrib.
e. Adanya usaha pembunuhan kafir Quraisy kepada Rasulullah Saw.
f. Perintah Allah Swt. untuk berhijrah.

Rangkuman Buku 2 SKI Kelas IV MI Bab 6 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib

1. Sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Yasrib adalah:
a. Allah Perintah Swt. untuk berhijrah ke Yasrib
b. Tekanan kaum kafir Quraisy
c. Adanya jaminan keamanan dari pendudu Yasrib.
d. Permintaan penduduk Yasrib agar Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Negeri Yasrib.

2. Di Darun-Nadwah para pemimpin suku kafir Quraisy berkumpul dan bermusyawarah. Musyawarah itu menghasilkan keputusan bahwa untuk menghentikan dakwah Nabi Muhammad Saw., mereka mengutus lima orang pemuda yang gagah perkasa dan berani untuk membunuh Rasulullah Saw. Barang siapa dapat melakukannya akan diberi hadiah 1000 dinar.

3. Sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw. yang menyertai hijrah ke Yasrib antara lain Abu Bakar, Ali, Fatimah, Umu Kultsum, Saudah, Umu Aiman, Usamah, Umu Ruman, Aisyah, Asma’ dan Abdullah.

4. Nabi Muhammad Saw. mengatasi ancaman kaum kafir Quraisy dengan bersembunyi di Gua Tsur, menyamar sebagai penunjuk jalan, dan meminta perlindungan dari Allah Swt.

5. Hikmah yang terkandung dalam peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib, antara lain bertambah kecintaan kaum muslimin terhadap Islam, bertambah kekuatan kaum muslimin, dakwah membutuhkan keadaan yang mendukung, setiap kebenaran akan mendatangkan kemenangan, dan peristiwa hijrah dijadikan dasar permulaan tahun baru Islam tahun hijrah.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 7 tentang Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib. Semoga bermanfaat, dapat membantu anak-anak dan orang tua/wali murid dalam mencari Rangkuman SKI Kelas 4 di internet. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal dan rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 4 semua Bab berserta kunci jawabannya silakan buka link/tautan berjudul di bawah ini (tinggal klik judulnya saja sesuai kebutuhan Anda):
Soal SKI Kelas 4 semua Bab:
Rangkuman SKI Kelas 4 semua Bab:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 7 Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Yasrib ~ sekolahmuonline.com"

close