Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting contoh soal pilihan ganda Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Semester 2 (Semester Genap) Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal uraian IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia
IPS Kelas 8 Semester 2 (Semester genap) Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran. Pembelajaran pertama tentang Pluralitas Masyarakat Indonesia dan Pembelajaran Kedua tentang Perbedaan Suku Bangsa.

Soal IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia

Nah, berikut ini soal IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia yang pembahasannya mencakup tiga aktivitas pembelajaran.
- Aktivitas pembelajaran 1: Mendeskripsikan pengertian Pluralitas masyarakat
- Aktivitas pembelajaran 2: Mengidentifikasi perbedaan agama di Indonesia
- Aktivitas pembelajaran 2 Menentukan peran dan fungsi keragaman budaya

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Jelaskan pengertian pluralisme budaya?

Jawaban:
Pengertian pluralisme budaya:
Keadaan budaya yang majmuk (dengan pengertian bahawa mereka hidup bersama secara toleransi) Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan satu dasar yang menggalakkan kesedaran dan penerimaan budaya alternatif.

2. Lakukan analisis perbedaan agama di Indonesia?

Jawaban:
Berbedanya keyakinan dan cara pandang seseorang terhadap Tuhannya. Namun, setiap agama yang ada, harus saling toleransi dan menghargai satu sama lain, serta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Jelaskan Keragaman budaya di Indonesia adalah akibat letak geografisnya!

Jawaban:
Keragaman budaya di Indonesia adalah akibat letak geografisnya. Letak geografis Indonesia memengaruhi keragaman kebudayaan di Indonesia karena letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan dunia menyebabkan banyak budaya asing yang masuk seiring perdagangan dan mempengaruhi budaya di Indonesia

4. Sebutkan minimal 3 upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga keragaman budaya yang ada di Indonesia!

Jawaban:
Tiga upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga keragaman budaya yang ada di Indonesia:
- Mencintai dan menghargai keragaman sosial budaya
- Toleransi terhadap teman yang budayanya berlainan
- Keinginan untuk melestarikan budaya

5. Keragaman budaya ini memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata, jelaskan mengapa demikian!

Jawaban:
Keragaman budaya ini memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata.
Keberagaman seni dan budaya yang ada di Indonesia banyak sekali menarik perhatian dari turis mancanegara untuk datang ke Indonesia dengan tujuan berwisata sekaligus mengenal atau mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan semakin banyaknya turisturis mancanegara yang berdatangan ke Indonesia, akan dapat meningkatkan devisa negara. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh terhadap kemajuan negara Indonesai.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia lengkap dengan Kunci Jawabannya. Soal Sekolahmuonline rujuk langsung dari Modul PJJ IPS Kelas VIII SMP dengan dikemas lebih memudahkan untuk dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 2 Indahnya Pluralitas Masyarakat Indonesia Bagian Pembelajaran 1 Pluralitas Masyarakat Indonesia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close