Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting contoh soal essay atau uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial lengkap dengan kunci jawabannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas VIII Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial

IPS Kelas 8 Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan sebelumnya terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran. Pembelajaran pertama tentang Mobilitas Sosial dan Pembelajaran Kedua tentang Saluran Mobilitas Sosial.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar✅

1. Sebutkan saluran-saluran mobilitas sosial!

Jawaban:
Saluran-saluran mobilitas sosial:
a. lembaga-lembaga keagamaan,
b. organisasi politik,
c. pendidikan,
d. organisasi ekonomi,
e. organisasi keahlian,
f. perkawinan
g. organisasi keolahragaan
2. Jelaskan pengaruh saluran perkawinan terhadap kehidupan?

Jawaban:
Pengaruh saluran perkawinan atau pernikahan terhadap kehidupan:
Misalnya: Perkawinan karena melihat harta seseorang. Hal ini sangat berkaitan dengan mobilitas sosial pada seseorang. Orang yang menikahi pria atau wanita yang kaya dianggap akan mengubah statusnya mejadi lebih tinggi lagi. Sehingga melalui perkawinan, mobilitas sosial vertikal naik sering terjadi meski terkadang juga tejadi mobilitas sosial turun karena sesorang yang menikah dengan orang yang berasal dari lapisan sosial di bawahnya

Perlu diingat: Jika menikah karena harta, kecantikan/ketampanan, nasabnya bisa jadi semuanya tidak akan membawa kebahagiaan, justru malah kesengsaraan. Maka menikahlah karena baik agamanya, maka akan lebih membawa kepada ketenangan dan kedamaian. 

3. Jelaskan dampak positif mobilitas sosial terhadap kehidupan

Jawaban:
Dampak positif mobilitas sosial terhadap kehidupan:
a. Dengan adanya penyesuaian diri terhadap lingkungan baru atau kelompok baru, hal ini dapat menjadikan suatu tempat untuk belajar berkomunikasi yang lebih baik lagi kepada seseorang dari penyesuaian yang dilakukan. 
b. Kesempatan yang didapatkan ketika melakukan mobilitas sosial dapat mendorong seseorang untuk lebih bekerja keras dan bersaing pada lingkungannya yang baru atau motivasi untuk lebih maju.
c. Masyarakat akan lebih terarah kepada hal yang lebih baik karena mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial.

4. Jelaskan dampak negatif mobilitas sosial terhadap kehidupan

Jawaban:
Dampak negatif mobilitas sosial terhadap kehidupan:
a. Berkurangnya solidaritas kelompok, jika seseorang melakukan mobilitas sosial ia akan cenderung jauh dari kelompok yang sebelumnya menjadi lingkungannya. 
b. Seseorang yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami gangguan psikologis jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru ia alami seperti halnya turun jabatan.
c. Terjadinya konflik antar kelas sosial yang dialami pada seseornag yang melakukan mobilitas sosial seperti perbedaan kepentingan hal ini akan memicu terjadinya suatu konflik

5. Analisis mengapa dampak negatif mobilitas sosial berpengaruh terhadap psikologis seseorang?

Jawaban:
Dampak negatif mobilitas sosial berpengaruh terhadap psikologis:
Seseorang yang memiliki jabatan kadang khawatir kehilangan jabatan. Bahkan pada saat jabatan yang dimiliki sudah lepas, kadang ia tidak rela melepaskan jabatan tersebut. Banyak orang yang setelah kehilangan jabatan, baik karena diganti maupun karena sudah selesai masa tugasnya (pensiun), menjadi mudah gelisah. Individu yang mengalami keadaan seperti ini termasuk mengalami gangguan psikologis.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal essay atau uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar. 

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 1 Asyiknya Belajar Mobilitas Sosial Bagian Pembelajaran 2 Saluran Mobililtas Sosial ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...