Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Silahkan dibaca-baca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam mempelajari Sejarah Indonesia khususnya Bab Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XII Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia

- Peran Indonesia dalam perdamaian dunia menjadi bukti dari penerapan Pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat. 

- Indonesia bahkan sudah menunjukkan komitmennya sebagai negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia sejak merdeka tahun 1945. 

- Dalam rangka membangun partisipasi aktif dalam perdamaian dunia, beberapa hal dapat dilakukan Bangsa Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Menjalankan politik damai dan bersahabat dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri urusan negara lain.

2. Menegaskan arah politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif serta berorientasi pada kepentingan nasional, menitikberatkan pada solidaritas antarnegara berkembang, mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa, menolak penjajahan, dan meningkatkan kemandirian bangsa, serta memiliki kerjasama internasional bagi kesejahteraan rakyat.

3. Indonesia menjadi anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang ke-60 pada tanggal 28 September 1950. Meskipun pernah keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965 sebagai bentuk protes atas diterimanya Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, akan tetapi pada tanggal 28 September 1966 Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB dan tetap sebagai anggota yang ke-60

4. Memprakarsai penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955 yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia- Afrika yang kemudian melahirkan Dasasila Bandung.

5. Keaktifan Indonesia sebagai salah satu pendiri Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961, bahkan pada tahun 1992 dalam Konferensi Negara- Negara Non-Blok yang berlangsung di Jakarta, Indonesia ditunjuk menjadi Ketua Melalui GNB ini secara langsung Indonesia telah turut serta meredakan ketegangan perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.

6. Terlibat langsung dalam misi perdamaian Dewan Keamanan PBB dengan mengirimkan Pasukan Garuda ke negara-negara yang dilanda kRnflik seperti Konggo, Vietnam, Kamboja, Bosnia, dan Bahkan pada tahun 2007, Indonesia ditetapkan menjadi anggota tidak tetap Dewan Kemanan PBB. Langkah kongkrit Indonesia dalam Misi Perdamaian PBB yaitu dengan adanya Misi Garuda dan dilaksanakannya Jakarta Informal Meeting.

7. Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN (Assosiaciation of South-East Asian Nation) yaitu organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, bahkan Sekretariat Jenderal ASEAN berada di Jakarta

8. Indonesia aktif juga dalam beberapa organisasi internasional salah satunya Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas 12 Bab 8 yang membahas tentang Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Sejarah Indonesia kelas 12. Semoga bermanfaat, membantu mencerdaskan generasi muda Indonesia. Selamat dan semangat belajar. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8 Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...