Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru. Silahkan dibaca-baca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam mempelajari Sejarah Indonesia khususnya Bab Indonesia pada Masa Orde Baru.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru
Sejarah Indonesia kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Perkembangan kehidupan politik bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
- Kedua: Perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XII Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru

1. Orde baru didefinisikan sebagai tatanan kehidupan negara dan bangsa yang diletakkan kembali pada pelaksanaan kemurnian Pancasila dan UUD 1945. Orde Baru merupakan koreksi total atas segala penyimpangan dan penyelewengan kehidupan bangsa dan negara dari jalur Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Orde baru merupakan suatu istilah yang digunakan sebagai pembatas untuk memisahkan antara periode kekuasaan Presiden Ir. Soekarno (Orde Lama) dengan periode kekuasaan presiden Soeharto

3. Indonesia telah mengalami beberapa periode sistem pemerintahan semenjak proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945 sampai saat ini. Salah satu sistem pemerintahan yang cukup lama bertahan di Indonesia, adalah masa Orde Baru (Orba).

4. Masa Orde Baru terjadi di Indonesia setelah mundurnya Presiden Soekarno dan digantikan oleh Soeharto yang mendapatkan mandatnya melalui surat perintah sebelas maret (Supersemar), setelah terjadinya peristiwa G30S PKI di tahun 1965.

5. Kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah orde baru yaitu kebijakan politik dalam negeri dan luar negeri. Masing-masing kebijakan tentunya dikeluarkan berdasarkan kebutuhan Negara.

6. Dalam perjalanan politik pemerintahan Orde Baru, peran negara sangat kuat karena kekuasaan Presiden merupakan pusat dari seluruh proses politik di Indonesia.

7. Arah kebijakan pembangunan pada masa Orde baru ditujukan kepada pembangunan disegala bidang yang pelaksanaannya tertumpu dalam suatu program yang disebut dengan Trilogi Pembangunan.

8. Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun adalah kebijakan orde baru dalam bidang ekonomi yang dimulai pada tahun 1969 sampai tahun 1994 yang bertujuan untuk meningkatkan sarana ekonomi, kegiatan ekonomi serta kebutuhan sandang dan pangan. Repelita ini akan dievaluasi selama lima tahun sekali. Upaya pemerintah orde baru untuk meningkatkan ekonomi secara nasional. Repelita dibagi menjadi beberapa tahap Pelita (Pembangunan Lima Tahun).

9. Hubungan IMF dengan Orde Baru merupakan awal mula ketergantungan pembangunan ekonomi Indonesia terhadap pihak eksternal atau luar negeri.

10. Pada pertengahan 1997 Indonesia diterpa krisis moneter. Krisis moneter di Asia yang dimulai di Thailand menghantam Indonesia kemudian berkembang menjadi krisis ekonomi. Kondisi tersebut semakin meneguhkan anggapan para pengamat dalam dan luar negeri bahwa rezim ini sudah terbelit Nepotisme, Kolusi dan Korupsi (KKN). Hal ini menyebabkan munculnya aksi demonstrasi sebagai akibat dampak dari kondisi bangsa Indonesia saat itu. Pada Mei 1998 demonstrasi yang digerakkan oleh mahasiswa sudah turun ke jalan-jalan. Mereka menuntut perbaikan ekonomi dan reformasi total.

11. Periode 1997-1998 merupakan masa kelam bagi Indonesia. Anjloknya perekonomian nasional disusul dengan berakhirnya rezim Orde Baru. Presiden Soeharto mundur pada 21 Mei 1998 karena besarnya gelombang demonstrasi di banyak daerah.

12. Orde Baru yang berusia tiga dasawarsa lebih ambruk diterjang badai krisis moneter yang melanda negeri sejak 1997 yang berkembang menjadi krisis ekonomi dan krisis multidimensi. Hal ini menyebabkan kepercayaan terhadap pemerintah berkurang yang menyebabkan Presiden Soeharto mengundurkan diri sebagai Presiden RI. Dengan pengunduran diri Soeharto menandai berakhirnya masa Orde Baru.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas 12 Bab 5 yang membahas tentang Indonesia pada Masa Orde Baru. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Sejarah Indonesia kelas 12 dengan dikemas menjadi format yang lebih mudah untuk dipelajari. Semoga bermanfaat, membantu mencerdaskan generasi muda Indonesia. Selamat dan semangat belajar. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal Sejarah Kelas 12:
Baca juga Rangkuman Sejarah Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5 Indonesia pada Masa Orde Baru ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close