Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 2 Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 2 Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda lengkap dengan jawabannya mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Bab 2 yang membahas tentang Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO).
Soal pilihan ganda Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 2 Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi


Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di di bawah ini. Selamat dan semangat belajar.



Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab 2 Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi ~ sekolahmuonline.com



Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

Perhatikan kedua teks berikut!
Teks ke- 1
Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya 
kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.

Teks ke- 2
Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.

1. Kalimat pertama yang digunakan dalam kedua teks di atas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut adalah...
a. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat deskripsi.
b. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks.
c. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat definisi.
d. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat simpleks.
e. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat simpleks sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks.

Jawaban: c

2. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Rumah yang sehat merupakan rumah idaman semua orang. Lingkungan rumah yang sehat juga menjadi dambaan setiap orang. Bagaimana cara membuat rumah yang sehat? Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rumah yang sehat.

Kutipan teks di atas merupakan salah satu kaidah kebahasaan dari teks laporan hasil observasi yaitu...
a. Kalimat simpleks
b. Kalimat kompleks
c. Kalimat definisi
d. Kalimat opini
e. Kalimat pembuka

Jawaban: c

(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi

3. Yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor...
a. 1, 2, 3
b. 2, 4, 5
c. 3, 4, 5
d. 1, 2, 5
e. 2, 3, 5

Jawaban: e

4. Kalimat definisi dalam kutipan teks laporan hasil observasi di atas terdapat pada...
a. Kalimat ke-1
b. Kalimat ke-2
c. Kalimat ke-3
d. Kalimat ke-4
e. Kalimat ke-5

Jawaban: a

5. (1) Manusia memiliki tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. (2) Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. (3) Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. (4) Darah pada pembuluh darah arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. (5) Pembuluh darah vena adalah merupakan pembuluh darah yang sempit....

Kalimat ke-2 dalam kutipan di atas merupakan kalimat...
a. Deskripsi
b. Kompleks
c. Imperatif
d. Definisi
e. Klasifikasi

Jawaban: d

6. Perhatikan kutipan teks berikut!
Upaya lain adalah translokasi atau memindahkan gajah dari satu lokasi ke lokasi lain yang lebih cocok, kapasitas personel akan ditingkatkan dan merestorasi taman nasional yang rusak. 

Kutipan di atas termasuk salah satu kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu...
a. Kalimat definisi
b. Kalimat simpleks 
c. Kalimat kompleks 
d. Penggunaan konjungsi 
e. Penggunaan antonim dan sinonim

Jawaban: e

MAKHLUK DI BUMI INI

Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat 
dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.

Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan. Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)

7. Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas...
a. yang, dari, dalam, dan oleh karena itu
b. adalah, karena, selain itu, dan namun
c. seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
d. yang, juga, namun, dan sementara itu
e. disebut, juga, tetapi, dan sedangkan

Jawaban: b

8. Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas...
a. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
b. Benda hidup juga membutuhkan makanan.
c. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
d. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
e. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Jawaban: a

9. Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah...
a. Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
b. Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang.
c. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan bunga adalah benda hidup.
d. Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
e. Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.

Jawaban: b

10. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Gajah yang berada di luar habitat sekitar 635 ekor, di Pusat Pelatihan Gajah (PLG) 310 ekor, di taman rekreasi dan kebun binatang 173 ekor, dan di perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) sekitar 152 ekor

Kutipan di atas termasuk dalam kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu...
a. Penggunaan konjungsi 
b. Penggunaan antonim 
c. Penggunaan sinonim 
d. Penggunaan data berupa angka 
e. Kalimat definisi

Jawaban: d

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan  Soal-soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 2 tentang Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) lengkap dengan jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 2 Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...