Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong bangsa Barat datang ke Indonesia! ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong bangsa Barat datang ke Indonesia! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal yang merupakan bagian dari pembahasan mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 Tema 03: Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa. Soal di bawah ini khusus membahas tentang faktor-faktor yang mendorong bangsa barat berdatangan ke Indonesia (Nusantara). Selain pembahasan tersebut, juga disajikan secara ringkas pengertian imperialisme kuno dan imperialisme modern.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong bangsa Barat datang ke Indonesia!
Apa sajakah faktor yang mendorong bangsa Barat datang ke Indonesia? Sebutkan dan jelaskan secara ringkas!

Jawaban:

Faktor-faktor Pendorong Bangsa Barat Datang ke Indonesia

Beberapa faktor yang menjadi pendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia yaitu: kekayaan alam, motivasi 3G, dan revolusi industri. 

1. Kekayaan alam (rempah-rempah)

Rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa dapat digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan obat-obatan.
Negara-negara tropis seperti Indonesia kaya akan rempah-rempah sehingga bangsa-bangsa Barat berusaha memperolehnya.

2. Motivasi 3G (Gold, Gospel, Glory)

Gold artinya emas, yang identik dengan kekayaan. Semboyan ini menggambarkan tujuan bangsa Barat ke Indonesia adalah untuk mencari kekayaan sehingga menyebabkan ekspedisi dan penjelajahan.
Glory bermakna kejayaan bangsa.
Gospel adalah keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani.

3. Revolusi Industri

Revolusi Industri merupakan salah satu pendorong imperialisme modern. Revolusi Industri yang terjadi sekitar tahun 1750-1850 merupakan salah satu pendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia. Revolusi Industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin.

Soal tambahan:

Pengertian Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern

Jelaskan maksud dari imperialisme kuno dan imperialisme modern!

Jawaban:
• Imperialisme kuno (ancient imperialism) adalah imperialisme yang berkembang pada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory. Negara pelopornya adalah Spanyol dan Portugal. Kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia pada masa awal seperti Portugis, Spanyol, dan Belanda adalah bentuk imperialisme kuno. Fungsi tanah jajahan pada masa tersebut adalah untuk dikeruk keuntungannya.

• Sedangkan imperialisme modern (modern imperialism) bertujuan memperoleh kemajuan ekonomi. Imperialisme modern timbul sesudah Revolusi Industri. Bangsa Barat mencari negara jajahan untuk dijadikan sumber bahan mentah dan pasar bagi hasil-hasil industri, kemudian juga sebagai tempat penanaman modal bagi kapital surplus. Di Indonesia, imperialisme modern berkembang setelah tahun 1870, pasca kebijakan politik pintu terbuka.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang secara ringkas menyajikan pembahasan tentang Faktor-faktor Pendorong Bangsa Barat Datang ke Indonesia sekaligus pengertian Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan pembaca Sekolahmuonline semuanya. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga soal IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka:

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pendorong bangsa Barat datang ke Indonesia! ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x