Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ekonomi Kelas 10 Pembahasan Bank Sentral ~ sekolahmuonline.com

Soal Ekonomi Kelas 10 Pembahasan Bank Sentral ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal ekonomi kelas X yang membahas tentang Bank Sentral. Pembahasan ini merupakan bagian dari pembahasan Ekonomi kelas X Bab Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian.
Soal Ekonomi Kelas X Pembahasan Bank Sentral lengkap dengan kunci jawabannya

Soal Ekonomi Kelas X Pembahasan Bank Sentral dan Kunci Jawabannya

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral di Indonesia. Sebutkan dan jelaskan fungsi bank sentral dalam struktur moneter! 

Jawaban:
Dalam struktur moneter, fungsi bank sentral adalah sebagai pengendali peredaran uang.
Fungsi tersebut antara lain:
a. Bank sirkulasi
Bank sentral adalah pemegang hak tunggal (hak oktroasi) dalam pengedaran uang kertas dan uang logam sebagai alat pembayaran yang sah.
b. Banker’s Bank
Bank sentral adalah bankir dari bank-bank. Dalam hal ini, bank sentral berkedudukan sebagai salah satu sumber dana bagi bank lain.
c. Lender of last resort
Bank sentral adalah pemberi pinjaman pada tingkat terakhir. Artinya, bank sentral dapat memberikan pinjaman kepada bank dalam bentuk fasilitas kredit likuiditas darurat.

2. Apa visi dan misi Bank Indonesia? 

Jawaban:
Visi dan Misi Bank Indonesia:
a. Visi Bank Indonesia
Menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia maju.
b. Misi Bank Indonesia
1. Mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah melalui efektivitas kebijakan moneter dan bauran Kebijakan Bank Indonesia;
2. Turut menjaga stabilitas sistem keuangan melalui efektivitas kebijakan makroprudensial Bank Indonesia dan sinergi dengan kebijakan mikroprudensial Otoritas Jasa Keuangan;
3. Turut mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui penguatan kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sinergi dengan kebijakan Pemerintah serta mitra strategis lain;
4. Turut mendukung stabilitas makroekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui sinergi bauran Kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural Pemerintah serta kebijakan mitra strategis lain; 
5. Turut meningkatkan pendalaman pasar keuangan untuk memperkuat efektivitas kebijakan Bank Indonesia dan mendukung pembiayaan ekonomi nasional;
6. Turut mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat nasional hingga di tingkat daerah;
7. Mewujudkan bank sentral berbasis digital dalam kebijakan dan kelembagaan melalui penguatan organisasi, sumber daya manusia, tata kelola dan sistem informasi yang andal, serta peran internasional yang proaktif.

3. Sebutkan nilai strategis Bank Indonesia! 

Jawaban:
Nilai-nilai strategis Bank Indonesia adalah:
- kejujuran dan integritas (trust and integrity)
- profesionalisme (professionalism)
- keunggulan (excellence);
- mengutamakan kepentingan umum (public interest)
- koordinasi dan kerja sama tim (coordination and teamwork) yang berlandaskan keluhuran nilai-nilai agama (religi)

4. Jelaskan tujuan tunggal Bank Indonesia!

Jawaban:
Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.
Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.
Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya.
Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah.

5. Apa sajakah yang menjadi Tiga Pilar Utama pendukung Bank Indonesia untuk mencapai tujuannya?

Jawaban:
Untuk mencapai tujuannya Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya.
Ketiga bidang tugas tersebut perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Adapun tugas dan fungsi Bank Indonesia telah dituangkan dalam bentuk gambar berisi tiga pilar berikut ini:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Ekonomi kelas 10 pembahasan tentang Bank Sentral yang merupakan sub pembahasan Bab Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan dan meringankan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Selamat belajar, silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Soal Ekonomi Kelas 10 Pembahasan Bank Sentral ~ sekolahmuonline.com"

close