Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal essay (esai) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas 11. Kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal essay Ekonomi Kelas XI Bab 6 yang membahas tentang APBN dan APBD dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya.
Soal Essay Ekonomi Kelas XI Bab 6 APBN dan APBD [Part 1] lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
Pada postingan Bab ini, dulu Sekolahmuonline sudah menyajikan rangkuman dan soal pilihan ganda. Bagi Anda yang belum membacanya, silakan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay Ekonomi Kelas XI Bab 6 APBN dan APBD

Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD mencakup tiga Kegiatan Pembelajaran.
» Kegiatan Pembelajaran Pertama: Pengertian , Fungsi , Tujuan dan Mekanisme Penyusunan APBN
» Kegiatan Pembelajaran Kedua: Komponen Penerimaan dan Belanja Negara , Pengaruh APBN pada pembangunan Ekonomi
» Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)

Nah, agar penyajian soal tidak terlalu panjang, Sekolahmuonline bagi sesuai jumlah kegiatan pembelajaran. Part 1, Part 2, dan Part 3 (Bagian 1, 2, dan 3). Berikut ini bagian yang pertama (Part 1).

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD: Kegiatan Pembelajaran Pertama » Pengertian , Fungsi , Tujuan dan Mekanisme Penyusunan APBN


1. Jelaskan pengertian APBN! 

Jawaban:

Pengertian Anggaran adalah sebagai suatu perencanaan dalam perusahaan atau organisasi yang disusun secara terpadu dan dijelaskan dalam satuan unit moneter pada satu periode atau jangka waktu yang sudah ditentukan.
Artinya kebutuhan keuangan untuk membiaya suatu kegiatan.
Di Indonesia kebutuhan keuangan disusun dalam suatu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. 

Apa itu APBN?
APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 
APBN merupakan salah satu perwujudan pasal 23 Undang-undang Dasar 1945 dan tahun 2020 APBN diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2019.

Pengertian ini dijabarkan secara luas sebagai daftar yang merinci segala pendapatan dan pengeluaran suatu negara dalam satu periode.

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi APBN! 

Jawaban:
Fungsi APBN yaitu: fungsi alokasi, fungsi distribusi, fungsi stabilisasi, fungsi otoritas, fungsi perencanaan, dan fungsi regulasi.

a) Fungsi Alokasi
Fungsi alokasi adalah salah satu fungsi yang bertujuan untuk membagi proporsionalitas anggaran dalam melakukan pengalokasian pembangunan dan pemerataan. Dalam fungsi ini, anggaran negara harus terarah untuk memangkas pengangguran dan inefisiensi dalam sumber daya dan menambah daya guna perekonomian.
b) Fungsi Distribusi
Sesuai namanya, distribusi, fungsi ini bertujuan untuk penyaluran dana kepada masyarakat berdasarkan alokasi yang sudah ditetapkan. Diharapkan, kebijakan dalam anggaran negara harus lebih teliti terhadap rasa pantas dan keadilan. Fungsi ini berguna untuk mencapai sama rasa dan sama rata antar wilayah dan daerah.
c) Fungsi Stabilisasi
Fungsi stabilitasi bermakna bahwa anggaran negara berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara masyarakat melalui intervensi guna mencegah inflasi.
d) Fungsi Otoritas
Fungsi otoritas mengandung artian bahwa anggaran negara adalah tonggak atau pokok pelaksanaan pendapatan dan belanja dalam setiap tahunnya.
e) Fungsi perencanaan
Perencanaan APBN berfungsi untuk mengalokasikan sumber daya sesuai dengan apa yang sudah direncanakan setiap tahunnya.
f) Fungsi regulasi
Fungsi regulasi APBN, digunakan untuk mendorong kebutuhan ekonomi suatu negara, dan bertujuan jangka panjang untuk meningkatkan kemakmuran rakyat.

3. Apa tujuan dari APBN yang kamu ketahui? 

Jawaban:
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia atau APBN juga memiliki tujuan yang mendasarinya. Tujuan ini sangat jelas terdapat dalam Undang-Undang yang sudah ditetapkan oleh pemerintah antara lain seperti:
a) Sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan.
b) Meningkatkan transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada DPR dan masyarakat luas.
c) Meningkatkan koordinasi antar bagian dalam lingkungan pemerintah.
d) Membantu pemerintah mencapai tujuan fiskal.
e) Memungkinkan pemerintah memenuhi prioritas belanja.

Jika kita perhatikan dari kelima tujuan diatas secara umum disusunnya APBN bertujuan untuk meningkatkan produksi serta kesempatan kerja, dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

4. Sebutkan tahap-tahap penyusunan APBN! 

Jawaban:
APBN disusun dengan tahapan sebagai berikut:
1) Pemerintah menyusun rencana APBN dalam bentuk nota keuangan melalui rapat dengan departemen dan lembaga teknis
2) Pengajuan RAPBN oleh Pemerintah kepada DPR
3) Pembahasan RAPBN oleh DPR dalam masa sidang
4) Persetujuan RAPBN oleh DPR menjadi APBN dengan undang-undang, jika tidak disetujui pemerintah menggunakan APBN tahun sebelumnya
5) APBN dilaksanakan dengan diperkuat oleh Keputusan Presiden tentang Pelaksanaan APBN.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Pertama [Part 1] dari contoh soal essay (esai) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Soal dan Rangkuman Ekonomi Kelas 11 lengkap:

Berikut ini soal beserta kunci jawaban juga pembahasannya dan rangkuman lengkap mata pelajaran Ekonomi Kelas 11. Klik saja judul-judulnya untuk membaca dan mempelajarinya.

Soal Ekonomi Kelas 11:
Rangkuman Ekonomi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x