Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Sosiologi Kelas 12 Pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Sosiologi Kelas 12 Pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal Sosiologi kelas 12 bagian pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal. Pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal merupakan kegiatan pembelajaran pertama dari materi Sosiologi Kelas 12 Bab 4 Strategi Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal.
Soal Sosiologi Kelas XII Pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal lengkap dengan Kunci Jawabannya
Sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan soal pilihan ganda dan essay Sosiologi Bab 4 Strategi Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal. Bagi pembaca yang belum mempelajarinya silakan buka postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Pada postingan tersebut juga telah disampaikan bahwa Sosiologi Kelas 12 Bab 4 Strategi Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal membahas tiga Kegiatan Pembelajaran. Ketiga kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama membahas tentang Komunitas dan kearifan lokal.
- Kegiatan Pembelajaran Kedua membahas tentang Strategi Pemberdayaan Komunitas.
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga tentang Pemberdayaan Komunitas Berdasarkan Kearifan Lokal. 

Nah berikut ini soal yang membahas kegiatan pembelajaran pertama, selamat membaca dan mempelajari. Semoga memudahkan Anda dalam belajar Sosiologi secara mandiri di mana saja dan kapan saja.

Soal Sosiologi Kelas XII Komunitas dan Kearifan Lokal

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan pengertian komunitas! 

Jawaban:
Komuntias merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu community. Dalam bahasa Inggris, community diterjemahkan sebagai masyarakat setempat yang memiliki cakupan wilayah yang sama.

Komunitas adalah Kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki keterkaitan yang sama. Ditandai dengan adanya ikatan kuat antar anggota yang disebut perasaan komunitas (community sentiment).

2. Apa yang kamu ketahui tentang pemberdayaan komunitas? Sebutkan dimensi atau pendekatan yang dipakai dalam pemberdayaan komunitas!

Jawaban:
» Pemberdayaan komunitas merupakan suatu proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial guna memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

» Pemberdayaan komunitas memiliki dimensi atau pendekatan, yaitu sebagai berikut;
1) Bebas memenuhi kebutuhan baik dalam bentuk pendapat, kebutuhan pendidikan, kesehatan, perbaikan lingkungan, peningkatan kualitas rumah, pangan , skamung, papan, dan sebagainya.
2) Menyangkut sumber-sumber produktif sehingga mereka memiliki kemampuan untuk memperoleh barang-barang dan jasa yang mendukung kehidupannya.
3) Berpartisipasi dalam proses pembangunan dan keputusan-keputusan yang mempengaruhi mereka.

3. Sebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dan menjadi kekuatan pengikat komunitas!

Jawaban:
Dengan adanya komunitas maka:
1) Memudahkan dalam berkoordinasi antar individu
2) Antar individu dapat saling memberi semangat dan motivasi
3) Mampu meningkatkan kesejahteraan dalam jangka waktu yang panjang dan berkelanjutan
4) Mampu meningkatkan dan memperbaiki kehidupan masyarakat dan kelompok baik di bidang ekonomi maupun sosial
5) Penggunaan sumber-sumber daya alam dan potensi yang ada lebih efektif dan efisien
6) Proses pembangunan lebih demokratis dan aspiratif karena melibatkan banyak orang

4. Sebutkan jenis-jenis komunitas dan contohnya! 

Jawaban:
Komunitas dalam masyarakat beraneka ragam, misalnya;
1) Komunitas Adat (contohnya: suku Badui, suka Sasak, suku Dayak, dll)
2) Komunitas Lokal (contohnya: komunitas lokal di sekitar pabrik, kantor desa, kota tertentu, dll)
3) Komunitas Berdasarkan minat (contohnya: komunitas pecinta sepeda, pencinta hewan, pemerhati kelestarian hutan, dll)

5. Sebutkan unsur-unsur perasaan komunitas! 

Jawaban:
Sifat ketergantungan antar anggota dalam komunitas menimbulkan perasaan saling melindungi dan menjaga eksistensi komunitas.
Menurut Soejono Soekamto (2012:134) unsur-unsur perasaan komunitas sebagai berikut:
1) Seperasaan
2) Sepenaggungan
3) Saling memerlukan

6. Jelaskan pengertian kearifan lokal!

Jawaban:
Berikut ini beberapa definisi dari kearifan lokal:
1) Kearifan lokal merupakan suatu kekayaan budaya lokal yang mengandung kebijakan hidup, pegangan hidup ( way of life ) yang mengakomodasi kebijakan (wisdom) dan kearifan hidup.

2) Kearifan lokal merupakan tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal secara arif dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup. Kearifan lokal tidak hanya berhenti pada etika, tetapi sampaicpada norma, tindakan, dan tingkah laku ,masyarakat. Oleh karena itu, kearifan lokal dapat menjadi pedoman masyarakat untuk bersikap dan bertindak dalam konteks kehidupan sehari-hari.

3) Menurut Robert Sibarani:
Kearifan lokal adalah kebijaksanaan atau pengetahuan asli suatu masyarakat yang berasal dari nilai luhur tradisi budaya untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat. Jika hendak berfokus pada nilai budaya, maka kearifan lokal dapat pula didefinisikan sebagai nilai budaya lokal yang dapat dimanfaatkan guna mengatur tatanan kehidupan masyarakat secara arif bijaksana.

7. Jelaskan tentang dimensi dan karakteristik kearifan lokal! 

Jawaban:
Kearifan lokal memiliki enam dimensi yaitu pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampilan lokal, sumber daya alam lokal, mekanisme pengembalian keputusan lokal, dan solidaritas kelompok lokal.

Karakteristik kearifan lokal diantaranya kearifan lokal mencerminkan kematangan masyarakat di tingkat komunitas lokal, kearifan lokal bersifat komunal, kearifan lokal mencakup pengetahuan komunitas lokal yang terakumulasi selama beberapa generasi dalam bentuk teknologi, kearifan lokal sejatinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung tercapainya kemajuan tanpa perlu menolak modernisasi ataupun globalisasi, kearifan lokal bersifat dinamis dan responsive, kearifan lokal dapat dimanfaatkan untuk menata kehidupan manusia, dan kearifan lokal dapat berkembang menjadi keunggulan. 

8. Apa dampak positif dan negatif dari globalisasi terhadap upaya pemberdayaan komunitas lokal? 

Jawaban:
Dampak positif globalisasi terhadap upaya pemberdayaan komunitas lokal, yaitu meningkatkan teknologi modern dalam masyarakat. Teknologi modern dapat meningkatkan efektivitas kerja dalam upaya pemberdayaan komunitas.

Adapun dampak negatif globalisasi terhadap upaya pemberdayaan komunitas lokal, yaitu melemahkan daya saing masyarakat lokal dengan masyarakat luar negeri.

9. Kearifan lokal yang seperti apakah yang akan mampu menjadi solusi dalam menghadapi pesatnya globalisasi? 

Jawaban:
Kearifan lokal di suatu daerah dapat menjadi solusi dalam menghadapi pesatnya globalisasi tentunya kearifan lokal tersebut harus memenuhi beberapa kriteria yaitu:
- mampu bertahan terhadap budaya luar
- memiliki kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar
- mempunyai kemampuan mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli
- mampu memberi arah pada perkembangan budaya


Sekali lagi, jangan lupa baca juga soal lengkap pilihan ganda dan essay bab ini [Klik Saja Judulnya]:

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi Kelas 12 Pembahasan Komunitas dan Kearifan Lokal + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x