Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini adalah soal-soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP/MTs Tema 03 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa lengkap dengan kunci jawabannya. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia untuk belajar kapan saja dan dimana saja.
Soal IPS Kelas VIII SMP/MTs Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa lengkap dengan kunci jawabannya
Jangan malas, manfaatkan smartphone, laptop, dan sejenis keduanya untuk hal-hal yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Jangan sampai hanya digunakan untuk hal-hal yang unfaedah. Mau Youtuban, Tiktokan, Twitteran, Facebukan, Instagraman, dan an-an lainnya silakan. Yang penting bermanfaat saja ya.

Oke, lanjut ke soal Soal IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa. Ini adalah materi pembahasan ketiga pada pelajaran IPS kelas 8 Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar).

Soal IPS Kelas VIII Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

Soal-soal di bawah ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berupa soal-soal pilihan ganda atau multiples choices, dan bagian kedua berupa soal-soal essay atau uraian.

A. Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat terdiri dari 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Tujuan utama yang akan dicapai pada masa imperialisme modern mengarah pada bidang sosial dan ekonomi.. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini, yaitu...
a. mencari dan mendapatkan daerah penanam modal.
b. mencari rempah-rempah yang banyak digunakan masyarakat Eropa.
c. mencari daerah-daerah baru untuk ditaklukan dan dieksploitasi.
d. mempersiapkan daerah jajahan sebagai daerah koloni .

Jawaban: A

2. Kehidupan masyarakat pada masa kolonialisme menyebabkan berbagai perubahan dalam berbagai bidang. Keadaan yang dialami masyarakat menyebabkan munculnya berbagai perlawanan. Salah satu perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam melawan kongsi dagang VOC adalah serangan Mataram di Jawa Tengah. Serangan dilakukan sampai dua kali, namun belum berhasil. Penyebab utama serangan Mataram yang kedua gagal yaitu...
a. persenjataan Belanda jauh lebih modern dibandingkan tentara Mataram.
b. kuatnya tentara Belanda yang melakukan pengepungan.
c. Belanda melakukan adu domba terhadap tokoh di kerajaan Mataram.
d. pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram.

Jawaban: D

3. Politik etis merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda yang sedikit banyak memberikan manfaat pada pribumi, namun dalam pelaksanaanya bukan tanpa perlawanan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kritik yang disampaikan Douwes Dekker yang berisi...
a. politik etis hanya perluasan komersialisasi politik ekonomi liberal sebelumnya.
b. tuntutan yang mendapat perlakuan tidak hanya pribumi tetapi untuk semua penduduk asli Hindia Belanda.
c. praktek politik etis menunjukan diskriminasi dalam bidang edukasi
d. anggapan bahwa politik etis hanya menguntungkan pihak swasta Belanda dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil.

Jawaban: B

4. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengatur dan mengawasi bank
2) Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah
3) Menghimpun dana dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat
4) Memperluas kesempatan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat

Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tugas Bank Indonesia (BI) ditunjukkan nomer....
a. 1 dan 3.
b. 1 dan 2.
c. 2 dan 4.
d. 1,2, dan 4

Jawaban: B

5. Demonstrasi kenaikan upah buruh dilakukan hampir di seluruh Indonesia. Demo tersebut merupakan salah satu contoh konflik sosial yang memiliki konotasi negatif, tetapi demo juga memberikan dampak positif pada suatu kelompok. Dampak positif adanya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat adalah...
a. Terjadinya perubahan kepribadian para individu dalam kelompok.
b. Terjadinya dominasi suatu kelompok masyarakat.
c. Adanya solidaritas sesama anggota kelompok.
d. Menyamakan kepentingan suatu kelompok.

Kunci Jawaban: C

B. Soal Esai IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap penjelajahan kolonialisme dan imperilisme di Indonesia? Bagaimana perubahan yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia!

Jawaban:
Letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia, selain benua terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Kondisi geografis Indonesia yang kaya akan sumber daya didukung dengan iklim tropis yang dimiliki membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil pertanian. Berbagai tanaman mudah ditemukan di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu bangsa dengan ciri khas kepulauan. Berbagai potensi sumber daya alam banyak tersedia di Indonesia. Setiap wilayah kepulauan mempunyai potensinya masing-masing. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia terkenal dengan kekayaan rempahrempah yang beraneka ragam. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik bangsa-bangsa lain datang ke Indonesia.

Adanya kolonialisme dan imperialsime memberikan pengaruh seperti, perdagangan, kebijakan kerja paksa dan tanam paksa yang merubah kehidupan masyarakat. Pengaruh lebih spesifik yaitu adanya perubahan masyarakat Indonesia baik aspek ekonomi (perluasan lahan, penemuan tambang, munculnya barang baru).

2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan?

Jawaban:
Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Belajar dari pengalaman pahit bangsa Indonesia saat dijajah oleh bangsa asing yang penuh dengan penderitaan dan pengorbanan, saat ini Indonesia sudah merdeka. Sebagai generasi muda perlu mengisi kemerdekaan dengan semangat dan hal-hal positif. Generasi muda seharusnya senantiasa menghormati pahlawan, menjaga hubungan baik dengan semua orang, meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. Setiap hari kemerdekaan dapat digunakan untuk meningktkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat dengan berbagai lomba-lomba untuk meningkatkan kebersamaan dan semangat nasionalisme.

3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat?

Jawaban:
Solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik, meningkatkan percepatan pembangunan suatu daerah dengan memanfaatkan sektor pariwisata, pemerintah dapat fokus mengembangkan daerah-daerah terpencil melalui pengembangan SDM dengan guru muda dan generasi muda, meningkatkan akses dan infrakstuktur khususnya di daerah tertinggal, pemerataan pendidikan dan pengembangan beasiswa, dan mengupayakan pemenuhan kebutuhan ekonomi tiap daerah.

4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan!

Jawaban:
Ya, konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme seseorang. Karena konflik dapat mengakibatkan munculnya rasa persatuan, kebersamaan, dan rasa senasib yang dialami oleh kelompok pihak yang terlibat konflik. Misal: konflik yang terjadi saat Indonesia dengan Malaysia tentang perbatasan Pulau Sipadan dan Ligitan. Seluruh masyarakat Indonesia menjadi bersatu mendukung upaya pemerintah untuk melawan pemerintahan Malaysia mempertahankan kedaulatan wilayah.

5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara yang telah dijamin dalam perundang-undangan.

Jawaban:
Demonstrasi atau menyampaikan gagasan di muka umum merupakan sebuah hak kebebasan bagi seluruh warga negara Indonesia. Pada umumnya demonstrasi terjadi karena ada protes terhadap kebijakan pemerintah ataupun dorongan kepada pemerintah untuk melakukan sesuatu atas permasalahan yang terjadi. Upaya konsep demokrasi di Indonesia berjalan lancar demonstrasi juga memerlukan respon yang baik dari pihak pemerintah, di mana pemerintah menampung semua pendapat dan aspirasi dari para demonstrasi. Sistem demonstrasi di Indonesia berjalan baik dari segala pihak mulai dari pihak pendemo dengan cara mematuhi segala peraturan yang berlaku dari pihak pemerintah yang memberikan ruang dan gerak yang layak untuk para pendemo. Demonstrasi yang baik dilaksanakan sesuai peraturan dan menghindari adanya kekerasan dan hal-hal yang dilarang. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal IPS kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan sekolahmuonline.com yang lainnya.

Lengkap soal pilihan ganda dan esai IPS Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) semua bab silakan baca dan pelajari judul-judul postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 8 Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x