Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 3] ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 3] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan bagian ketiga (Part 3) atau bagian terakhir dari contoh soal essay (esai) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas XI Bab 6 yang membahas tentang APBN dan APBD dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya.
Bagian Ketiga (Part 3) dari contoh Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
Sebagaimana telah disebutkan pada Bagian yang Pertama (Part 1) dan Kedua (Part 2), pada postingan Bab ini, Sekolahmuonline sudah menyajikan rangkuman dan soal pilihan ganda. Bagi Anda yang belum membacanya, silakan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay Ekonomi Kelas XI Bab 6 APBN dan APBD [Part 3]

Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD mencakup tiga Kegiatan Pembelajaran.

Nah, agar penyajian soal tidak terlalu panjang, sudah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan sebelumnya bahwa soal-soal Bab ini Sekolahmuonline bagi sesuai jumlah kegiatan pembelajaran. Part 1, Part 2, dan Part 3 (Bagian 1, 2, dan 3). Berikut ini bagian yang terakhir yaitu bagian ketiga (Part 3), pembahasan Kegiatan Pembelajaran Ketiga.

Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD » Kegiatan Pembelajaran Ketiga : Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)!

Jawaban:
Menurut Permendagri Nomor 21 Tahun 2011, APBD adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang dibahas dan disetujui oleh pemerintah daerah dan DPRD, serta ditetapkan dengan peraturan daerah. APBD merupakan instrument kebijakan yang utama bagi pemerintah daerah. Anggaran daerah juga digunakan sebagai alat untuk menentukan besar pendapatan dan pengeluaran.
Berdasarkan pengertian di atas maka APBD yang dikeluarkan setiap tahun akan mencerminkan besaran pendapatan dan pengeluaran yang dibutuhkan untuk pengelolaan suatu daerah. Daerah yang dimaksud mulai dari Daerah Tingkat II kota dan kabupaten dan Daerah TK I Provinsi.

2. Jelaskan fungsi dan tujuan APBD! 

Jawaban:
» Fungsi APBD
Fungsi APBD Pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, APBD memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
a. Fungsi otorisasi APBD bisa melaksanakan pendapatan dan belanja daerah di tahun bersangkutan. Otorisasi berarti pemberian kekuasaan pada pihak yang berwenang untuk melaksanakan anggaran, pendapatan, belanja dan pembiayaan sesuai APBD yang dibuat.
b. Fungsi perencanaan APBD menjadi sebuah pedoman bagi manajemen di dalam hal merencanakan sebuah aktivitas atau kegiatan pada tahun yang bersangkutan.
c. Fungsi pengawasan APBD menjadi sebuah pedoman untuk bisa menilai apakah aktivitas penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
d. Fungsi alokasi APBD diarahkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja maupun mengurangi pengangguran. Serta meningkatkan efesiensi serta efektivitas perekonomian.
e. Fungsi distribusi – APBD adalah ‘uang rakyat’, maka penggunaannya pun harus digunakan untuk memakmurkan dan menyejahterakan rakyat di daerah yang bersangkutan. Penyusunan APBD ini harus bisa mendukung berbagai aktivitas daerah yang menjadi contoh kegiatan memajukan kesejahteraan umum daerah yang bersangkutan.
f. Fungsi stabilitasi APBD menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan
keseimbangan fundamental perekonomian pada suatu daerah.

» Tujuan APBD
APBD disusun sebagai pedoman pemerintah daerah dalam mengatur penerimaan serta belanja.
Beberapa tujuan APBD diantaranya adalah:
a. Membantu pemerintah daerah mencapai tujuan fiskal.
b. Meningkatkan pengaturan atau juga kordinasi tiap bagian yang berada di lingkungan pemerintah daerah.
c. Menciptakan efisiesnsi terhadap penyediaan barang dan jasa.
d. Menciptakan prioritas belanja pemerintah daerah.

3. Jelaskan mekanisme penyusunan APBD!

Jawaban:
Mekanisme penyusunan APBD dapat dirinci sebagai berikut:
a. Pemerintah daerah menyusun RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).
b. Pemerintah daerah akan mengajukan RAPBD tersebut kepada DRPD untuk dirapatkan apakan RAPBD tersebut disetujui atau tidak.
c. Jika DPRD memutuskan untuk menyetujui RAPBD, maka RAPBD akan disahkan menjadi APBD.
d. APBD ditetapkan dengan perda paling lambat satu bulan setelah APBN disahkan
e. Perubahan APBD ditetapkan dengan Perda paling lambat tiga bulan sbelum berakhirnya anggaran
f. APBD yang telah ditetapkan dengan Perda disampaikan kepada gubernur bagi pemerintah kota/kabupaten dan kepada presiden melalui Mendagri bagi pemerintah provinsi

4. Sebutkan dan jelaskan komponen APBD!

Jawaban:
Secara umum APBD akan memuat dua komponen besar yaitu Pendapatan dan Pengeluaran.
Berikut ini pembahasan dari dua komponen tersebut.
1) Pendapatan Daerah
Pendapatan daerah didapatkan dari:
a. Pendapatan Asli Daerah
▪ Pajak Daerah (PBB, Pajak Cukai, Pajak Penghasilan, dll)
▪ Retrebusi Daerah seperti perizinan mendirikan usaha, tempat rekreasi, parkir
▪ Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan
▪ Pendapatan Asli Daerah Lain-Lain

b. Dana Perimbangan
▪ Dana Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasil Bukan Pajak
▪ Dana Alokasi Umum (DAU) adalah dana yang bersumber daripendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antardaerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. DAU tersebut dialokasikan dalam bentuk block grant, yaitu penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada daerah.
 ▪ Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional seperti pendidikan, kesehatan dan lain ebagainya
c. Pendapatan Daerah Lain-Lain yang Sah
▪ Pendapatan Hibah

2) Belanja Daerah
a. Belanja Tidak Langsung
Belanja tidak langsung, yaitu belanja yang tidak memiliki kaitan langsung dengan program kerja dan kegiatan. Belanja tidak langsung biasa terdiri atas :
▪ Belanja Pegawai yang meliputi meliputi gaji dan tunjangan, tambahan penghasilan PNS, belanja penerimaan lainnya pimpinan dan anggota DPRD dan biaya pemungutan pajak daerah.
▪ Belanja Bunga
▪ Belanja Subsidi
▪ Belanja Hibah
▪ Belanja Bantuan Sosial
▪ Belanja Bantuan Keuangan kepada Provinsi/ Kabupaten/ Kota dan Pemerintah Desa dan Partai Politik

b. Belanja Langsung
Belanja langsung, yaitu belanja yang memiliki kaitan langsung dengan program kerja dan kegiatan daerah. Belanja langsung ini terdiri dari beberapa komponen lain yang lebih kecil lainnya seperti yaitu belanja pegawai termasuk honorarium PNS, honorarium non-PNS, uang lembur, belanja beasiswa pendidikan PNS, belanja kursus, pelatihan, sosialisasi dan bimbingan teknis PNS. Selain itu, belanja langsung juga termasuk belanja barang dan jasa serta belanja modal.

5. Jelaskan pengaruh APBD pada pembangunan ekonomi daerah! 

Jawaban:
APBD yang merupakan suatu rencana dalam pembangunan suatu daerah tentunya akan memiliki pengaruh atas beberapa sektor perekonomi yang ada di daerah tersebut, oleh sebab itu penyusunan APBD harus memperhatikan perencanaan pembanguan ekonomi.
Berikut beberapa kesimpulan dari kajian pengaruh APBD terhadap pembanguan ekonomi sebagai berikut:
a. mengenai dampak dari pengelolaan Anggaran Pendapatan danBelanja Daerah (APBD) mempengaruhi perekonomian yang dimiliki, kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah
b. mampu mereduksi tingkat kemiskinan yang ada disuatu daerah secara signifikan.
c. mempengaruhi terhadap pengurangan atau penanggulangan masalah pengangguran yang dimiliki di daerah masing-masing.
d. mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonominya secara signifikan melalui alokasi APBD

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Ketiga [Part 3] atau bagian terakhir dari contoh soal essay (esai) atau uraian mata pelajaran Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Soal dan Rangkuman Ekonomi Kelas 11 lengkap:

Berikut ini soal beserta kunci jawaban juga pembahasannya dan rangkuman lengkap mata pelajaran Ekonomi Kelas 11. Klik saja judul-judulnya untuk membaca dan mempelajarinya.

Soal Ekonomi Kelas 11:
Rangkuman Ekonomi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Ekonomi Kelas 11 Bab 6 APBN dan APBD [Part 3] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x