Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal PAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 9 2020/2021 Lengkap dengan Jawabannya ~ Part 4

Contoh Soal PAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 9 2020/2021 Lengkap dengan Jawabannya ~ Part 4. Berikut ini adalah bagian keempat (Part 4) dari Contoh Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs. Bagian keempat ini terdiri dari soal pilihan ganda nomor 31 s/d 40.
Contoh Soal PAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 9 2020/2021 Lengkap dengan Jawabannya


Silahkan dibaca dan dipelajari. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Oh, ya. Seperti postingan-postingan yang sebelumnya, jangan lupa. Kunci jawabannya berada di kolom komentar. Maksudnya, biar kalian baca dulu dan mencoba mengerjakan/menjawab sendiri. Nah, nanti setelah menjawab bisa dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada pada kolom komentar. Kolom komentar ada di bawah postingan ini. Scroll saja terus ke bawah.

I. Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih jawaban yang benar dan tepat!

31. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cerm

(1) Sebagian besar pihak yang menjadi sponsor Asian Para Games 2018 sempat mengira ajang tersebut sama dengan Asian Games. 
(2) Dalam standar olimpiade saat ini, setiap medali emas yang menjadi hadiah bagi para atlit pemenang mengandung kadar emas sebesar 6 gram yang dicampur dengan perak sebesar 494 gram. 
(3) Lagu“Laskar Pelangi” memberikan inspirasi bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa digunakan untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita. 
(4) BNPB menyemprotkan cairan desinfektan melalui udara dengan metode water boming di titik lokasi gempa likuifaksi, Balaroa dan Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018. 

Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban:
Semua jawaban ada pada kolom komentar. Silahkan dikerjakan sendiri terlebih dahulu. Jika sudah mentok bisa lihat kunci jawabannya. Scroll saja terus ke bawah, cari bagian kolom komentar. Semangat dan selamat belajar.

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!

(1) Meskipun lukisan “Dini Hari” dibuat berdasarkan imajinasi pelukisnya, tetapi pemandangan alam yang dilukiskannya itu seolah-olah benar-benar ada dan bukan imajinasi. (2) Bentuk benda-benda yang dilukiskan tidak beda dengan benda dalam kehidupan nyata. (3) Namun, dari sisi komposisi tampilan lukisan tersebut terasa kurang lengkap. (4) Lukisan hanya menampilkan unsur tumbuhan (pohon pinus dan rerumputan). (5) Unsur-unsur kehidupan yang lain seperti binatang dan manusia tidak ditampilkan. (6) Hal inilah yang menyebabkan lukisan ini terkesan “kering” atau “kurang lengkap”.


32. Kalimat berisi pujian dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)

33. Kalimat berisi kritikan dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1), (2), (3), (4)
B. (2), (3), (4), (5)
C. (3), (4), (5), (6)
D. (4), (5), (6), (1)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 34, 35, dan 36!

(1) “5 Cm” adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda. 

(2) Film ini secara garis besar bercerita tentang persahabatan dan nasionalisme. Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Suatu hari mereka berlima merasa jenuh dengan persahabatan mereka. Akhirnya, kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya. 

(3) Selama tiga bulan berpisah mereka diliputi kerinduan. Selama itu pula banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak tertinggi Jawa yaitu di Puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia.

(4) Judul film ini unik dan sederhana tetapi memiliki cerita yang sangat menakjubkan. Film ini dengan cerdas merekatkan karakter kuat pada masing-masing tokoh. Hal ini yang membuat “5 Cm” unggul dari film lain. Biasanya, pada permulaan film kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh. Namun, pada film “5 Cm” kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat di bagian awal. 

(5) Terdapat beberapa perbedaan antara novel dan film “5 Cm”. Dalam novel jalan cerita digambarkan sangat detail sedangkan dalam film ada beberapa bagian yang dikurangi. Demikian pula dalam penggambaran latar. Pada film Gunung Mahameru dan sekitarnya kurang diekspos secara luas, hanya sebagian yang kita lihat. Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan penggambaran latar yang sama pada novel.


34. Bagian konteks pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

35. Bagian deskripsi pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D. (4) dan (5)

36. Bagian penilaian pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4) 
D. (4) dan (5)

37. Bacalah dua kutipan teks berikut dengan cermat!

Teks 1:
Pada akhir cerita, alurnya terkesan dipaksakan dengan pembentukan keluarga antarsahabat. Ditambah lagi dengan keturunan yang mempunyai sifat dan karakteristik yang sama dari para orang tuanya. 

Teks 2:
Arial adalah pria terganteng di antara mereka. Riani adalah gadis berkaca mata, cantik, cerdas dan mengutamakan profesi. Zafran merupakan pria yang berbadan kurus, anak band, senang bersyair. Ia juga seorang tokoh yang gila bola. Genta merupakan leader di antara sahabat-sahabatnya.

Perbedaan teks 1 dan teks 2 adalah ....
A. Teks 1 menanggapi alur dan Teks 2 menanggapi penokohan
B. Teks 1 berupa orientasi dan Teks 2 berupa deskripsi
C. Teks 1 mengandung konflik tokoh dengan dirinya sendiri dan Teks 2 mengandung konflik antartokoh
D. Teks 1 menjelaskan evaluasi tema dan Teks 2 menjelaskan deskripsi tema


38. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!

(1) Baju karya perancang ternama itu memang sangat menawan karena ditunjang oleh bahan yang digunakan, tetapi kreativitas desainnya tergolong biasa-biasa saja.
(2) Produk terbaru smartphone aXue sangat diminati konsumen yang suka dengan barang murahan.
(3) Sebagian besar lirik lagu yang dibawakan Iwan Fals sangat inspiratif karena mengantarkan isu-isu kemanusiaan dan nilai-nilai kebaikan.
(4) Teknik penggarapan film yang diangkat dari perjalanan hidup tokoh nasional ini patut diacungi jempol, tetapi dari sisi isi cerita tidak berisi sama sekali. 

Pujian yang santun terdapat dalam kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

39. Bacalah kalimat berikut dengan cermat!

Album yang dikemas dengan dominan warna hitam ini menyuguhkan dua instumen. Pertama adalah “Sunset” didominasi oleh gitar. Nuansa ini sekilas terdengar ala Kings of Convenience ini. Sementara itu, pada lagu kesembilan kita dibawa mendengarkan dentingan piano yang menenangkan setelah diajak menggoyangkan tubuh pada lagu sebelumnya, “Cadilac Model”.

Kata-kata yang memerlukan penjelasan tambahan (kata yang dianggap sukar) dalam teks tersebut adalah ....
A. album
B. nuansa
C. Sunset
D. Kings of Convenience

40. Perhatikan kalimat berikut!

Jika Anda adalah pecinta musik sekaligus penikmat fotografi, di album ini kita bisa menikmati keduanya sekaligus karena Atlesta mengemas lirik-lirik dalam album Sensation itu ke dalam 14 lembar foto menarik. Sayangnya lirik-lirik tersebut tidak semuanya tercetak dengan baik, dengan huruf handwriting yang cukup sulit untuk dibaca.

Komentar yang sesuai dengan cuplikan teks tanggapan tersebut adalah ....
A. Penggunaan istilah asing yang terlalu banyak mengganggu pemahaman.
B. Banyak ditemukan penulisan huruf kapital dan tanda baca yang tidak tepat.
C. Menggunakan kalimat yang tidak efektif sehingga sulit dipahami.
D. Pernyataan banyak menggunakan ungkapan yang sulit diketahui maknanya.

2 komentar untuk "Contoh Soal PAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 9 2020/2021 Lengkap dengan Jawabannya ~ Part 4"

  1. Kunci Jawaban Contoh Soal PAS Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 9 Part 4 (PG nomor 31 - 40)

    31. C
    32. A
    33. C
    34. A
    35. B
    36. D
    37. A
    38. C
    39. D
    40. D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Memuat...