Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan seperti apa cara kerja Enzim!

Jelaskan seperti apa cara kerja Enzim!. Pembaca Sekolahmuonline, sesuai judul, kita masih membahas contoh soal Biologi. Contoh soal dan pembahasannya berikut adalah contoh soal Biologi kelas 12 SMA/MA Program IPA yang membahas tentang Cara Kerja Enzim. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan pembaca semuanya dalam belajar Biologi.
Cara kerja enzim, Teori Gembok dan Anak Kunci, teori Kecocokan yang Terinduksi


Jelaskan seperti apa cara kerja Enzim!

Jawaban/Pembahasan:

Cara Kerja Enzim

Enzim mengkatalis reaksi dengan cara meningkatkan laju reaksi. Enzim meningkatkan laju reaksi dengan cara menurunkan energi aktivasi (energi yang diperlukan untuk reaksi) dari EA1 menjadi EA2. Penurunan energi aktivasi dilakukan dengan membentuk kompleks dengan substrat. Setelah produk dihasilkan, kemudian enzim dilepaskan. Enzim bebas untuk membentuk kompleks baru dengan substrat yang lain.

Enzim memiliki sisi aktif, yaitu bagian enzim yang berfungsi sebagai katalis. Pada sisi ini, terdapat gugus prostetik yang diduga berfungsi sebagai zat elektrofilik sehingga dapat mengkatalis reaksi yang diinginkan.

Bentuk sisi aktif sangat spesifik sehingga diperlukan enzim yang spesifik pula. Hanya molekul dengan bentuk tertentu yang dapat menjadi substrat bagi enzim. Agar dapat bereaksi, enzim dan substrat harus saling komplementer.

Teori Gembok dan Anak Kunci & Teori kecocokan yang Terinduksi

Cara kerja enzim dapat dijelaskan dengan dua teori, yaitu teori gembok dan anak kunci, dan teori kecocokan yang terinduksi. 

a. Teori gembok dan anak kunci (Lock and key theory) 

Enzim dan substrat bergabung bersama membentuk kompleks, seperti kunci yang masuk dalam gembok. Di dalam kompleks, substrat dapat bereaksi dengan energi aktivasi yang rendah. Setelah bereaksi, kompleks lepas dan melepaskan produk serta membebaskan enzim.

b. Teori kecocokan yang terinduksi (Induced fit theory)

Menurut teori kecocokan yang terinduksi, sisi aktif enzim merupakan bentuk yang fleksibel. Ketika substrat memasuki sisi aktif enzim, bentuk sisi aktif termodifikasi melingkupi substrat membentuk kompleks. Ketika produk sudah terlepas dari kompleks, enzim tidak aktif menjadi bentuk yang lepas. Sehingga, substrat yang lain kembali bereaksi dengan enzim tersebut.

Baca juga:

Demikian pembahasan Sekolahmuonline tentang Cara Kerja Enzim. Silahkan baca-baca contoh soal dan pembahasan yang lainnya. Selamat membaca dan selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan seperti apa cara kerja Enzim!"

Memuat...