Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 1

Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Pembahasan contoh soal di PPKn kali tentang Bab Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia


Agar contoh soal PPKn dan pembahasannya berikut ini tidak terlalu panjang sehingga bisa membuat jenuh dalam membaca, maka Sekolahmuonline buat menjadi beberapa bagian. Ini adalah bagin pertama (Part 1) dari Contoh Soal PPKn Kelas XI Bab Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia.

Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA)



Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Hubungan Internasional


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Salah satu tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Jelaskan apa konsekuensi dari tujuan tersebut?

Jawaban/Pembahasan:
Salah satu konsekuensi dari tujuan tersebut adalah bangsa Indonesia harus senantiasa berperan serta dalam menciptakan perdamaian dunia. Hal tersebut dikarenakan bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya bangsa Indonesia berada pada barisan terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia. 

2. Apa yang akan terjadi jika seandainya negara kita tidak menjalin hubungan dengan negara lain?

Jawaban/Pembahasan:
Jika seandainya negara kita tidak menjalin hubungan dengan negara lain, kita akan dikucilkan dari pergaulan bangsa-bangsa di dunia. Hal ini tentunya akan merugikan seluruh kehidupan bangsa. Bangsa Indonesia tidak bisa berinteraksi dengan sesamanya yang berada di negara lain. Selain itu, kita akan buta terhadap hal-hal yang terjadi di negara lain yang pada hakikatnya merupakan sumber pengetahuan bagi kita.

3. Jelaskan pengertian hubungan internasional!

Jawaban/Pembahasan:
Secara umum hubungan internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan. Konsepsi hubungan internasional oleh para ahli sering dianggap sama atau dipersamakan dengan konsepsi politik luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional. Ketiga konsep tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda satu sama lain, akan tetapi mempunyai persamaan yang cukup mendasar dalam hal ruang lingkupnya yang melampaui batas-batas negara (lingkup internasional)

4. Jelaskan pengertian politik luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional!

Jawaban/Pembahasan:
a. Politik luar negeri adalah seperangkat cara/kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk tercapainya tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.
b. Hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
c. Politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi internasional.

5. Komponen-komponen apa sajakah yang harus ada dalam hubungan internasional?

Jawaban/Pembahasan:
Komponen-komponen yang harus ada dalam hubungan internasional, antara lain:
1. politik internasional (international politics),
2. studi tentang peristiwa internasional (the study of foreign affair),
3. hukum internasional (international law),
4. organisasi Adminitrasi Internasional (international organization of administration)

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang pembahasan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 11 Bab Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda dalam belajar. Silahkan dibaca dan dipelajari contoh soal-contoh soal lainnya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn Kelas XI dan Jawabannya Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 1"

close