Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Apa saja faktor penyebab dan akibat dari kriminalitas serta bagaimana solusinya?

Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Apa saja faktor penyebab dan akibat dari kriminalitas serta bagaimana solusinya? Berikut ini adalah pembahasan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP dan MTs yang membahas tentang Kriminalitas.
Pengertian Kriminalitas, Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kriminalitas, Dampak, dan Solusinya


a. Apa yang dimaksud dengan kriminalitas?
b. Apa saja yang termasuk dalam contoh kriminalitas?
c. Apa kaitan antara kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, dan modernisasi?
d. Apa saja faktor yang menjadi penyebab terjadinya kriminalitas?
e. Apa akibat yang terjadi dari kriminalitas?
f. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi makin maraknya kriminalitas?

Untuk mengetahui jawabannya, silahkan baca ulasan berikut ini.

Pengertian Kriminalitas, Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kriminalitas, Dampak, dan Solusinya


Pengertian Kriminalitas


Kriminalitas yang makin banyak adalah dampak lanjutan dari segala macam masalah sosial yang muncul di masyarakat. Dari hari ke hari, media massa baik cetak ataupun elektronik didominasi oleh berita kriminal mulai dari pembunuhan, mutilasi, pembuangan bayi, penculikan, penipuan, korupsi, dan sebagainya. Mengapa kriminalitas di era modern makin marak terjadi? 

Kriminalitas dapat disebut juga sebagai segala bentuk tindakan yang melanggar norma hukum. Modernisasi identik dengan industrialisasi. Pembangunan pusat-pusat industri sebagai cerminan modernisasi biasanya dibangun di daerah perkotaan. Pembangunan dan modernisasi telah mengembangkan perkotaan sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mayarakat pedesaan. Dari tahun ke tahun, masyarakat pedesaan berbondong-bondong menuju kota untuk mengadu nasib. Namun demikian, lapangan kerja yang tersedia di kota tidak sebanding dengan banyaknya pendatang baru. Akibatnya, terjadi penumpukan tenaga kerja di perkotaan. Fenomena seperti ini akan menyebabkan makin meningkatnya jumlah kemiskinan dan makin tajamnya kesenjangan sosial ekonomi. Keadaan ini pada gilirannya nanti akan memicu kriminalitas.

Tindakan kriminal yang dilakukan makin bervariasi. Tindakan kriminal dilakukan dari cara sederhana sampai menggunakan teknologi canggih dapat kita temukan. Mulai dari membunuh, mencuri, merampok, memerkosa, korupsi, melakukan pembobolan bank menggunakan jaringan internet, pencucian uang, hingga membobol dokumen negara merupakan sebagian kecil kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Kriminalitas yang dilakukan saat ini seolah ikut memanfaatkan arus modernisasi yang melanda. Bahkan, perkembangan di sisi lain media hiburan, media massa atau media sosial lain turut berperan dalam memicu terjadinya tindakan kriminal di kalangan masyarakat. 

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kriminalitas


Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kriminalitas. Faktor penyebab terjadinya kriminalitas adalah:
1) pertentangan dan persaingan
2) perbedaan ideologi politik
3) kepadatan dan komposisi penduduk
4) perbedaan kekayaan dan pendapatan
5) mentalitas yang labil

Dampak Kriminalitas


Banyaknya kriminalitas yang terjadi mengakibatkan dampak yang tidak sedikit. Adapun akibat dari kriminalitas di antaranya adalah:
1) merugikan pihak lain baik materiel maupun imateriel
2) merugikan masyarakat secara keseluruhan
3) merugikan negara
4) mengganggu stabilitas keamanan masyarakat

Solusi untuk Mengatasi Kriminalitas


Kriminalitas yang makin banyak terjadi di masyarakat mengharuskan berbagai pihak berpikir mencari cara pemecahan yang dianggap efektif. Adapun solusi yang dapat dilakukan adalah seperti berikut.
1) Menegakkan sanksi hukum yang tegas dan tanpa pandang bulu
2) Mengaktifkan peran orang tua dan lembaga pendidikan dalam mendidik anak
3) Selektif terhadap budaya asing yang masuk agar tidak merusak nilai budaya bangsa
4) Menjaga kelestarian dan kelangsungan nilai dan norma dalam masyarakat. 

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan kriminalitas? Apa saja faktor penyebab dan akibat dari kriminalitas serta bagaimana solusinya?"

close