Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan ~ sekolahmuonline.com

Soal Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 yang membahas tentang Wawasan Bisnis Perhotelan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Essay Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan


Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 meliputi beberapa aktivitas pembelajaran, yaitu:
1. Pengertian Bisnis Perhotelan
2. Sejarah Perhotelan
3. Karakteristik Bisinis Perhotelan
4. Tipe Hotel, Fasilitas dan layanan Hotel
5. Organisasi Hotel
6. Status kepemilikan dan jaringan hotel 

Soal Essay Dasar Dasar Perhotelan Kelas X Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian hotel!

Jawaban:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan.

Pengertian lain dalam KBBI, hotel adalah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.

Menurut Kamus Oxford, hotel adalah sebuah bangunan tempat orang tinggal biasanya untuk waktu yang singkat, membayar kamar yang digunakan dan kadang-kadang makan.

Fred Lawson dalam Hotels, Motels and Condominius: Design, Planning and Maintenance (1976) menjabarkan definisi hotel sebagai sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

Menurut Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 1987, hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersial.

2. Jelaskan secara singkat sejarah munculnya bisnis perhotelan!

Jawaban:
Hotel pada awalnya dikenal dengan nama “Inn” yang dapat diartikan sebagai usaha menyewakan sebagian dari rumahnya kepada orang lain yang memerlukan kamar untuk menginap. Pada umumnya kamar yang disewakan dihuni oleh beberapa orang secara bersama-sama. Usaha penyewaan kamar ini sudah mulai dikenal sejak awal abad masehi. Istilah lain yang sering digunakan untuk usaha penyewaan kamar ini adalah Lodge, yaitu usaha yang hanya menyediakan tempat beristirahat bagi mereka yang melakukan perjalanan. Oleh karena sudah larut malam maka para pelancong terpaksa tidak dapat melanjutkan perjalanan mereka. Mereka ini kemudian menyewa jasa penginapan yang disebut Lodge tersebut. 
Dengan berkembangnya peradaban maka fungsi, peran, dan fasilitas Inn juga mengalami perluasan. Beberapa fasilitas ditambahkan seperti penyediaan air untuk mandi, serta makanan dan minuman walaupun masih dalam tahap yang sangat sederhana. Pengenalan mata uang pada abad ke enam masehi, semakin mengokohkan usaha jasa penginapan ini, kemudian mencapai puncaknya pada masa Revolusi Industri di Inggris pada tahun 1750 hingga tahun 1790. Pada abad ke 6 M, mulai diperkenalkan uang sebagai alat penukar yang sah, maka jenis usaha penginapan ini semakin berkembang dan mencapai puncaknya pada masa Revolusi Industri di Inggris pada tahun 1750 hingga tahun 1790. 
Revolusi ini mengakibatkan perubahan sistem perdagangan dan ekonomi dunia secara drastis dan menyeluruh, dengan ditemukannya mesinmesin yang mengubah sistem produksi rumah tangga ke produksi pabrikan. Hal ini pula yang menyebabkan terdorongnya dunia usaha berlomba-lomba untuk menjual hasil produksinya. Dampak dari situasi ini maka lebih banyak lagi orang melakukan perjalanan dari satu tempat ketempat lainnya. 

3. Jelaskan seperti apa karakteristik bisnis perhotelan!

Jawaban:
Karakteristik bisnis perhotelan terdiri dari produk nyata (tangible product, tidak nyata (intangible product), bersifat perishable dan non perishable. Produk yang bersifat nyata antara lain kamar, makanan, minuman, kolam renang dan lain-lain. Produk yang bersifat tidak nyata, antara lain keramah-tamahan, kenyamanan, keindahan, keamanan dan sebagainya. Produk bersifat perishable artinya bahwa produk tersebut hanya bisa dijual saat ini adalah produk tidak tahan lama yang dapat disimpan di gudang. Contohnya kamar hotel, bahan makanan segar yang tidak dapat disimpan seperti sayur-mayur. Produk yang bersifat non perishable misalnya minuman keras, soft drink, perlengkapan tamu (guest supply and amenities). 

4. Sebutkan tipe-tipe hotel!

Jawaban:
Hotel dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tipe/kategori:
1. Berdasarkan Kelas:
• Hotel melati
• Hotel bintang satu (*)
• Hotel bintang dua (**)
• Hotel bintang tiga (***)
• Hotel bintang empat (****)
• Hotel bintang lima (*****)

2. Berdasarkan Plan
• Full American Plan
• Modified American Plan
• Continental Plan
• European Plan

3. Berdasarkan Ukuran
• Hotel Kecil/Small Hotel
• Hotel Sedang/Medium Hotel
• Hotel Besar/Large Hotel

4. Berdasarkan Lokasi
• City Hotel
• Resort Hotel

5. Berdasarkan Area
• Downtown Hotel
• Suburb Hotel
• Country Hotel
• Airport Hotel
• Motel
• Inn

6. Berdasarkan Maksud Kunjungan Tamu
• Business Hotel 
• Tourism Hotel 
• Sport Hotel 
• Pilgrim hotel 
• Cure Hotel 
• Casino Hotel

7. Berdasarkan  Lamanya Tamu Menginap 
• Transit Hotel 
• Semi Residential Hotel 
• Residential Hotel

8. Berdasarkan Kriteria Jenis Tamu 
• Family Hotel 

9. Berdasarkan Aspek Bentuk Bangunan 
• Pondok Wisata
• Cottage
• Montel

5. Sebutkan apa saja yang termasuk kategori fasilitas hotel!

Jawaban:
Fasilitas adalah penyediaan perlengkapan phisik yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu serta dapat mempermudah tamu melaksanakan aktivitas selama tinggal di hotel. Fasilitas itu dapat berupa: guest room, disable room, smooking area, Restoran dan Bar, Room service, Bussiness centre, Fitness centre/gym, swimming pool, Ballroom/aula, Safe deposit box, Laundry dan dry cleaning, Fasilitas hiburan, seperti musik, karaoke, Fasilitas children play ground, Baby sitting, Hotel transportation, Valet parking service/, Foreign exchange facilities, Beauty salon/salon, Drug store, House clinic, dan sebagainya

6. Selain fasilitas, hotel juga membutuhkan yang namanya layanan hotel. Apa sajakah yang berkaitan dengan layanan hotel?

Jawaban:
Layanan hotel berkaitan dengan produk tidak nyata dengan istilah lain intangible product yaitu segala sesuatu yang berkaitan pelayanan dan pembentukan citra suatu produk dan hotel. 
Di dalam bisnis perhotelan intangible diberikan bersamaan dengan penjualan produk tangible. Rasa bersahabat, sopan santun, keramahtamahan dan rasa hormat dari seluruh karyawan merupakan salah satu contoh produk intangible yang sederhana tetapi sangat berdampak pada pembentukan citra hotel. 

7. Pada saat ini terdapat dua kepemilikan hotel yang dihubungkan dengan pengelolaannya. Sebutkan dan jelaskan keduanya!

Jawaban:
Pada saat ini terdapat dua kepemilikan hotel yang dihubungkan dengan pengelolaannya yaitu:
1. Independent Hotels/Hotel yang Berdiri Sendiri. 
Hotel jenis ini pada umumnya tidak mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaannya tidak berinduk pada perusahaan lain, yang biasanya hotel-hotel kecil milik keluarga. Hotel jenis ini biasanya merupakan salah satu bidang usaha lain yang sedang dikembangkan dalam perusahaan yang besar dengan core bisnis yang berbeda biasanya dikelola secara profesional. 

2. Nonindependent Hotel/Hotel yang tidak berdiri sendiri. 
Yang tergolong dalam jaringan hotel atau lebih dikenal dengan Chain Hotel. Hotel-hotel yang tidak berdiri sendiri bahwa hotel ini mempunyai hubungan dalam kepemilikan dan cara pengelolaannya dengan perusahaan lainnya yaitu: 
a) Perusahaan Induk (Parent Company) 
Yaitu hotel-hotel yang berada di bawah kepemilikan perusahaan lain atau merupakan unit perusahaan tersebut. Induk perusahaan akan memberikan patokan cara mengelola dan kebijakan-kebijakan atas hotelnya. Perusahaan Chain Hotels yang terkenal di dunia adalah Hilton Intercontinental Inc., Intercontinental Hotels Hyatt Intercontinental, The Ritz Carlton, Four Seasons, dan lain-lain. 
b) Kontrak Manajemen (Management Contract) 
Yaitu hotel-hotel yang memisahkan antara kepemilikan dengan pengelolaannya. Pemilik hotel membeli jasa pengelolaan dari perusahaan lain dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Contoh-contoh: Hilton dan Sheraton yang menawarkan jasa demikian berdasarkan kemampuan pengalaman mereka dalam industri. 
c) Waralaba (Franchise) 
Suatu bentuk kerjasama dalam hal pengelolaan, yang mana pemilik hotel mengelola hotelnya dengan memakai cara yang dikembangkan oleh perusahaan atau hotel-hotel lainnya, atau dengan kata lain pemilik membeli cara-cara atau resep pengoperasian dari perusahaan lain misalnya Nikko Jakarta, Hotel Ciputra. 
d) Kelompok Referal (Referral Group)
Suatu bentuk gabungan hotel yang berdiri sendiri (independent) untuk tujuan bersama seperti dalam hal: pemasaran, sistem pemesanan kamar dan lain-lain yang dianggap akan lebih menguntungkan apabila hal ini dilakukan bersama-sama tanpa harus mengubah sifat kepemilikannya. Kelompok yang sejenis ini dan terbesar di dunia adalah Best Western International di Amerika Serikat. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perhotelan Kelas 10 Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan lengkap dengan Kunci Jawabannya. Pengolahan soal kami rujuk langsung dari Buku Dasar Dasar Manajemen Perhotelan Kelas X SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Soal Dasar Dasar Perhotelan Kelas 10 Bab 1 Wawasan Bisnis Perhotelan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close