Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 3 yang membahas tentang Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis


Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) Kelas 10 Bab 3 sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan sebelumnya meliputi empat pembahasan, yaitu:
- Profile Dunia Kerja Bidang MPLB 
- Etika Profesi Bidang MPLB 
- Entreprenuer Bidang MPLB 
- Peluang Usaha Bidang MPLB Bisnis

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan profile dunia kerja bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis!

Jawaban:
Profile dunia kerja bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis merupakan gambaran berbagai jenis pekerjaan di bidang Manajemen Perkantoran

2. Apa yang kamu ketahui tentang profesi bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis?

Jawaban:
Profesi bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis merupakan suatu bentuk pekerjaan di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang menuntut pendidikan lebih tinggi, ketrampilan khusus, memiliki tanggung jawab dan kesetiaan terhadap pekerjaannya. 

3. Pernahkah kamu mendengar atau membaca istilah enteprenuer atau wirausaha? Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan enteprenuer atau wirausaha tersebut!

Jawaban:
Enteprenuer atau wirausaha dapat diartikan sebagai penerapan kreativitas dan inovasi seseorang dalam memanfaatkan peluang-peluang usaha yang dihadapi setiap hari.

4. Jelaskan pengertian peluang kerja dan peluang usaha di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis!

Jawaban:
Peluang kerja merupakan kesempatan kerja di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang dapat memberikan nilai tambah bagi pekerja itu sendiri. 

Peluang usaha adalah kemampuan mengembangkan diri untuk menciptakan inovasi atau jenis usaha baru yang tentunya akan memiliki resiko dan ketidakpastian. 

5. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi upaya dalam melihat peluang kerja dan peluang usaha?

Jawaban:
Upaya dalam melihat peluang kerja dan peluang usaha dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan dari luar.

Faktor dari dalam diri berupa:
- karakter
- hoby
- bakat
- minat seseorang

Faktor dari luar dipengaruhi oleh:
- lingkungan
- pendidikan yang ditekuni

Upaya lain untuk melihat peluang kerja dan usaha dapat melakukan pendekatan analisa SWOT

6. Sebutkan dan jelaskan contoh jenis-jenis profesi bidang Manajemen Perkantoran dan layanan Bisnis!

Jawaban:
Profesi bidang Manajemen Perkantoran dan layanan Bisnis dapat dilihat sebagai berikut:
a. Asisten Manajemen atau sekretaris. 
Jenis profesi ini dituntut memiliki pendidikan khusus sekretaris, dan dapat bekerja dibidang bisnis, pemerintah, rumah sakit atau sekolah. Tugas pokoknyq mengelola fungsi kantor.
b. Sekretaris hukum. 
Tergolong profesi sekretaris yang memiliki pendidikan di bidangnya. Tugas pokoknya adalah membantu tugas-tugas administratip dan terkait dengan kantor untuk mendukung pengacara.
c. Perwakilan layanan pelanggan 
Fungsi dari profesi ini adalah sebagai penghubung antara organisasi dan pelanggannya. Tugas pokonya adalah melakukan pelayanan informasi dan memberikan solusi untuk masalah yang mungkin dialami pelanggan.
d. Staf ahli logistic 
Profesi ini memiliki pendidikan khusus seperti menajemen, logistic dan perpustakaan. Tugas pokoknya mengelola system penyimpanan barang/dokumen dan distribusi barang/dokumen
e. Staf ahli atau manajer sumber daya manusia. 
Jenis pendidikan banyak mengiisi profesi ini adalah sarjana bidang hukum atau psikologi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh tugas pokonya terkait dengan personalia kantor atau organisasi.
f. Analis manajemen. 
Profesi ini biasanya lebih banyak dikenal dengan konsultan perusahaan. Tugas pokoknya memberikan jasa analisa terhadap manajer perusahaan dalam upaya meningkatkan efisiensi dan fungsi manajemen.
g. Staf ahli riset operasi. 
Profesi jenis ini sering dikenal dengan admin yang tugasnya menggunakan teknologi untuk manganalisis masalah yang dihadapi organisasi dan menghasilkan solusi untuk memecahkan masalah.
h. Resepsionis. 
Resepsionis merupakan orang pertama yang bertugas untuk menemui calon pelanggan. Untuk itu karakter sopan dan ramah yang memiliki kepandaian menyapa calon pelanggan atau melakukan negisiasi.
i. Profreder 
Profesi ini menekuni penggunaan teknologi perkantoran untuk menghasilkan produk cetakan. Dalam proses produksi profreder terlibat lansung dalam mengedit dan memeriksa file sebelum dan setelah dicetak. Biasanya mereka bekerja pada layanan jasa percetakan buku, majalah atau konten online.
j. Ahli statisik 
Disamping pendidikan statistic yang dimilikinya, ahli statistic harus memiliki pengalaman dalam metodologi statistic yang akan digunakan untuk mengalisis dat dan menemukan solusi masalah. 

7. Apakah yang dimaksud dengan analisa SWOT?

Jawaban:
Analisa SWOT itu analisa berdasarkan 4 huruf yaitu:
Huruf S yang berarti Strengths atau kekuatan dan kelebihan yang dimiliki.
Huruf W atau Weakness yang artinya kelemahan. Dalam hal ini kita harus tahu apa yang menjadi karakter yang kurang baik dan tidak mendukung pekerjaan itu berjalan lebih baik.

Huruf yang ketiga yaitu O dari kata opportunities yang artinya peluang atau kesempatan yang ada yang akan menjadi pertimbangan lebih lanjut dalam penentuan keputusan untuk mengambil atau tidak peluang kerja dan usaha yang baru.
Huruf T dari kata Threats artinya ancaman dalam hal ini ancaman dapat berupa pesaing kita dalam meraih peluang kerja dan usaha yang ada. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis lengkap dengan Kunci Jawabannya. Pengolahan soal kami rujuk langsung dari Buku Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal dan Rangkuman mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Kelas 10 lengkap baca tautan/link berikut ini:
Soal:

Rangkuman:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 3 Profile Dunia Kerja, Entreprenuer, dan Peluang Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...