Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com

Soal Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal essay atau uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 yang membahas tentang Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis lengkap dengan Kunci Jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis


1. Jelaskan pengertian kantor!

Jawaban:
Kantor menurut etimologi bahasa Inggris “Office” berarti tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja ataupun posisi. Dalam bahasa Belanda kantor berasal dari kata “Kantoor” yang berarti ruangan tempat bekerja, tempat instansi dan lain-lain. Dari pengertian tersebut kantor dapat diartikan secara dinamis dan secara statis. 

Pengertian kantor secara statis menurut Dr. Rasto, M.Pd merupakan tempat kerja, ruang kerja, biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data/informasi. 

Pengertian kantor secara dinamis yakni proses-proses dalam penyelenggaraan kegiatan seperti seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan maupun pendistribusian data.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa arti kantor secara fisik merupakan bangunan, ruang atau tempat kerja, sedangkan secara dinamis diartikan sebagai proses kegiatan yang dilakukan didalam ruang, tempat kerja.
Dalam pengertian kantor secara dinamis inilah, maka manajemen merupakan hal penting untuk mengarhkan, menggerakkan dan mengendalikan setiap unsur dalam sebuah kantor tersebut. Tugas manajemen adalah menetapkan tujuan organisasi dan berupaya untuk mencapainya. Dengan demikian sebuah organisasi harus memahami tujuan yang jelas dan membuat sebuah system untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. 

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi kantor!

Jawaban:
Fungsi kantor dapat dibedakan menjadi dua yaitu fungsi utama dan fungsi pendukung. 
- Fungsi utama kantor:
1) Menerima Informasi
2) Merekam informasi
3) Mengolah informasi
4) Mendistribusikan Informasi

- Fungsi pendukung kantor:
1) Melaksanakan fungsi manajemen
2) Merancang system dan prosedur kantor
3) Mengendalikan Formulir kantor
4) Mengendalikan karyawan kantor
5) Menjamin ketersediaan Alat tulis kantor
6) Menjamin ketersediaan peralatan, furniture dan mesin kantor
7) Menjamin keamanan asset
8) Melaksanakan hubungan masyarakat

Penjelasan:
a. fungsi utama kantor menurut Rao, Sumathy, V. et al (2011:2-3) terdiri dari: 
1) Menerima Informasi 
Informasi yang diterima berasal dari dua sumber yakni sumber internal dan eksternal. Sumber internal diperoleh dari unit-unit kerja yang ada didalam organisasi (kantor), sedangkan sumber informasi eksternal diterima dari luar organisasi seperti pelanggan, pemasok, pemerintah, investor dan perusahaan lain. Informasi yang diterima dapat berupa dalam berbagai bentuk seperti surat, laporan, pesan telepon, facsimile, e-mail, surat kabar, perundangan yang berlaku. 
2) Merekam informasi. 
Informasi dari berbagai sumber dan dalam berbagai bentuk diterima, maka fungsi selanjutnya adalah merekam informasi. Langkah pertama merekam informasi adalah menyortir informasi kedalam kategori atau kelompok tertentu. Seperti informasi mengenai pesanan dicatat secara manual maupun elektronik kedalam bagian pesanan atau informasi mengenai urusan keuangan dicatat dalam bagian keuangan dan lain sebaginya. 
Pencatatan dilakukan melalui system computer akan memudahkan pegawai dalam mengidentifikasi dan mencari informasi dengan cepat. Rekaman informasi harus dijamin ketersediaannya, sehingga akan memudahkan dalam pencarian untuk memenuhi data yang dibutuhkan. 
3) Mengolah informasi. 
Untuk menjadi sebuah informasi yang siap digunakan, data/informasi harus dilakukan proses pengolahan terlebih dahulu. 
Untuk itu perusahaan/kantor perlu melibatkan staf terlatih dan terdidik dalam mengolah data tersebut secara sistematis. Hasil pengolahan informasi dapat berupa laporan keuangan, laporan statistic, laporan biaya dan jenis laporan lain yang berkaitan dengan jenis usaha yang dijalankan. 
4) Mendistribusikan Informasi. 
Informasi yang telah diolah dan telah menjadi informasi yang siap digunakan, selanjutnya informasi tersebut didistribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Pendistribusian informasi tersebut dapat dilakukan menggunakan komunikasi. 

b. Fungsi pendukung 
Pada prinsipnya fungsi pendukung kantor merupakan aktivitas kantor yang memfasilitasi kinerja fungsi utama kantor. Fungsi pendukung kantor menurut Rasto (2015:11) memaparkan sebagai berikut. 
1) Melaksanakan fungsi manajemen. 
Setiap pekerjaan selalu dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Hal ini dilakukan agar pencapaian tujuan kegiatan tersebut akan berjalan dengan baik. 
Berhasil tidaknya sebuah kegiatan akan selalu dilakukan evaluasi, sehingga pelaksananaan kegiatan berikutnya akan menjadi lebih efektif dan efisien. 
2) Merancang system dan prosedur kantor. 
Sebuah system merupakan kelompok bagian yang saling terkait bergantung satu dengan yang lain dalam operasinya secara berurutan berdasarkan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Prosedur adalah serangkaian langkah untuk melakukan tugas sesuai dengan system yang ditentukan. Setiap system harus dipecah menjadi beberapa bagian untuk menentukan prosedur tertentu. Dalam setiap prosedur yang dibuat selalu memeperhatikan sarana dan prasana yang dibutuhkan. 
3) Mengendalikan Formulir kantor. 
Formulir merupakan sarana penting dalam mencapai kinerja kantor lebih sistematis dan cepat. Kantor modern menggunakan system formulir dengan menekan dokumen manual atau menggunakan aplikasi formulir. Formulir merupakan catatan standar yang digunakan untuk mengumpulkan data/informasi untuk tujuan referensi. Sebuah formulir dirancang dengan baik atas dasar kebutuhan perusahaan/organisasi, agar data/informasi memberi manfaat yang maksimal. 
4) Mengendalikan karyawan kantor 
Karyawan kantor merupakan bagian dari proses manajemen secara umum, Namun dalam mencapai efisiensi kantor karyawan harus dipilih, dilatih dan ditugaskan melalui penilaian yang tepat. 
Oleh karena itu evaluasi terhadap karyawan harus selalu dilakukan setiap waktu untuk mencapai kinerja puncak. 
5) Menjamin ketersediaan Alat tulis kantor. 
Alat tulis kantor merupakan sarana penting dalam pekerjaan kantor, untuk itu kantor harus mampu mengendalikan ketersediaan alat tulis. Upaya yang dilakukan dalam pengendalian ATK melalui prosedur pembelian, penggunaan, pengeluaran barang, dan penyimpanannya. 
6) Menjamin ketersediaan peralatan, furniture dan mesin kantor. 
Kantor memiliki tugas penunjang dalam menjamin ketersediaan peralatan, furniture dan mesin kantor yang memadai. Hal ini berarti kebutuhan akan peralatan, furniture dan mesin kantor merupakan kebutuhan yang benar-benar sesuai dengan pekerjaan kantor. 
7) Menjamin keamanan asset. 
Aset merupakan harta yang dimiliki oleh perusahaan/ organisasi.
Aset dapat berupa asset bergerak dan asset tidak bergerak. Kantor harus menjamin keamanan asset tersebut dari kehilangan, kerusakan akibat pencurian, kebakaran, karena dapat berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. 
8) Melaksanakan hubungan masyarakat. 
Hubungan masyarakat oleh sebuah perusahaan atau kantor merupakan hubungan yang bertujuan untuk: 
a) Memperoleh informasi mengenai perubahan opini public. 
b) Mengkomunikasikan kebijakan, tujuan dan sasaran organisasi kepada public. 
c) Mengantisipasi rekasi dari public terkait tidakan organisasi. 

Dengan demikian kantor akan mampu meningkatkan citra organisasi dimata public. 

3. Jelaskan pengertian manajemen perkantoran!

Jawaban:
Manajemen perkantoran adalah proses merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktivitas kantor dalam mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi untuk membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien. 

Pemahaman terhadap aktivitas kantor dalam hal ini merujuk pada peranan atau fungsi kantor yang terdiri dari fungsi utama dan fungsi pendukung.

4. Fungsi kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi, dalam penyelenggaraannya harus ditopang oleh tiga hal. Sebutkan apa saja ketiga hal tersebut!

Jawaban:
Fungsi kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi, maka dalam penyelenggaraannya harus ditopang oleh tiga hal berikut. 
a) Manajemen informasi yang berkualitas 
b) Sistem komunikasi yang efektif 
c) Teknologi informasi dan komunikasi yang relevan. 

Tiga hal di atas yang merupakan pusat kajian utama dari manajemen perkantoran adalah informasi.

5. Jelaskan pengertian Asas-asas Manajemen Perkantoran!

Jawaban:
Pengertian asas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu yang menjadi tumpuan berfikir dan berpendapat. 

Asas manajemen berarti dasar yang digunakan dalam manajemen atau pengelolaan suatu usaha atau organisasi. 

Semakin besar organisasi akan semakin banyak unit-unit kerja dalam organisasi tersebut dalam rangka menjamin pelayanan lebih baik dan optimal. Dalam hubungannya unit-unit kerja tersebut secara menyeluruh, pengorganisasian pekerjaan kantor dapat menggunakan asas-asas manajemen perkantoran.

Jadi asas manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai dasar yang digunakan dalam manajemen atau pengelolaan suatu kantor.

6. Sebutkan dan jelaskan asas-asas manajemen perkantoran!

Jawaban:
Asas-asas manajemen perkantoran:
a. Asas Sentralisasi
b. Asas Desentralisasi
c. Asas Dekonsentralisasi 

Penjelasan:
a. Asas Sentralisasi
Dilihat dari sebutannya “Sentral” berarti terpusat

b. Asas Desentralisasi
Asas desentralisasi merupakan asas yang membagi jenis kegiatan kantor kedalam beberapa bagian/unit kerja. Masing-masin bagian atau unit kerja menangani jenis pekerjaan yang berbeda. Contohnya bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian kepewaian, bagian gudang, dan yang lainnya

c. Asas Dekonsentralisasi 
Asas dekonsentralisasi merupakan gabungan dari asas sentralisasi dan dekonsentralisasi artinya masing-masing asas digunakan untuk memperoleh efektifitas dan optimalitas dalam pelayanan. Dalam praktiknya jarang dijumpai penggunaan asas sentralisasi atau desentralisasi digunakan secara murni. Namun sekalipun kecil organisasi tetap saja masih menggunakan asas gabungan ini. Hal ini terlihat pada urusan kantor dan kuangan tetap saja berbeda petugasnya. 

7. Sebutkan ciri-ciri kantor/organisasi yang menggunakan asas sentralisasi!

Jawaban:
Kantor/organisasi yang menggunakan asas ini memiliki cirri sebagai berikut: 
1) Semua pekerjaan dipusatkan pada satu bagian tersendiri. 
2) Jenis pekerjaan kantor yang terpusat adalah jenis pekerjaan 
yang bersifat umum, seperti pekerjaan tata persuratan, pengelolaan dokumen dan informasi serta jenis pekerjaan yang bersifat mendukung operasional organisasi lainnya. 
3) Karena pengelolaan informasi dilakukan secara terpusat, maka kerahasiaan informasi akan lebih terjamin. 
4) Asas ini cocok digunakan untuk jenis organisasi yang masih kecil dan sederhana. 
5) Tempat atau bagian pelayanan dalam asas ini tidak terpisah dari gedung atau kantor utama, sehingga pengawasan mudah dilaksanakan, prosedur kerja mudah diseragamkan. 
6) Oleh karena lingkup pengguna asas ini masig kecil, maka beban kerja dapat dibagi secara merata, dan penggunaan alat dan perabotnya lebih hemat.

8. Sebutkan ciri-ciri asas desentralisasi yang digunakan kantor/organisasi!

Jawaban:
Ciri-ciri yang dimiliki asas desentralisasi:
1) Cocok digunakan untuk organisasi/kantor yang lebih besar. 
2) Pelayanan lebih focus dan detil karena sudah terbagi sesuai bidang/bagiannya sendiri. 
3) Dapat mengurangi penumpukan pekerjaan karena sifat layanan secara khusus. 
4) Karena tidak terjadi penumpukan, maka akan berdampak pada semakin cepat pelayanan bagi organisasi tersebut.

9. Jelaskan pengertian layanan bisnis dan pengertian manajemen perkantoran dan layanan bisnis!

Jawaban:
- Layanan bisnis merupakan proses pemberian layanan kepada pelanggan/konsumen baik yang bersifat materi maupun non materi untuk pemenuhan kepuasan pelanggan. 

- Manajemen perkantoran dan layanan bisnis adalah penerapan fungsi manajemen dalam proses pemberian layanan kepada pelanggan /kolega untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

10. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis layanan bisnis!

Jawaban:
Jenis-jenis layanan bisnis:
a. Layanan pelanggan berjalan
b. Layanan pelanggan melalui email dan telepon
c. Layanan pelanggan melalui livechat
d. Layanan self-service
e. Layanan pelanggan melalui komunitas dan forum

Penjelasan:
Menurut Hendra Mahyudi dalam tulisannya di laman Weefer menyebutkan bahwa jenis layanan pelanggan/customer service meliputi: 
a. Layanan pelanggan berjalan. 
Jenis layanan berjalan merupakan pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan. Customer/pelanggan harus datang ke kantor customer service(CS) dan menyampaikan keluhannya atau kebutuhannya. Kadang terjadi antrian panjang untuk mendapatkan layanan. Jenis layanan ini cukup menyita waktu. 

b. Layanan pelanggan melalui email dan telepon. 
Perkembangan bisnis sekarang ini sudah masuk dalam era digitalisasi. Untuk menghemat biaya dan menerapkan layanan pelanggan virtual, tren yang sekarang ini digunakan untuk layanan pelanggan adalah dengan menggunakan layanan call service dan email untuk memudahkan penyampaian keluhan. Seperti contoh layanan pelanggan PLN, Telkom dan layanan pembelian online. 

c. Layanan pelanggan melalui livechat. 
Livechat merupakan jenis layanan yang secara langsung dapat dilakukan berupa obrolan yang telah dipersonalisasi antara customer dan departemen layanan (CS). Livechat bisa membuat percakapan dan keterlibatan secara langsung atau real-time. Pelanggan dengan zona waktu berbeda tidak perlu menunggu jam kerja untuk menyampaiakan keluhan, sebab livechat menwarkan aksesibilitas sepanjang waktu. Tools livechat cukup modern dan lebih akurat karena memiliki kemampuan dalam memahami konteks pelanggan, baik melalui audio ataupun visual. 
Kemampuan livechat dalam bisnis adalah: 
1) Bisnis akan selalu bergerak secara online. 
2) Dapat menjaga kedekatan dengan pelanggan setiap saat 
3) Biaya akan lebih hemat. 
4) Tren layanan akan terlihat lebih berkelas. 

d. Layanan self-service. 
Jasa layanan mandiri merupakan departemen customer service yang memberikan pelayanan lebih instan, ramah dan akurat, pelanggan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Keunggulan dari jenis layanan seperti ini dilihat dari pelanggan adalah solusi terhadap masalah yang dihadapi dapat ditentukan oleh pelanggan itu sendiri. Jenis layanan seperti ini dapat diperoleh pada kanal chatbots, FAQ, artikel berbasis pengetahuan, panduan produk, tutorial video dan sebagainya. Jenis layanan ini cocok digunakan perusahaan yang mendapatkan permintaan yang bersifat umum seperti refund, reture produk, atau invoice. 

e. Layanan pelanggan melalui komunitas dan forum. 
Komunitas dan forum adalah kanal layanan pelanggan yang dibangun oleh pengguna jasa layanan/produk. Untuk penggunaan layanan ini sebuah bisnis/usaha harus mampu menciptakan pengikut dan komunitas yang lebih besar berdasarkan brand yang mereka miliki. Kecepatan respon terhadap layanan pelanggan terkadang arbitner, tergantung pada keaktifan anggotanya

11. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis bisnis!

Jawaban:
Jenis-jenis bisnis:
a. berdasarkan jenis aktivitasnya bisnis dibedakan menjadi, 
1) Bisnis Ekstraktif adalah aktivitas bisnis yang pergerakkanya dibidang pertambangan dengan melakukan penggalian bahan-bahan tambang yang ada didalam dan terkandung di perut bumi. 
Seperti batu bara, emas, besi, intan, alumunium, tembaga semen, minyak dan gas bumi. 
2) Bisnis Agraris adalah kegiatan bisnis yang pergerakannya pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan. 
3) Bisnis Industri merupakan usaha dalam bidang industry manufaktur yang memproduksi barang. 
4) Bisnis Jasa adalah aktivitas usaha yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk fisik. 

b. Berdasarkan Kegunaannya jenis bisnis dibedakan menjadi: 
1) Form Utility (kegunaan bentuk), adalah bisnis yang berupaya mengubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang tidak sama sehingga lebih bermanfaat untuk manusia, seperti meubel, genteng, garment dan lain sebagainya. 
2) Place utility ( kegunaan Tempat ) merupakan bisnis yang menjalankan pemindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain sehigga memeiliki manfaat lebih. 
3) Time Utility (kegunaan waktu) adalah bisang bisnis yang memeberikan manfaat waktu terhadap keberadaan suatu barang. Seperti peti kemas, kotak pos dan lainnya. 
4) Posisesion Utility (keguanaan pemilikan) merupakan jenis usaha untuk membuat atau memenuhi keguanaan pemilikan pada suatu barang atau jasa. Seperti pertokoan, perdagangan atau jual beli. 

c. Jenis bisnis berdasarkan motifnya 
Berdasarkan motifnya bisnis dapat dikalsifikasikan menjadi dua yakni:
a. bisnis berorientasi, yang merupakan bidang bisnis yang berorientasi pada keuntungan/profit
b. bisnis tidak berorientasi, merupakan bidang bisnis yang berorientasi pada nirlaba seperti contoh yayasan, organisasi social, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya. 
 
d. Menurut bentuknya jenis badan usaha dapat dibedakan menjadi: 
1) Badan Usaha berbentuk Badan Hukum. 
Badan usaha yang berbadan hukum memiliki karakteristik dalam pemisahan kekayaan pemilik dengan kekayaan badan usaha, sehingga pemilik hanya bertanggungjawab sebatas harta yang dimilikinya
2) Badan Usaha Bukan berbentuk badan hukum. 
Jenis badan usaha yang bukan berbentuk badan hokum memiliki karakteristik dalam kepemilikan kekayaan. Dalam hal ini antara kekayaan badan usaha dan kekayaan pribadi tidak ada pemisahannya.

12. Sebutkan tujuan-tujuan bisnis!

Jawaban:
- mendapatkan keuntungan atau laba
- Ingin memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup. 
- Untuk menambah kesejahteraan dan kemakmuran keluarga. 
- Untuk memenuhi kebutuhan pencitraan diri maupun usahanya agar semakin dikenal dimasyarakat. 
- Untuk mempertahankan kelansungan usaha sehingga mampu terus berdiri/berjalan. 
- Dengan bertambahnya pengalaman dalam menjalankan usaha, maka akan muncul kreatifitas atau gagasan baru untuk memajukan usaha yang sudah ada. 
- Adanya operasional dalam kegiatan bisnis maka tujuan dari bisnis juga dapat dijadikan sebagai upaya mengisi waktu atau memanfaatkan waktu. 
- Usaha yang dijalankan secara mandiri mampu menopang kebutuhan sendiri dan tidak tergantung dari orang lain. 
- Tujuan lain dari penyelenggaraan bisnis untuk memperoleh simpati atau pencitraan. 

13. Sebutkan dan jelaskan manfaat bisnis!

Jawaban:
Manfaat Bisnis 
a. Memperoleh penghargaan atau pengkuan. 
Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya suatu bisnis yang berhasil dan tumbuh serta berkembang eyang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat yang akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri 
b. Kesempatan untuk menjadi Bos bagi diri sendiri 
Dengan berbisnis juga akan menjadi seorang penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar kecilnya bisnis yang dijalankan ditentukan oleh kemampuan diri sendiri, dengan kata lainmenjadi bos. 
c. Menggaji diri sendiri. 
Dengan usaha yang dilakukan sendiri maka besar kecilnya gaji atau pendapatan dapat ditentukan sendiri. 
d. Atur waktu diri sendiri 
Demikian juga dengan waktu yang yang lebih flesibel, usaha yang dijalankan sendiri akan membutuhkan waktu sesuai dengan kemampuan dan kesempatan diri sendiri 
e. Masa depan lebih cerah. 
Dengan pengelolaan usaha secara mandiri, maka dapat dikatakan masa depan diri kita ditentukan olaeh usaha yang kita lakukan. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal essay atau uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya.

Soal dan Rangkuman mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Kelas 10 lengkap baca tautan/link berikut ini:
Soal:

Rangkuman:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...