Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 yang membahas tentang Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 lengkap dengan Kunci Jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab II Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0


Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X Bab II Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Jelaskan pengertian Revolusi Industri 4.0!

Jawaban:

Pengertian Revolusi Industri 4.0.

Menurut Zimmerman(2018) mendefinisikan era revolusi industry 4.0 dan selanjutnya akan melibatkan pekerjaan pada kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika, internet of things, pembelajaran sepanjang hayat sebanyak 75%.

Pengertian revolusi industry 4.0 menurut pendapat Prof. Dwikorita karnawati adalah dalam kurun waktu 5 tahun mendatang akan menyebabkan dampak dimana 35 % jenis pekerjaan terhapus, 10 tahun mendatang akan terdapat 75 % yang akan terhapus.

Pendapat Presiden RI ke 7 menyebutkan bahwa revolusi industry 4.0 telah mendorong inovasi-inovasi teknologi yang memberikan dampak disrupsi atau perubahan fundamental terhadap kehidupam masyarakat.

Dari ketiga pendapat diatas menegaskan bahwa perkembangan revolusi industry akan membawa dampak perubahan fundamental dalam kebudupan masyarakat saat ini dan dampaknya terhadap jenis pekerjaan mendatang akan tergantikan oleh robot atau aplikasi yang didukung oleh teknologi berbasis internet.


2. Jelaskan secara singkat bagaimana sejarah perkembangan Revolusi Industri 4.0?

Jawaban:

Sejarah perkembangan Revolusi Industri 4.0

Dalam perkembangannya diawali dari industri manufaktur di Inggris pada tahun 1760 sampai dengan 1840 yang menggantikan tenaga manusia kedalam tenaga mesin. 

Hal yang menandai revolusi industry generasi 4.0 ini adanya super computer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetic dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia lebih mengandalkan fungsi otak dalam bekerja. 


3. Sebutkan ciri-ciri yang membedakan revolusi industri 4.0 dengan revolusi industri sebelumnya!

Jawaban:

Menurut tulisan Kusnohadi-widyaiswara LPMP Jatim yang diunggah pada tanggal 21 Februari 2019 di website lpmpjatim.kemdikbud.go.id menyebutkan ada tiga ciri yang membedakan revolusi industry 4.0 dengan revolusi industry sebelumnya adalah:

a. Inovasi

Keberadaan dan kemajuan setiap kantor dan instansi terlihat dari intensitas anggotanya melakukan inovasi. Inovasi merupakan hasil kreatifitas seseorang dalam bentuk gagasan,sistem atau produk baru yang memberi dampak pada kemajuan terhadap organisasi atau perusahaan.

b. Otomasi

Revolusi industry 4.0 memberi dampak beberapa jenis pekerjaan akan mengalami disrupsi atau digantikan oleh tenaga mesin. Banyak perubahan dalam kehidupan manusia yang berubah seperti belanja online, transaksi e-banking, ecomerse dan lain sebagainya sudah berubah secara elektronik karena didukung oleh jaringan internet yang memadai. Semua kebutuhan hidup manusia sudah banyak berubah menggunakan otomatisasi. Sehingga era yang sekarang ini dikenal dengan era digitalisasi.

c. Transformasi

Dukungan siber internet dalam era digitalisasi ini akan mendorong transformasi informasi yang begitu cepat terjadi.

Oleh karena itu perubahan fundamental kehidupan manusia terjadi dengan cepat. Informasi yang memiliki kecepatan tinggi ini member peluang berbagai pihak untuk menciptakan layanan bisnis beralih ke elektrinik atau digital. 


4. Sebutkan dan jelaskan dampak dan tantangan revolusi Industri 4.0!

Jawaban:

Dampak dan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Dampak yang dapat dilihat dari revolusi industry antara lain adalah:

1) Dampak social, oleh karena dalam masa ini semua proses produksi menggunakan mesin berteknologi tinggi, dan menggantikan tenaga manusia dalam dunia bisnis, tentu akan berpengaruh terhadap ketersediaan lapangan kerja, banyak jenis pekerjaan yang hilang sehingga angka pengangguran menjadi tinggi.

2) Dampak politik, digitalisasi hampir disemua sector kehidupan sudah berjalan. Hampir setiap orang menggunakan smartphone untuk melakukan pemenuhan kebutuhan. Arus Informasi yang menjadi cepat diakses juga akan menjadikan masyarakat yang berwawasan global. System pendidikan yang sudah tidak relevan dengan system pendidikan sebelumnya. Angka pengangguran yang tinggi menjadi permasalahan bagi Negara untuk melakukan pembenahan diberbagai sector kehidupan.

3) Dampak Ekonomi, Beralihnya transaksi melalui online berdampak pada transaksi konvensional banyak yang tutup, namun dari segi pelaku bisnis hal ini menguntungkan karena biaya operasional yang dikeluarkan akan semakin kecil.

Beban biaya tenaga kerja dapat ditekan bahkan dapat digantikan dengan aplikasi.

Revolusi industry 4.0 yang sekarang ini tengah dihadapi siap atau tidak siap harus adalah terjadi untuk itu persiapan yang juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah meningkatkan otomatisasi, artificial intelegence, membangun komunikasi machine-to-machine, human-to-machine dan melakukannya secara berkelanjutan. 


5. Keberadaan kantor dalam era digitalisasi saat ini tetap masih dibutuhkan. Tanpa kantor kegiatan juga tidak akan terorganisir dengan baik dan efisien. Sebutkan pentingnya kantor dalam masa digitalisasi ini!

Jawaban:

Pentingnya kantor dalam masa ini tercermin dari beberapa alasan berikut:

1. Kantor sebagai ujung tombak perusahaan dalam membantu mengenalkan atau mempromosikan jenis usaha atau layanan bisnis.

2. Kantor juga member fasilitas penyimpanan dokumen dan laporan yang dibutuhkan untuk mengambil kebijakan manajemen.

3. Kantor akan membantu pemilik usaha dalam menjalankan fungsinya sebagai manajemen usaha.

4. Peningkatan ukuran bisnis yang beralih kedalam bisnis online memberikan akan diikuti oleh pekerjaan kantor dengan demikian kesempatan kerja secara luas akan tersedia.

Manajemen perkantoran yang sekarang ini akan menjawab tantangan revolusi industry 4.0 dalam fungsinya melaksanakan fungsi- fungsi manajemen langsung pada aktivitas kantor atau layanan bisnis.


6. Sebutkan dan jelaskan fungsi kantor yang diaplikasikan kedalam kegiatan layanan bisnis dalam menjawab tantangan revolusi industry 4.0!

Jawaban:

Manajemen perkantoran yang sekarang ini akan menjawab tantangan revolusi industry 4.0 dalam fungsinya melaksanakan fungsi- fungsi manajemen langsung pada aktivitas kantor atau layanan bisnis. Fungsi kantor yang diaplikasikan kedalam kegiatan layanan bisnis adalah:

1. Merancang system dan prosedur kantor.

Era digitalisasi memberikan peluang bagi fungsi kantor dalam merancang system dan prosedur yang akan digunakan dalam pelayanan kantor dan layanan bisnis. Sistem dan prosedur nantinya diwujudkan dalam bentuk petunjuk dan proses transaksi yang dapat dipelajari dan dilakaukan oleh pelanggan dan kolega. Sedangkan prosedur dalam hal ini berupa serangkaian langkah kerja untuk mewujudkan layanan pelanggan dapat terpenuhi dan dipuaskan.

2. Mengendalikan formulir kantor

Formulir digunakan dalam sebuah layanan agar terbentuk kinerja yang lebih sistematis dan cepat dari sebuah system. Formulir merupakan catatan standar yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi untuk tujuan referensi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan formulir, sebuah formulir harus dirancang dengan baik atas dasar kebutuhan organisasi. Data yang telah diperoleh nantinya akan didistribusikan pada unit/pihak yang membutuhkan. Biasanya sebelum transaksi dilakukan pelanggan akan mengisi data secara otomatis melalui akun yang dimilikinya apakah melalui email, fb, Ig atau no telepon pelanggan akan dapat melanjutkan kedalam proses layanan.

3. Mengendalikan karyawan kantor

Efisiensi kantor sangat tergantung oleh karyawan. Oleh karena itu karyawan yang dibutuhkan benar-benar karyawan yang terpilih dan kompeten dibidangnya. Untuk itu penting melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan setiap saat.

4. Menjamin ketersediaan dan keamanan Aset kantor

Munculnya kantor virtual memberikan peluang dalam melakukan pengadaan peralatan, perabot dan fasilitas kantor lainnya. Oleh karena kantor virtual dapat digunakan sewaktuwaktu sesuai kebutuhan. Sebetulnya seperti apa kantor virtual itu sehingga dapat digunakan dengan hanya membayar sewa atau menyewa alamatnya saja.

5. Melaksanakan hubungan masyarakat.

Hubungan masyarakat (public relations) merupaka hal penting dari fungsi kantor modern. Hubungan masyarakat dalam kantor modern diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai opini public, mengkomunikasikan kebijakan, tujuan dan sasaran organisasi dan mengantisipasi reaksi dari public terkait tindakan organisasi.


7. Sebutkan dan jelaska manfaat penerapan teknologi perkantoran di era digitalisasi saat ini!

Jawaban:

Era digitalisasi sekarang ini penggunaan teknologi menjadi hal wajib dibutuhkan dalam upaya mempercepatdan mempermudah pekerjaan kantor. Peralatan teknologi menjadi sarana penting untuk menjaga agar prosedur kerja di kantor bisa berjalan dengan baik sesuai tujuan.

Penggunaan teknologi akan memberikan peran dalam penyimpanan data lebih banyak dan lebih aman, rapi dan terstruktur. Data perusahaan yang tersimpan biasaanya akan berada dalam satu server. Dengan demikian keamanan data akan lebih terjamin.


Manfaat penerapan teknologi perkantoran:

a. System kantor akan berjalan lebih efektif.

Hal ini dapat dilihat dari proses layanan kantor dapat diperoleh pelanggan dengan ukuran waktu dan berbagai jenis layanan dapat dilakukan. Pelanggan dapat memilih jenis layanan yang disediakan oleh pelaku bisnis. Jika system kantor dapat berjalan dengan efektif maka binis perusahaan akan berkembang dengan pesat dan tentunya berpengaruh terhadap keuntungan yang diraihnya.

b. Akurasi dan kemanan data terjamin

Melalui teknologi, data yang dibutuhkan dapat dengan cepat kita akses. Apabila kita membutuhkan data sesuai dengan format yang kita inginkan kita dapat mudah mengirimkan link google drivenya dan data akan tersedia dengan lengkap dan tersimpan dengan baik. Hal ini berarti data yang diperoleh lebih akurat dan penyimpanan dapat dilakukan dengan aman sesuai kebutuhan.

c. Komunikasi antar unit dan bagian atau bahkan kantor cabang yang letaknya terpisah dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Jelas dengan adanya teknologi smartphone misalnya dimanapun, kapanpun setiap orang akan dapat melakukan komunikasi.

d. Pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai.

Memang dengan adanya teknologi pekerjaan kantor akan dengan mudah dan cepat selesai, namun perlu kita kaji kembali pemanfaatan teknologi haruslah sesuai kebutuhan, dan perlu prinsip kehati-hatian dan selalu cermat dalam pemilih jenis aplikasi dan menginput data, jangan sampai data berujung pada system menjadi error. Jadilah seorang user yang cermat dan smart agar pekerjaan akan cepat selesai dengan baik dan benar.

e. Penyimapanan data dapat dikelola dengan baik.

Data yang telah diinput akan tersimpan dengan aman, hal ini berarti tempat penyimpanan dan system penyimpanan secara digital sudah terbangun dengan baik. Data yang disimpan secara otomatis dalam bentuk dokumen atau folder yang dapat disimpat dalam satu server yang dapat dikelola oleh perusahaan. Bahkan kadang data yang ada pada periode tertentu akan terhapus/hilang engan sendirinya sesuai system yang mengatur. Kapanpun kita melihat atau membaca data yang sekiranya tidak dibuthkan kita dapat menghapusnya dengan mudah dan cepat.  


8. Sebutkan jenis perangkat lunak dan aplikasi dalam teknologi perkantoran yang sering digunakan!

Jawaban:

Jenis perangkat lunak dan aplikasi dalam teknologi perkantoran yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

1) Microsoft office

2) Voice Mail

3) Kalender elektronik

4) Konferensi audio

5) Vidioteks

6) Pengolah kata

7) Pengolah Angka

8) Konferensi video

9) Transmisi faximile

10) Konferensi computer

11) Surat elektronik


9. Jelaskan pengertian otomatisasi kantor!

Jawaban:

Kata otomatisasi berasal dari bahasa inggris automation yang berarti penggunaan perlatan otomatis. Sedangkan arti otomatisasi dilihat dari kamus besar bahasa Indonesia berasal dari kata otomatis yang berarti belajar dengan sendirinya.

Otomatisasi perkantoran dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknologi atau peralatan kantor secara elektronik yang dilengkapi dengan system elektirk atau aplikasi dalam pekerjaan kantor untuk mencapai efisensi, efektifitas dan produktifias kerja.


10. Sebutkan tujuan otomatisasi kantor!

Jawaban:

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa adanya teknologi mampu merubah sistem kerja konvensional menjadi system kerja berbasis elektronik.

Maka Tujuan adanya Otomatisasi kantor secara jelas terlihat sebagai berikut:

a) Menggabungkan penerapan teknologi

b) Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor

c) Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan

d) Meningkatkan komunikasi yang baik antar manajer

e) Mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat.


11. Sebutkan manfaat otomatisasi kantor!

Jawaban:

Manfaat yang dapat dilihat dari penerapan otomatisasi kantor adalah:

a) Membantu dalam menjalin relasi lebih baik oleh karena komunikasi secara langsung kapan saja, dimana-mana dapat dilakukan Meningkatkan upaya pemecahan masalah.

b) Membantu pemecahan masalah, melalui efektifitas dan efisiensi komunikasi yang dilakukan akan dapat secara cepat masalah diklarifikasi dan diselesaikan.

c) Semakin banyak dan lancarnya layanan bisnis maka perusahaan akan semakin berkembang pesat yang akhirnya berujung pada pencapaian keuntungan. 


12. Sebutkan dampak positif dan negatif otomatisasi perkantoran!

Jawaban:

Dampak positif dan negatif otomatisasi perkantoran:

a) Dampak positif

Dampak positif dalam ototmatisasi perkantoran adalah.

1) Penanganan informasi menjadi lebih mudah.

2) Kesalahan-kesalahan dapat cepat diselesaikan.

3) Bertambahnya kesempatan pekerjaan baru yang muncul.

4) Waktu kerja lebih cepat.

5) Pekerjaan menjadi lebih ringan.

6) Pelayanan perkantoran lebih luas. 


b) Dampak negatif.

Dampak negatif yang dapat timbul akibat penerapan otomatisasi perkantoran adalah.

1) Ketergantungan terhadap mesin.

Sering terjadi karyawan bekerja apabila mesin dan alatnya tersedia, namun kadangkala terjadi arus listrik mati atau mesinnya rusak maka akan langsung timbul tidak semangat untuk bekerja. Ketergantungan terhadap mesin sering juga menjadi alasan pimpinan apabila target kerja belum terpenuhi.

2) Timbulnya masalah kesehatan

Masalah kesehatan dengan adanya otomatisasi perkantoran ini antara lain penyakit yang disebabkan oleh radiasi dari monitor atau layar smarphone. Posisi kerja yang kadang tidak dperhatikan juga dapat menyebabkan badan cepat lelah bahkan berakibat kelaian tulang belakang.

3) Berkurangnya interaksi langsung dengan sesama karyawan.

Asiknya bekerja dengan mesin akan menghabiskan waktu secara kita secara tidak terbatas. Hal ini akan mengurangi waktu untuk bersosialisasi dengan sesama karyawan atau orang lain. Bahkan kadang komunikasi biasa saja cukup menggunakan smarphone.

4) Munculnya kebutuhan/ biaya lain akibat perkembangan teknologi yang selalu berubah.

Biaya lain yang kadang muncul sering terjadi seperti pembelian aplikasi, sorfware atau bahkan peralatan yang terbaru mengingat berbagai teknologi baru harus di ikuti oleh setiap pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi. Seperti halnya

Handphone yang kita miliki kadan dalam hitungan waktu generasi smartphone selalu berubah.

5) Adanya perubahan teknologi akan memberi dampak pada adaptasi teknologi baru sehingga dibutuhkan waktu untuk pelatihan terhadap system yang baru.

6) Adanya perubahan sesuai perkembangan teknologi juga menimbulkan dampak keresahan karyawan dalam hal disrupsi akan teknologi baru.

7) Kadang terjadi mesin/peralatan yang dimiliki tidak disertai perangkatnya secara lengkap sehingga mesin atau peralatan kantor terjadi penumpukan. Atau sebaliknya sudah dimiliki teknologi kantor yang canggih tetapi tenaga oprasionalnya belum siap atau software yang dibutuhkan belum ada. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 lengkap dengan Kunci Jawabannya. Soal kami olah dengan berdasarkan Buku Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal dan Rangkuman mata pelajaran Dasar Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Kelas 10 lengkap baca tautan/link berikut ini:
Soal:

Rangkuman:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close