Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas XII Bab 4 yang membahas tentang Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia.
Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Kedua kegiatan pembelajaran tersebut yaitu:
- Pertama: Organisai Regional dan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia
- Kedua: Organisasi Global dan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia

Rangkuman Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia


A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1 Organisai Regional dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia


1. Setiap negara dan bangsa tidak dapat hidup menyendiri dan menutup diri dari pengaruh luar. Ia membutuhkan kerjasama dengan bangsa dan negara lain untuk saling membantu dan melengkapi.

2. Kerjasama dalam bentuk organisasi regional dapat berupa kerjasama di bidang militer atau pertahanan dan ada juga yang bersifat ekonomi. Cakupan kerjasama yang bersifat letak suatu wilayah dikenal dengan sebutan kerjasama regional.

3. NATO (North Atlantic Treaty Organization, Pakta Pertahanan Atlantik Utara) merupakan sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan berdasarkan Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Bermarkas di Paris, Perancis. Dilatarbelakangi oleh keinginan mempertahankan dominasi Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Uni Soviet.

4. SEATO adalah organisasi yang didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara.

5. Pakta Warsawa merupakan aliansi militer negara-negara Blok Timur (Eropa Timur), yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO.

6. Organisasi Pakta Sentral (Pakta Organisasi Timur Tengah atau METO) merupakan suatu persetujuan yang ditandatangani pada Februari 1955 antara Turki dan Irak, dan terbuka bagi tiap negara anggota dari Liga Arab atau negara mana pun yang ada hubungannya dengan keamanan dan perdamaian di Timur Tengah dan yang sepenuhnya diakui oleh keduabelah.

7. ANZUS mengkoordinasikan pertahanan bersama di kawasan Pasifik, membendung pengaruh komunisme yang dianggap sebagai agresor di kawasan Asia-Pasifik terutama dari RRC dan Uni Soviet.

8. SAARC adalah suatu organisasi regional untuk mewadahi tiap-tiap negara Asia Selatan demi mewujudkan kawasan yang terintegrasi dan demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang maksimal, kesejahteraan rakyatnya, dan perdamaian di tiap-tiap negara.

9. APEC merupakan penjabaran dari forum kerja sama regional dalam bidang ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

10. MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) merupakan kerjasama regional yang anggota-anggotanya meliputi negara-negara di kawasan Eropa Barat. dengan tujuan menyelaraskan gerak kegiatan ekonomi, pengembangan yang mantap dan seimbang, stabilitas ekonomi yang lebih mantap, dan perbaikan taraf hidup masyarakat (Eropa).

11. Konsep AFTA (Asean Afree trade area) lahir untuk mempermudah dan meningkatkan pedagangan di antara negara-negara di Asia Tenggara.

12. CAFTA (Central America Free Trade Agreement= Perjanjian Pasar Bebas Amerika Tengah) CAFTA dirancang untuk mendukung kepentingan keamanan nasional AS dengan memajukan integrasi regional, perdamaian, dan stabilitas.

13. NAFTA dibentuk oleh negara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Kesepakatan untuk membentuk kawasan perdagangan bebas.

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2 Organisasi Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia


1. Cakupan kerjasama yang sifatnya mendunia atau luas dikenal dengan sebutan kerjasama global. Kerjasama dalam bentuk organisasi global dapat berupa kerjasama di bidang militer atau pertahanan dan ada juga yang bersifat ekonomi.

2. OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi) adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

3. General Agreement on Tariffs and Trade, GATT atau Perjanjian Umum Tarif dan Perdagangan adalah perjanjian multilateral yang mengatur perdagangan internasional.

4. Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization, WTO) adalah sebuah organisasi internasional yang menaungi upaya untuk meliberalisasi perdagangan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal dan Rangkuman Sejarah Kelas 12 Semua Bab silahkan baca dan pelajari:

Soal Sejarah Kelas 12:

Rangkuman Sejarah Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Kelas 12 Bab 4 Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close