Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 11 SMA/MA. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan Bab Perkembangan Musik Barat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI Bab Perkembangan Musik Barat

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat

Seni Budaya (Seni Musik) kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat meliputi tiga kegiatan pembelajaran. Ketiga kegiatan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

Bagian Pertama: Menguraikan Perkembangan Musik Barat Abad Pertengahan sampai Zaman Romantik;

Bagian Kedua: Menguraikan Perkembangan Musik Barat Zaman Peralihan, sampai Zaman Modern musik populer dan kontemporer 

Bagian Ketiga: Menampilkan beberapa lagu dan pertunjukan musik Barat

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasannya yang Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Seni Budaya (Seni Musik) Kelas XI SMA dengan sajian per kegiatan pembelajaran.

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Perkembangan Musik Barat Abad Pertengahan sampai Zaman Romantik

Secara historis musik Barat mengalami perubahan gramatik dan fungsinya dari satu periode ke periode berikutnya. Otomatis diubah bentuk, gaya, karakteristik, struktur harmoni (kalau ada), serta nilai estetis dan fungsi musik.

Sejarah musik Barat mencatat bahwa periode Abad Pertengahan dipengaruhi oleh agama politik yang ditempatkan di bawah otoritas gereja Katolik. Kebanyakan karya musik dari lagu Gregorian sampai dengan missa-missa diciptakan dan dinotasikan oleh orang biarawan. Pada masa Renaissance individualisme dan humanisme semakin muncul, walaupun tetap didominasi oleh musik fungsional di gereja (tentang musik rakyat kurang diketahui karena tidak ada dokumen)

Era Barok dipengaruhi oleh perubahan politik di Eropa, yaitu peranan kerajaankerajaan yang kemudian menjadi sponsor untuk para komponis dan musisi. Perkembangan alat musik sangat penting, terutama di Perancis di istana raja Ludwig XIV di Versailles.

Periode Klasik merupakan peralihan dari fungsi di lingkungan istana-istana kepada rakyat. Sedangkan pada zaman Romantik aspek ekspresi (emosi) individual semakin penting, antara lain oleh Pencerahan serta revolusi Perancis. 

Pada peralihan abad ke-19 sampai abad ke-20, muncul beberapa gaya yang sangat beda satu sama yang lain, misalnya aliran Impresionisme di Perancis, Ekspresionisme, “Neue Sachlichkeit”, Aliran Wina ke-II. 

Setelah Perang Dunia I dan II perubahan sosial terutama ditentukan oleh perkembangan teknologi serta sistem-sistem kenegaraan yang baru (walaupun sudah memulai pada abad ke-19). Itu menjadi faktor penting untuk perkembangan gramatik musik, menjadi multilingual “. 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Perkembangan Musik Barat Zaman Peralihan, sampai Zaman Modern Musik Populer dan Kontemporer

Musik modern adalah musik yang muncul setelah akhir masa musik klasik sampai masa sekarang ini. Beberapa kriteria musik modern antara lain menggunakan tangga nada diatonis dan menggunakan alat musik akustik dan elektronik

Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi dunia musik, pembentukan suarasuara buatan yang dilakukan oleh alat elektronik maupun komputer dengan program musiknya “teknologi komputerisasi” juga menjadi bagian dari musik modern.

Sejauh ini memang musik modern memang sulit dibatasi oleh defenisi tertentu. Musik modern dapat dikatakan sebagai suatu bentuk musik yang terus megikuti perkembangan zaman. Musik ini akan selalu disesuaikan dengan selera penggemarnya. Dengan demikian musik modern yang telah ada selalu mampu bertahan hingga saat ini.

Khusus untuk karya modern Bela Bartok (1881 - 1945) adalah komponis Hongaria yang pada tahun 1940 terpaksa emigrasi ke USA karena Fasisme rezim Nazi di Eropa. Bartok terkenal untuk memuat lagu-lagu rakyat ke dalam musiknya. Kuartet gesek No. 6 adalah karya akhir Bartok sebelum emigrasi dan mencerminkan rasa sakit hati karena harus meninggalkan tanah airnya. Karya ini memulai dengan lagu sedikit tragis yang dimainkan oleh biola alto. Kemudian bagian satu ini mencerminkan emosi Bartok yang sudah sedikit ditarik kesini kesitu. Enam kwartet gesek Bartok sangat terkenal pada awal zaman modern dengan nuansa neo-modal.

Alexander Mossolov (1900-1973) adalah komponis Rusia yang termasuk Musik Modern, aliran Futurisme. Lain daripada Futurisme di Italia, Futurisme di Rusia dianggap sebagai visi ke masa depan dengan manusia yang baru. Waktu itu banyak seniman terkesan dari bunyi-bunyian mesin (lihat Arthur Honegger: Pacific 231). Karya ini adalah imitasi bunyi-bunyian perusahan yang membuat besi, yaitu "pengecoran besi". Dan inilah juga nama karya. Yang khas juga adalah teknik ostinato sebagai unsur repetitif sebuah mesin.

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Beberapa Lagu dan Pertunjukan Musik Barat 

Musik populer merujuk kepada salah satu dari sejumlah genre musik yang "memiliki daya tarik yang luas" dan biasanya didistribusikan ke khalayak yang besar melalui industri musik.

Musik kontemporer adalah istilah dalam bahasa Indonesia untuk bidang kegiatan kreatif yang dalam konteks berbahasa Inggris paling disebut musik baru,musik kontemporer atau lebih tepatnya musik seni kontemporer. ini menjadi istilah yang paling di gemari di tahun 1990-an

Adapun ciri-ciri musik komtemporer adalah

• dinamik dan temponya bervariasi

• bervariasi dalam tangga nada

• jenis birama tidak terpaku

• bunyi berasal dari berbagai sumber

• warna musik bisa sejenis atau beragam jenis

• notasi musik hanya bisa dimengerti oleh pemusik

• memiliki improvisasi yang variatif sesuai dengan ide pemusiknya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 11 Bab Perkembangan Musik Barat"

Memuat...