Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPKn Kelas 8 Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com

Soal PPKn Kelas 8 Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang TEKS lengkap dengan kunci jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal PPKn Kelas VIII Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat

Soal PPKn Kelas VIII Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat

Rangkuman PPKn Kelas 8 Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat

Sebelum masuk ke contoh soal, alangkah baiknya Anda baca rangkuman PPKn Teks berikut ini:
Di semua tempat, lembaga atau instansi, pasti ada aturan yang berlaku dan harus dipatuhi oleh siapapun yang berada di tempat itu. Aturan ada dalam kehidupan manusia, untuk dipatuhi. Contoh aturan adalah dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Keluarga adalah lingkungan pertama kali menusia mengenal turan. Sedangkan masyarakat merupakan tempat manusia bersosialiisasi di luar keluarga.

Dalam keluarga pasti memiliki aturan yang harus dilaksanakan atau dikerjakan. Meskipun aturan tersebut tidak tertulis, tetapi wajib kita lakukan. Aturan dalam keluarga dibuat agar tercipta hidup yang disiplin dan menghindari dari sifat iri dengki terhadap anggota keluarga lainnya. Aturan dalam keluarga biasanya berupa pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan menurut kesepakatan bersama.

Selain keluarga, di masyarakat juga harus ada aturan. Supaya orang tidak seenaknya bertingkah laku agar tercipta lingkungan yang tentram dan damai. Aturan dalam masyarakat biasanya dibuat sesuai dengan kesepakatan. Aturan dibuat untuk kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi atau golongan. Di masyarakat biasanya ada aturan tertulis dan tidak tertulis.

Soal Essay PPKn Kelas 8 Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Dalam kehidupan keluarga, supaya tidak terjadi pertengkaran dalam pembagian tugas di rumah, apakah yang harus dilakukan, coba diskusikan dengan melihat berbagai sumber ?

Jawaban:
- Diadakan musyawarah keluarga
- Pembagian tugas dalam keluarga
- Membuat komitmen keluarga

2. Aturan dalam kehidupan di masyarakat wajib dipatuhi demi kepentingan bersama, jika ada yang melanggar aturan tersebut, bagaimana sikap Ananda sebagai anggota masyarakat?

Jawaban:
- Mengingatkan
- Melaporkan pada petugas yang berwenang

3. Aturan sangat penting untuk mengatur berbagai pergauan di masyarakat. Coba Ananda sebutkan 2 aturan yang berlaku secara Nasional di sekitar tempat tinggal.

Jawaban:
- Aturan Pajak
- Aturan Kendaraan Bermotor

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 pembahasan tentang Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat lengkap dengan kunci jawabannya yang kami rujuk dari Modul PJJ PPKn kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar!

Posting Komentar untuk "Soal PPKn Kelas 8 Menelaah Peraturan yang berlaku di lingkungan Keluarga dan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com"

close