Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat ~ sekolahmuonline.com.

Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 SMP/MTs lengkap dengan Kunci Jawabannya. Kali ini kita akan mempelajari Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat yang sekaligus digabung dengan soal isian.
Soal Essay IPS Kelas VII Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat ~ sekolahmuonline.com


Perlu diketahui bahwa IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran. Ketiganya adalah sebagai berikut ini:
- Pembelajaran 1: Pengertian, Syarat, dan Ciri Interaksi Sosial
- Pembelajaran 2: Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
- Pembelajaran 3: Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Nah, berikut ini Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay IPS Kelas VII Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian interaksi sosial!

Jawaban:
Interaksi sosial ialah hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia 

2. Sebutkan dan jelaskan 2 syarat terjadinya interaksi sosial!

Jawaban:
Dua syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi

3. Sebutkan 4 faktor yang dapat mempengaruhi proses terjadinya interaksi sosial pada diri seseorang!

Jawaban:
Empat faktor yang dapat mempengaruhi interaksi sosial pada diri seseorang yaitu imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati

4. Sebutkan 4 ciri suatu tindakan dapat dikatakan sebagai interaksi sosial!

Jawaban:
Empat ciri tindakan dikatakan sebagai interaksi sosial ialah:
(1)jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih,
(2)berlangsung secara timbal balik, 
(3)adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati, 
(4)adanya suatu tujuan tertentu

5. Jelaskan 1 alasan mengapa interaksi sosial memerlukan aturan!

Jawaban:
Alasan mengapa interaksi sosial memerlukan aturan, antara lain agar terpenuhi kebutuhan/tujuan dari interaksi tersebut, terciptanya hubungan yang harmonis di masyarakat

Soal Isian IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat


1. Proses interaksi sosial yang mengarah kepada kesatuan pandangan sehingga melahirkan persatuan yang erat dan tercapainya tujuan bersama, merupakan pengertian … (Jawaban: Pengertian bentuk interaksi sosial asosiatif)

2. Dua contoh bentuk kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah ialah … (Jawaban: Pengertian bentuk interaksi sosial disosiatif)

3. Proses meredakan pertentangan dari kedua belah pihak yang bertikai tanpa menghancurkan pihak lawan, merupakan pengertian … (Jawaban: Contoh interaksi sosial asosiatif)

4. Proses terjadinya interaksi sosial oleh seseorang atau sekelompok orang namun mengarah ke perpecahan sehingga merenggangkan solidaritas, ialah pengertian dari … (Jawaban: Contoh interaksi sosial disosiatif)

5. Dua contoh kompetisi (persaingan) kelompok yang dapat terjadi di lingkungan sekolah ialah … .(Jawaban: Tindakan yang harus dihindari untuk menciptakan interaksi yang baik)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat. Soal kami rujuk dari Modul PJJ IPS Kelas VII SMP. Selamat belajar, semoga memudahkan Anda semuanya dalam belajar sendiri di rumah. Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 7 Bab 3 Senangnya Berinteraksi Sosial di Masyarakat ~ sekolahmuonline.com."

close