Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 5 yang membahas tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw..
Rangkuman SKI Kelas IV MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 4 SD/MI Bab 5 atau Pelajaran 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. mencakup empat pembahasan, yaitu:
A. Latar Belakang Isra' Mi'raj
B. Peristiwa Penting dalam Isra' Mi'raj
C. Perintah Shalat Lima Waktu
D. Hikmah Peristiwa Isra' Mi'raj

Berikut ini rangkuman dari dua Buku SKI Kelas 4, silahkan dipilih salah satunya. Atau boleh juga dikombinasikan sehingga sama-sama bermanfaat keduanya.

Rangkuman SKI Kelas IV MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

A. Rangkuman Buku 1: SKI Kelas 4 MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

1. Peristiwa Isra Mikraj dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya hambatan dan gangguan yang dialami Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan agama Islam di kota Makkah. Kaum kafir Quraisy bertambah ancamannya kepada Rasulullah Saw. ketika istri dan paman beliau, Khadijah dan Abu Thalib meninggal dunia.

2. Isra Mikraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw. di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu naik ke langit sampai Sidratul Muntaha.

3. Dalam peristiwa Isra Mikraj, umat Islam mendapat perintah sholat fardu lima kali
sehari semalam.

4. Kejadian-kejadian dalam peristiwa Isra Mikraj
a. Nabi Muhammad saw diperlihatkan wajah-wajah malaikat penjaga neraka.
Wajahnya menakutkan dan tidak pernah tersenyum.
b. Nabi Muhammad Saw. diperlihatkan orang yang membawa daging yang baik dan disebelahnya ada daging yang busuk. Daging yang baik itu dibuang dan daging
yang busuk itu diambilnya. Peristiwa ini menggambkan orang yang suka berbuat
zina.
c. Nabi Muhammad Saw.
diperlihatkan orang yang memotong lidahnya sendiri. Gambaran orang yang suka berbohong dan selalu memperbincangkan keburukan orang lain.
d. Nabi Muhammad Saw. diperlihatkan orang yang memiliki perut yang sangat besar. Peristiwa ini menggambarkan orang ketika hidup di dunia selalu memakan riba.

5. Orang yang pertama kali membenarkan peristiwa Isra Mikraj adalah Abu Bakar. Sehingga beliau bergelar ash-shiddiq yang artinya membenarkan.

6. Kaum kafir Quraisy tidak mempercayai bahwa Nabi Muhammad Saw. mengalami 
peristiwa Isra Mikraj. Bahkan mereka menuduh Rasulullah Saw. menyebarkan berita bohong

B. Rangkuman Buku 2: SKI Kelas 4 MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

1. Isra’ Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw dari Masjidil haram di kota Mekah sampai ke masjidil Aqsha di Yerusalem pada malam hari, kemudian dilanjutkan lagi sampai ke langit ke tujuh ( sidratul muntaha ). 

2. Nabi Muhammad Saw. tanpa perantara malaikat jibril, yaitu ketika Nabi dimi’rajkan ke sidratul muntaha. 

3. Pada awalnya perintah salat dalam sehari semalam adalah 50 kali, kemudian nabi Muhammad memohon keringanan kepada Allah Swt. Akhirnya kewajiban salat menjadi 5 waktu

4. Ilmu berharga yang diterima Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa Isra’ Mi’raj adalah tentang Islam, Hijrah, Jihad, sedekah, Puasa Ramadhan, Amar ma’ruf 
nahyi mungkar dan ibadah salat.

5. Hikmah yang dapat dijadikan pelajaran dan nasihat dalam kehidupan sehari-hari dari peristiwa isra’ mi’rajnya Nabi Muhammad Saw :
a. Allah Swt Maha berkehendak atas segala sesuatu, 
b. Kita wajib taat kepada Allah dan Rasul Nya. dan dibuktikan dengan ibadah, dan ibadah yang utama dalam Islam adalah menegakkan salat. 
c. Kita harus mencintai dan bangga kepada nabi Muhammad Saw, karena bukan hanya Nabinya umat islam, tetapi beliau juga pemimpin umat seluruh dunia. 
d. Isra’nya nabi yang dimulai dari kota Mekah menuju Yerusalem membuktikan bahwa Nabi dicintai oleh bangsa yang bukan orang Arab saja, tapi juga sampai di luar Arab
e. Yerusalem pada waktu itu merupakan pusat kekuasaan Yahudi dan jajahan Romawi Nasrani, tetapi tetap menerima dan menghormati Nabi Muhammad Saw

6. Besarnya Islam bukan karena kekuasaan, akan tetapi karena dakwah yang disampaikan secara tegas, tapi penuh kelembutan, kasih sayang dan suri 
tauladan.

7. Nabi Muhammad Saw. ketika berdakwah selalu memberi contoh yang baik, membangun kepribadian umat, tegas dalam hal aqidah, dan penuh kasih sayang pada semua umat, walaupun bukan Umat Islam.

8. Setelah menjadi rasul, Nabi semakin keras berdakwah.

9. Allah Swt. yang maha mengetahui dan maha bijaksana menolong dan menghibur nabi dari kesedihan, kerisauan, dan kekhawatiran gagalnya dakwah islam dengan meng Isra’ Mi’rajkan Nabi Muhammad Saw. sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya dalam Al-Qu’ran Surah AlIsra ayat 1.

10. Beberapa peristiwa penting dalam perjalanan Isra’ Mi’raj agar menjadi peringatan bagi manusia adalah sebagai berikut:
a. Gambaran dosa dan hukuman bagi orang yang berzina.
b. Gambaran dosa dan hukuman bagi orang yang suka makan riba. 
c. Gambaran dosa dan hukuman bagi orang yang suka berdusta dan membicarakan keburukan orang lain.
d. Kemudian nabi juga diperlihatkan gambaran wajah-wajah para malaikat penjaga neraka. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 5 tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.. Semoga bermanfaat, dapat membantu anak-anak dan orang tua/wali murid dalam mencari Rangkuman SKI Kelas 4 di internet. Selamat dan semangat belajar.

Lengkap soal dan rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 4 semua Bab berserta kunci jawabannya silakan buka link/tautan berjudul di bawah ini (tinggal klik judulnya saja sesuai kebutuhan Anda):
Soal SKI Kelas 4 semua Bab:
Rangkuman SKI Kelas 4 semua Bab:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 4 MI Bab 5 Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. ~ sekolahmuonline.com"

close