Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal PTS/UTS SKI Kelas 12 MA Semester 2

Contoh Soal PTS/UTS SKI Kelas 12 MA Semester 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Soal-soal PTS/UTS ini membahas dua bab yaitu Bab V yang membahas tentang Sejarah Perkembangan Islam di Asia Tenggara dan bab VI yang membahas tentang Perkembangan Islam di Afrika, Amerika, Eropa dan Australia.
Contoh Soal PTS/UTS SKI Kelas 12 MA Semester Genap


Contoh Soal PTS/UTS SKI Kelas 12 MA Semester 2


I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e!


1. Nama lain dari Thailand adalah...
a. Muangthai
b. Siak
c. Saum
d. Negeri Tirai Bambu
e. Negeri Paman Sam

Jawaban: a. Muangthai

Pembahasan:
Thailand biasa disebut juga Muangthai, atau Muangthai Risabdah, atau Siam, atau negeri Gajah Putih, terletak di sebelah utara Malaysia, dan sering dilukiskan sebagai bunga yang mekar di atas sebuah tangkai. Thailand berarti negeri yang merdeka, karena memang merupakan satu-satunya negeri di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuasaan Barat atau negara lain.

2. Islam masuk ke Thailand pada abad ke...
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
e. 19

Jawaban: e. 19

Pembahasan:
Islam masuk ke Thailand sejak pertengahan abad ke-19. Proses masuknya Islam di Thailand dimulai sejak kerajaan Siam mengakuisi kerajaan Pattani Raya (atau lebih dikenal oleh penduduk muslim Thai sebagai Pattani Darussalam). 

3. Jumlah penduduk muslim di Thailand adalah... dari total jumlah penduduk.
a. 10%
b. 20%
c. 30%
d. 40%
e. 50%

Jawaban: a. 10%

Pembahasan:
Di Thailand, negeri yang mayoritasnya beragama Budha, terdapat lebih dari 10% penduduk muslim dari seluruh populasi penduduk Thailand yang berjumlah kurang lebih 67 juta orang. Penduduk muslim Thailand sebagian besar berdomisili di bagian selatan Thailand, seperti di Propinsi Pha Nga, Songkhla, Narathiwat, dan sekitarnya yang dalam sejarahnya adalah bagian dari Daulah Islamiyah Pattani.

4. Kerajaan Islam di Thailand adalah Daulah Islamiyah Pattani. Pattani berasal dari bahasa...
a. Melayu
b. Arab 
c. Rusia 
d. Persia 
e. China 

Jawaban: b. Arab

Pattani berasal dari kata Al-Fattani yang berarti kebijaksanaan atau cerdik karena di tempat itulah banyak lahir ulama dan cendekiawan muslim terkenal. 

5. Etnis yang menjadi mayoritas penduduk beragama Islam di Filipina adalah...
a. Melayu
b. Jawa
c. Moro
d. Tionghoa
e. Mindanao 

Jawaban: e. Mindanao

6. Para juru dakwah di Filipina disebut dengan...
a. Guru 
b. Ustadzah
c. Tuanku 
d. Makhdumin 
e. Habib 

Jawaban: d. Makhdumin

7. Menurut Azyumardi Azra, Islam masuk ke Malaysia pada abad ke...
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 9

Jawaban: e. 9

Pembahasan:
Sejarah masuknya Islam di Malaysia tidak terlepas dari peran kerajaan-kerajaan Melayu jauh sebelum datangnya Inggris di kawasan tersebut. Sebab, kerajaan-kerajaan di Malaysia dalam sejarahnya dikenal sebagai Kerajaan Islam, dan oleh pedagang Gujarat, keberadaan kerajaan tersebut dimanfaatkan untuk mendakwahkan Islam ke Malaysia pada sekitar abad kesembilan. 

Dari sini dapat dipahami bahwa Islam sampai ke Malaysia lebih belakangan ketimbang sampainya Islam di Indonesia yang sudah terlebih dahulu pada abad ketujuh. Berdasarkan keterangan ini pula, maka asal usul masuknya Islam ke Malaysia, sebagaimana dikemukakan Azyumardi Azra, datang dari India, yakni Gujarat dan Malabar. Sejak sebelum Islam datang ke wilayah Asia Tenggara, Malaysia berada di jalur perdagangan dunia yang menghubungkan kawasan-kawasan Arab dan India dengan wilayah China, dan dijadikan tempat persinggahan sekaligus pusat perdagangan yang amat penting. Maka tidak heran jika wilayah ini juga menjadi pusat bertemunya berbagai keyakinan dan agama (a cross-roads of religion) yang berinteraksi secara kompleks. 

8. Yang memainkan peran penting dalam dakwah Islam di Malaysia adalah...
a. Pedagang
b. Guru 
c. Muballigh
d. Penjajah
e. Orang Indonesia

Jawaban: a. Pedagang (Gujarat)

9. Islam masuk ke Brunai Darussalam diperkirakan pada tahun...
a. 975
b. 976
c. 977
d. 978
e. 999

Jawaban: 

10. Islam menjadi agama resmi negara Brunai Darussalam sejak pemerintahan dipimpin oleh...
a. Sultan Syarif Ali
b. Sultan Hasanal Bolkiah
c. Sultan Trenggono
d. Raja Awang Alak Betatar
e. Sultan Hasan

Jawaban: b. Sultan Hasanal Bolkiah

Pembahasan:
Brunai merdeka sebagai negara Islam di bawah pimpinan sultan ke-29, yaitu Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzuddin wad Daulah. Panggilan resmi kenegaraan sultan adalah Yang Maha Mulia Paduka Sri Baginda. Gelar Mu’izzuddin wad Daulah (penata agama dan negara) menunjukkan ciri keislaman yang selalu melekat pada setiap raja yang memerintah. 

11. Negara di Afrika tempat pertama Nabi berhijrah adalah...
a. Nigeria
b. Afrika Selatan
c. Habasyah (Ethiopia)
d. Azerbaijan
e. Tunisia 

Jawaban: c. Habasyah (Ethiopia)

Pembahasan:
Pada tahun ke-5 dari kenabian, Rasulullah SAW memerintahkan beberapa orang sahabatnya (berjumlah 15 orang: 11 laki-laki dan 4 wanita) untuk berhijrah ke Habasyah (Ethiopia). Hijrah ini dipimpin oleh Usman bin Maz’un yang bertujuan untuk menghindari penyiksaan-penyiksaan dan menyelamatkan diri dari kaum kafir Quraisy serta mendakwahkan agama Islam. Selain itu, pada sekitar tahun ke-6 Hijrah, Nabi SAW mengutus sahabatnya Hatib bin Abi Balta’ah untuk menyampaikan surat dakwah (seruan masuk Islam) kepada Muqauqis (penguasa Mesir, Gubernur Romawi Timur). Islam akhirnya mulai menyebar ke negara-negara Afrika Utara serta terjadi proses Islamisasi. Hal ini terjadi sekitar abad 7 – 8 M. 

12. Masjid pertama di Cape Town adalah...
a. Masjid Auwal
b. Masjid Istiqlal
c. Masjid Agung Cape Town
d. Masjid al-Azhar
e. Masjid Kuba

Jawaban: a. Masjid Auwal

Pembahasan:
Faktor Islamisasi di Afrika Timur tampak jelas dengan kedatangan dan ekspansi Islam ke Afrika Selatan, antara lain dilakukan oleh para budak Melayu yang dibawa oleh orang-orang Eropa ke wilayah itu. Setelah dibebaskan dari Pulau Robben, tak jauh dari Cape Town, pada tahun 1793, Imam Abdullah membuat petisi pertamanya untuk pembangunan masjid. Saat itu, petisi tersebut sempat mendapat penolakan meski akhirnya memperoleh izin dari Pemerintah Hindia Belanda untuk mendirikan masjid.

Ia pun menulis sebuah buku tentang yurisprudensi Islam pada 1781 dalam bahasa Melayu dan Arab. Judul buku itu adalah Ma’rifa al-Islam wa al-Iman. Buku ini memberi pengaruh sosial dan keagamaan yang besar di kalangan komunitas Muslim di Cape Town. Pada 1793, Imam Abdullah membangun sekolah Muslim pertama. Lokasinya di Dorp Street, Bokaap, yang akhirnya menjadi bagian dari Masjid Auwal, masjid pertama di Cape Town. Pada 1825, sekolah ini memiliki 491 siswa, sebagian besar dari kalangan budak negro. Di kemudian hari, sekolah inilah yang melahirkan orang-orang Afrika Arab yang memahami bahasa Arab. Setelah Imam Abdullah wafat, kepemimpinan sekolah ini dilanjutkan oleh Imam Achmat van Bengalen. 

13. Ulama Indonesia yang berdakwah di Afrika adalah... 
a. Syaikh Yusuf al-Palimbani
b. Syaikh Yusuf al-Makassari
c. Syaikh Muhammad Muaz
d. Mohammadoun
e. KH. Abdurrahman Wahid

Jawaban: b. Syaikh Yusuf al-Makassari

14. Mesir menjadi negara dengan populasi penduduk muslim terbesar ke... 
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 9

Jawaban: C. 7

Pembahasan:
Umat Islam di negeri Mesiri adalah mayoritas. Dengan jumlah penduduk sebanyak 58,630,000 orang menjadikan negara ini menjadi negara dengan populasi muslim terbesar ke-7 di dunia. Mesir adalah negara yang besar jasanya bagi kemajuan umat Islam di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan. Hal ini ditandai dengan didirikannya berbagai perguruan tinggi, dan yang tertua adalah Universitas al-Azhar di Kairo yang didirikan oleh Jauhar al-Khatib as-Saqili pada tanggal 7 Ramadhan 361 H (22 Juni 972 M)

15. Lembaga yang mendidik calon ulama di Tunisia adalah...
a. Universitas al-Azhar
b. Universtas Ummul Quro
c. Universitas Ibnu Khaldun
d. Jam’iyah Zaitunah
e. Universitas Tunisia

Jawaban: d. Jam’iyah Zaitunah

Pembahasan:
Tunisia terletak di Afrika Utara, bentuk pemerintahannya adalah Republik, adapun ibu kotanya adalah Tunis (dulu bernama Tarsyisy). Penduduknya mayoritas beragama Islam yakni sebanyak 99,4 %. Tunisia diperintah oleh penguasa-penguasa Islam. Pada tahun 1881, Muhammad Sadiq, raja dari kerajaan Husainiyah, menyerah pada Perancis. Sejak itu, Tunisia menjadi jajahan Perancis hingga memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1956 M. Tunisia mempunyai peranan besar dalam sejarah perkembangan Islam. Melalui lembaga pendidikan Jam’iyah Zaitunah, yang kemudian berubah menjadi Institut Ilmu-Ilmu Islam, kader-kader ulama dididik dan dilatih agar menjadi ulama besar. Lembaga pendidikan tersebut berada dalam pengarahan dan pemerintahan Tunisia. 

16. Islam pertama kali masuk ke Benua Amerika pada abad...
a. ke 12
b. ke 13
c. ke 14
d. ke 15
e. ke 16

Jawaban: e. ke 16

Pembahasan:
Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sejak sekitar abad ke 16, di mana Estevánico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Walau begitu, kebanyakan para peneliti dalam mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19. Migrasi Muslim ke AS ini berlangsung dalam periode yang berbeda, yang sering disebut “gelombang”, sekalipun para ahli tidak selalu sepakat dengan apa yang menyebabkan gelombang ini. 

17. Imigran muslim pertama di Amerika bernama...
a. Estevanico
b. Gloria Estevan
c. Elijah Muhammad
d. Muhammad Ali
e. Barrack Hosen Obama 

Jawaban: a. Estevanico

18. CAIR adalah organisasi Islam yang mengelola kepentingan Islam di Amerika. CAIR singkatan dari...
a. Council on Afro-American Islamic Relation
b. Council on American-Islamic Relations
c. Coordination beteween American and Islamic Relations
d. Cooordination on American-Islamic Relation
e. Consolidation on American-Islamic Relation

Jawaban: b. Council on American-Islamic Relations

Council on American-Islamic Relations (CAIR) [atau Dewan Hubungan Islam-Amerika], adalah organisasi Islam paling besar yang mengakomodasi kepentingan Muslim di AS. 

19. Jumlah penduduk muslim di Perancis adalah... dari total jumlah penduduk di Perancis.
a. 6%
b. 7%
c. 8%
d. 9%
e. 9%

Jawaban: b. 7%

20. Hungaria jatuh ke tangan Turki Usmani pada abad...
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
e. 17

Jawaban: d

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PTS/UTS SKI Kelas 12 MA Semester 2"

Memuat...
close