Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab Perdagangan Internasional

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 9 Perdagangan Internasional. Berikut ini adalah Rangkuman mata pelajaran Ekonomi Kelas XI Bab Perdagangan Internasional. Pada Bab ini membahas dua kegiatan pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran 1 Konsep Perdagangan Internasional dan Kegiatan Pembelajaran 2 Kebijakan Perdagangan dan Neraca Pembayaran. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman Ekonomi Kelas XI Bab Perdagangan Internasional


Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab Perdagangan Internasional

Kegiatan Pembelajaran 1 Konsep Perdagangan Internasional

1. Perdagangan Internasional adalah kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa antarnegara (internasional). 

2. Teori perdagangan internasional adalah teori yang menjelaskan tentang arah dan komposisi terhadap perdagangan antar negara serta bagaimana efeknya tersebut terhadap perekonomian suatu negara, yang terdiri dari Teori dari kaum Merkantilis dan dari kaum Klasik.

3. Faktor Pendorong Perdagangan Internasional: kebutuhan Negara dan Masyarakat, perbedaan sumber daya alam, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan pendapatan Negara, perluasan target pasar, perbedaan iklim, perbedaan selera, transportasi antar Negara, mencari dukungan Luar Negeri

4. Faktor Penghambat Perdagangan Internasional: keamanan suatu Negara, kebijakan Perdagangan Internasional dari Pemerintah, rendahnya Sumber Daya Alam, pembatasan impor dan penetapan tarif, peraturan politik Anti-dumping, Perbedaan mata uang antar Negara, kurs mata uang tidak stabil, proses pembayaran sulit dengan, peperangan.

5. Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut: menjalin persahabatan antar Negara, memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri, memperoleh keuntungan dari spesialisasi, memperluas pasar dan menambah keuntungan, transfer teknologi modern

6. Keuntungan Perdagangan Internasional: penghematan biaya produksi, memenuhi kebutuhan di dalam negeri, kerjasama antar negara, meningkatkan sumber penerimaan negara, memperluas lapangan pekerjaan

7. Kerugian Perdagangan Internasional: ketidakmampuan beradaptasi di pasar global menyebabkan perekonomian negara terpuruk, produksi dalam negeri yang tidak mampu bersaing dengan barang impor akan ditinggalkan konsumen

8. Devisa adalah alat yang dapat digunakan untuk pembayaran dalam lingkup internasional. Devisa dapat berupa valuta asing, emas atau surat berharga yang dapat digunakan sebagai pembayaran internasional.

9. Kurs Valuta Asing adalah perbandingan nilai mata uang asing yang dinyatakan dengan nilai mata uang dalam negeri.


Kegiatan Pembelajaran 2 Kebijakan Perdagangan dan Neraca Pembayaran

1. Kebijakan Perdagangan Internasional adalah kebijakan yang dilakukan suatu negara yang berupa tindakan ataupun peraturan yang mempengaruhi baik langsung ataupun tidak langsung terhadap struktur, komposisi dan arah perdagangan internasional dari ke negara.

2. Kebijakan perdagangan internasional tersebut dapat berupa: kebijakan perdagangan bebas, kebijakan perdagangan proteksi.

3. Bentuk Kebijakan Proteksi dapat dilakukan melalui: tarif dan bea masuk, pelarangan impor, kuota, subsidi, dumping

4. Neraca Pembayaran (Balance of Payment) adalah suatu daftar yang disusun secara sistematis yang dipergunakan untuk membukukan semua transaksi ekonomi yang dilakukan penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam waktu satu tahun.

5. Susunan Neraca Pembayaran

a. Neraca Perdagangan

b. Neraca Jasa

c. Neraca Hasil-Hasil Modal

d. Neraca Lalu-lintas Modal

e. Neraca Lalu-lintas Moneter

6. Transaksi Debit adalah transaksi yang menimbulkan kewajiban untuk melakukan pembayaran ke luar negeri (menunjukkan mengalirnya uang dari dalam negeri ke luar negeri). 

7. Transaksi Kredit adalah transaksi yang menimbulkan hak untuk menerima pembayaran dari luar negeri (menunjukkan mengalirnya uang dari luar negeri ke dalam negeri).

8. Neraca Pembayaran Surplus/aktif: jumlah penerimaan > jumlah pembayaran

9. Neraca Pembayaran Defisit/pasif: jumlah penerimaan < jumlah pembayaran

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab Perdagangan Internasional"

close