Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 6 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (PPKn Kelas IX SMP/MTs)

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 6 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (PPKn Kelas IX SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda semuanya, khususnya adik-adik yang kini naik kelas IX SMP/MTs, Rangkuman mata pelajaran PPKn.
Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 6 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)



Rangkuman PPKn kelas 9 berikut ini adalah ringkasan pembahasan materi kurikulum 2013 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bab 6 tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selamat membaca dan selamat mempelajarinya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Sharing is caring. Cukup tekan share tombol sosial media yang ada di sini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya.

Baca juga:

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 6 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)



a. Komitmen terhadap keutuhan nasional diwujudkan melalui perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan penjajahan, perjuangan melawan pemberontakan, serta perjuangan untuk mengatasi berbagai ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

b. Bangsa Indonesia telah membutikan bersatu padu dalam menghadapi keinginan Belanda menguasai Indonesia kembali. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan keinginan ini dilakukan melalui perjuangan secara fisik dan diplomasi. Pada akhirnya bangsa Indonesia mampu mempertahankan NKRI yang diproklamasikan 17 Agustus 1945 dari ancaman ini.

c. Upaya mempertahankan kemerdekaan mengalami ujian kembali saat berbagai pemberontakan dari dalam negeri. Pemberontakan ini memiliki berbagi latar belakang, namun memiliki persamaan yaitu mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Ancaman ini pun mampu diatasi oleh bangsa Indonesia dengan kekuatan TNI yang didukung oleh semangat persataun dan kesatuan bangsa Indonesia.

d. Ancaman terhadap keutuhan NKRI pada saat ini masih ada, baik berupa ancaman militer maupun nonmiliter. Kita perlu terus 
meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman tersebut agar keutuhan NKRI tetap terjaga. Kewaspadaan terhadap ancaman di berbagai bidang, seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

e. Semangat kebangsaan merupakan daya dorong dan motivasi yang berperan kuat dalam tahap perjuangan mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dengan pembangunan segala bidang. Semangat kebangsaan tersebut diwujudkan melalui perilaku yang mencerminkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

f. Sebagai penerus bangsa hendaknya lebih menjaga dan mencintai negara kita. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti meningkatkan kebanggaan dan rasa memiliki bangsa Indonesia dalam diri setiap warga negara, membangun saling pengertian dan pengahargaan antarsesama warga yang memiliki latar belakang kepentingan yang berbeda dan etnik yang berbeda, para pemimpin negara sebaiknya menjalankan roda pemerintahan secara efektif dan efisien, dan memperkuat unsur-unsur yang menjadi alat pertahanan negara, seperti TNI 

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 6 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (PPKn Kelas IX SMP/MTs)"

Memuat...