Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah (Kemuhammadiyahan Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Muhammadiyah)

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah (Kemuhammadiyahan Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Muhammadiyah). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal Essay Kemuhammadiyahan Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Muhammadiyah Lengkap dengan Jawaban atau Pembahasannya.

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah dan Jawabannya

Soal-soal berikut ini membahas tentang Bab Kaderisasi Muhammadiyah. Bagi Anda yang ingin membaca Contoh Soal Pilihan Ganda Bab Kaderisasi Muhammadiyah Lengkap dengan Jawabannya, silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Contoh Soal Pilihan Ganda Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah dan Jawabannya

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah


Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian kader dan kaderisasi!


Jawaban:

Pengertian Kader

Kader (Perancis: cadre ) atau les cadres maksudnya adalah anggota inti yang menjadi bagian terpilih, dalam lingkup dan lingkungan pimpinan serta mendampingi di sekitar kepemimpinan. Kader bisa berarti pula sebagai jantung suatu organisasi. Jika kader dalam suatu kepemimpinan lemah,maka seluruh kekuatan kepemimpinan juga akan lemah. Kader berarti pula pasukan inti. Daya juang pasukan inti ini sangat tergantung dari nilai kadernya yang berkualitas, berwawasan, militan, dan penuh semangat.

Dalam pengertian lain, kader (Latin: quadrum), berarti empat persegi panjang atau kerangka. Dengan demikian kader dapat didefinisikan sebagai kelompok manusia yang terbaik karena terpilih, yaitu merupakan tulang punggung (kerangka) dari kelompok yang labih besar dan terorganisasi secara permanen.

Pengertian Kaderisasi

Kaderisasi menarut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti proses melahirkan kader.

Kaderisasi merupakan usaha pembentukan seorang kader secara terstruktur dalam organisasi yang biasanya mengikuti ketentuan tertentu. Dengan demikian kaderisasi adalah suatu proses kegiatan, sedangkan kader adalah sosok individu atau kolektif yang menjadi tulang punggung organisasi sebagai upaya melahirkan kader

2. Jelaskan tujuan pelaksanaan perkaderan Muhammadiyah!

Jawaban:
Tujuan perkaderan Muhammadiyah adalah membentuk kader Muhammadiyah yang memiliki ruh (spirit) serta mempunyai integritas dan kompetensi untuk berperan di Persyarikatan, dalam kehidupan umat dan dinamika bangsa serta konteks global

3. Sebutkan empat pilar perkaderan Muhammadiyah!

Jawaban:
Empat pilar perkaderan Muhammadiyah:
- Keluarga
- Amal Usaha
- Organisasi otonom
- Program khusus MPK

4. Sebutkan tiga kompetensi yang harus dimiliki setiap kader Muhammadiyah!

Jawaban:
Tiga kompetensi yang harus dimiliki setiap kader Muhammadiyah:
- Kompetensi keberagamaan
- Kompetensi akademis dan intelektual
- Kompetensi sosial kemanusiaan

5. Jelaskan arah yang dituju dari kaderisasi Muhammadiyah!

Jawaban:
Perkaderan pada hakekatnya merupakan pembinaan personel anggota dan pimpinan secara terprogram dengan tujuan tertentu bagi Persyarikatan. Dalam Muhammadiyah perkaderan dititikberatkan pada pembinaan idiologi; pembinaan kepemimpinan; membangun kekuatan dan kualitas pelaku gerakan, idiologi gerakan dan mengoptimalkan sistem kaderisasi yang menyeluruh dan berorientasi ke masa depan. 

Dengan demikian, perkaderan Muhammadiyah menjadi upaya penanaman nilai, sikap dan cara berpikir, serta peningkatan kompetensi dan integritas terutama dalam aspek idiologi, kualitas kepemimpinan, ilmu pengetahuan dan wawasan bagi segenap pipmpinan, kader dan anggota/warga Muhammadiyah.

Pembahsan lengkap soal-soal di atas dapat Anda baca postingan berjudul:

Posting Komentar untuk "Soal Kemuhammadiyahan Kelas 12 Bab Kaderisasi Muhammadiyah (Kemuhammadiyahan Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Muhammadiyah)"

Memuat...