Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa (PPKn Kelas IX SMP/MTs)

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa (PPKn Kelas IX SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan kembali untuk Anda semuanya, khususnya adik-adik yang kini masih duduk di kelas IX SMP/MTs, Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
Rangkuman PPKn Kelas 9 SMP/MTs Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa


Rangkuman PPKn berikut ini adalah ringkasan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kurikulum 2013 Bab yang pertama. Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 1 membahas tentang Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa.

Selamat membaca dan selamat mempelajarinya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Sharing is caring. Berbagi itu peduli. Berbagi itu menyenangkan.

Para pembaca Sekolahmuonline, perlu Anda ketahui semua bahwa pembahasan PPKn Bab I meliputi pembahasan tentang:

A. Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa
1. Periode Orde Lama
2. Periode Orde Baru
3. Periode Reformasi

B. Nilai-nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman
1. Hakikat Ideologi Terbuka
2. Kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

C. Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan

Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa


a. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa telah mengalami berbagai pengalaman sejarah yang memiliki tujuan akhir merubah Pancasila sebagai dasar negara. 

b. Berbagai tantangan saat ini dan masa depan juga dapat mengancam kedudukan Pancasilaa sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa apabila kita tidak mewaspadainya.

c. Pancasia sebagai ideologi terbuka memiliki makna bahwa Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yang tetap dan tidak dapat berubah. Nilai dasar ini diwujudkan dalam nilai instrumental dan nilai praksis yang disesuikan dengan perkembangan masyarakat. 

d. Sebagai ideologi terbuka, Pancasila telah mampu membuktikan selalu menjadi dasar negara dan ideologi nasional bangsa Indonesia.

e. Tugas bangsa Indonesia dalam mewujudkan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah memastikan bahwa perwujudan nilai-nilai instrumental dan nilai praksis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar Pancasila.

Latihan:

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa pada masa orde lama, orde baru dan reformasi?

2. Jelaskan latar belakang timbulnya pemberontakan di Indonesia pada masa orde lama!

3. Jelaskan dan berilah contoh bahwa globalisasi merupakan tantangan bagi Pancasila!

4. Apakah yang dimaksud ideologi terbuka?

5. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka?

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas 9 Bab 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa (PPKn Kelas IX SMP/MTs)"

close