Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PPKn Kelas 8 Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (PPKn Kelas 8 SMP/MTs) ~ sekolahmuonline.com

Soal PPKn Kelas 8 Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (PPKn Kelas 8 SMP/MTs) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline temani pembaca setia khususnya adik-adik yang duduk di kelas 8 SMP/MTs dengan menyajikan contoh soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan [PPKn] Kelas 8 SMP/MTs lengkap dengan Kunci Jawabannya. Kali ini kita bahas soal PPKN kelas 8 Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 
Soal PPKn Kelas VIII Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika


Jangan lupa berbagi yaaa. Sebelum membaca, bagikan dulu postingan ini. Cukup tekan tombol share sosial media (Facebook, Twitter, WhatsApp, dll) yang Sekolahmuonline sediakan di atas atau di bawah postingan ini. 

Oh ya, untuk merefresh materi yang sudah diberikan, kita perlu membaca lagi materi yang sudah disampaikan atau diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Tapi karena banyaknya materi yang diberikan, mungkin bisa jadi sering membuat kita malas untuk membaca.

Nah, untuk mensiasati agar kita tidak malas membaca, diantaranya dengan membaca rangkuman materi pelajaran. Dengan membaca rangkuman materi pelajaran yang biasanya tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat kembali bahkan ingatan kita terhadap materi pelajaran yang telah lewat. Bahkan dengan membaca rangkuman dapat menguatkan ingatan kita akan materi yang telah berlalu.
 
Nah, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan [PPKn] Kelas 8 Bab lengkap.  Rangkuman materi diambil dari buku PPKn. Sumber bisa dipercaya. Silahkan dibaca, dipelajari, semoga membantu dan memudahkan Anda dalam belajar PPKn di kelas 8 SMP/MTs. Jika kelak sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi ke kelas 9 juga mempermudah untuk dibaca.

Rangkuman PPKn Kelas 8 SMP/MTs Lengkap:

Soal Essay PPKn Kelas 8 Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika


Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

Jawablah soal-soal berikut ini!

1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?

Jawaban:
Sangat bangga karena untuk melakukan perubahan itu sendiri harus memiliki potensi dan kompetensi pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perubahan. Pemuda memiliki potensi itu karena pemuda memiliki keinginan kuat untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik. Karakter pemuda, yaitu berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif. Karakter itu semua ada dalam pemuda yang berani melakukan perubahan

2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!

Jawaban:
Karakteristik Pemuda sebagai tulang punggung bangsa:
1. Menurut KBBI, pemuda adalah orang muda lakilaki; remaja; teruna. Pemuda adalah mereka yang memiliki keinginan kuat, semangat tinggi, cita-cita yang digantungkan di bintang, memiliki semangat yang terus berkobar. 
2. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda adalah mereka yang mempunyai cita-cita dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya. 
3. Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama. 
4. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka, pemudalah yang akan menjadi tonggak perubahan suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. 
5. Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No 40 th 2009 Tentang Kepemudaan mendefinisakan Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.
6. Kemudian Pasal 1 (2) menyebutkan Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda.

3. Jika kalian berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda Tahun 1928, hal-hal apa yang akan dilakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan?

Jawaban:
Pemahaman akan tanggungjawab akan muncul apabila pemuda memiliki kesadaran. Tanggung jawab untuk melakukan perubahan di masa penjajahan muncul karena kesadaran pemuda untuk melakukan peran yang terbaik bagi bangsa dan Negara. Beberapa hal yang akan saya lakukan pada zaman sebelum kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut:
1) Menumbuhkan Perasaan Senasib
Perasaan senasib sebagai bangsa, akan meningkatkan rasa persatuan dalam seluruh rakyat Indonesia. Perasaan senasib dapat muncul karena faktor keterikatan terhadap tempat kelahiran atau menghadapi suatu masalah tertentu. Dalam kurun sejarah bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa terjajah. Kondisi ini mendorong perasaan senasib bagi bangsa Indonesia.
2) Membangkitkan semangat diri dan pemuda lain untuk Kebangkitan Nasional
Kebangkitan nasional adalah sesi pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa. Kebangkitan nasional Indonesia dipelopori dengan kelahiran Budi Utomo 1908. Ciri dari kebangkitan nasional adalah perjuangan bangsa Indonesia lebih diwarnai perjuangan untuk memperjuangkan kepentingan nasional bukan hanya kepentingan daerah semata.
3) Membuat komitmen dalam Sumpah Pemuda
Sumpah pemuda merupakan penegas bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan sebuah negara yang memiliki identitas dan dicintai rakyatnya.
4) Berjuang untuk mewujudkan Proklamasi Kemerdekaan 
Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan rakyat Indonesia.

4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?

Jawaban:
Pada masa kini pemuda lebih dipermudah untuk berjuang sekaligus dapat memiliki berbagai tantangan, oleh sebab itu kita perlu mengangkat kembali nilai-nilai kebangsaan khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam konstitusi UUD NRI Tahun 1945, demi meneguhkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan yang menjadi konsensus nasional, sehingga diharapkan bangsa Indonesia dapat tetap menjaga keutuhan dan mampu menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah terpaan arus globalisasi yang bersifat multidimensial. Mengembangkan tenggang rasa, tepa selira dan menerima perbedaan dalam bentuk apapun. Mengakui keunggulan dan kelemahan orang lain maupun diri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Beberapa alasan yang menyebabkan kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
a. Kita adalah bangsa yang berdikari (berdiri di atas kaki sendiri), bangsa Indonesia mendirikan bangsa ini dengan perjuangan dari seluruh bangsa Indonesia dilandasi oleh kecerdasan, keberanian, dan kerelaan berkorban dengan darah dan air mata, serta semangat persatuan dan kesatuan. Tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia berhasil mengumandangkan kemerdekaan dan mengusir penjajah dari tanah air.
b. Negeri kita adalah negeri kepulauan yang sungguh indah dengan lebih dari 17.500 pulau dengan panjang tidak kurang dari 5.000 kilometer yang terbentang dari Timur ke Barat. Kita memiliki pantai terpanjang dan terindah. Bangsa kita terdiri atas lebih dari 900 suku bangsa, 400 lebih bahasa daerah dan dialek dengan warisan adat istiadat, cara hidup dan kearifan masing-masing. Tidak banyak bangsa dan negara lain yang mendapat karunia Tuhan seperti ini. Kita patut bangga dan tentu tidak lupa bersyukur menjadi bangsa terpilih untuk mendapatkan karunia yang amat berharga ini.
c. Borobudur, prambanan, dan situs lainnya yang tersebar di seluruh nusantara ini adalah bukti bahwa sejak dulu, bangsa ini telah memiliki peradaban tinggi dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain. Kita memiliki catatan sejarah tentang kejayaan Sriwijaya, Majapahit, dan kerajaan-kerajaan besar lainnya yang pernah ada di nusantara. Kejayaan dan peradaban nusantara di masa lalu, merupakan bagian dari kebanggaan kita sebagai bangsa.

5. Lanjutkan wacana di atas dengan pernyataan, ”sebagai pemuda masa kini saya akan ....

Jawaban:
Sebagai Pemuda masa kini saya akan ... dan menjadikan sejarah perjuangan Sumpah Pemuda sebagai ....

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Essay atau Uraian PPKn Kelas 8 SMP dan MTs Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Biar yang lainnya juga ikut ketularan pintarnya. Cukup dengan meng-klik tombol share media sosial di bawah postingan ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya.


Posting Komentar untuk "Soal PPKn Kelas 8 Bab 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (PPKn Kelas 8 SMP/MTs) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...