Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan seperti apa sejarah perkembangan akuntansi di dunia dan di Indonesia! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan seperti apa sejarah perkembangan akuntansi di dunia dan di Indonesia! ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini adalah bagian dari soal Ekonomi Kelas 12 Bab 1 Akuntansi Sebagai Sistem Informasi yang khusus membahas tentang sejarah akuntansi baik di dunia maupun di Indonesia. Silahkan dibaca, semoga bermanfaat, menambah wawasan kita tentang Sejarah Akuntansi.
Sejarah Perkembangan Akuntansi di Dunia dan di Indonesia


Jelaskan seperti apa sejarah perkembangan akuntansi di dunia dan di Indonesia!

Jawaban:

Sejarah Perkembangan Akuntansi


Sejarah Perkembangan Akuntansi di Dunia


Sistem pencatatan telah ada dalam berbagai peradaban sejak kurang lebih tahun 3000 BC (SM). Diantaranya adalah peradaban Kaldea-Babilonia, Asiria dan Samaria, kemudian peradaban Mesir, peradaban China, peradaban Yunani. Pencatatan belum dilakukan secara sistematis dan belum lengkap. Di Italia, pedagang-pedagang Venesia melakukan pencatatan transaksi keuangan lebih sistematis.

Pada tahun 1494 Luca Pacioli mempublikasikan buku, Summa de Arithmetica Geometria Proportioni et Proportionalita yang berisi ilmu-ilmu pasti. Namun dalam buku ini terdapat bagian yang berisi pembukuan untuk para pengusaha. Bagian itu berjudul Tractatus de Computis et Scriptorio. Yang menggambarkan pembukuan berpasangan. Dia menyatakan bahwa tujuan pembukuan adalah “untuk memberi informasi yang tepat waktu bagi para pedagang mengenai aset dan kewajibannya”. Debit (adebeo) dan kredit (credito) digunakan untuk melakukan pencatatan secara berpasangan. Tiga buku yang digunakan yaitu memorandum, jurnal dan buku besar. Luca Pacioli dikenal sebagai Bapak Akuntansi Dunia.

Pada akhir abad ke 19 sistem pembukuan mulai berkembang di Amerika yang sering disebut dengan accounting (akuntansi). Sejalan dengan perkembangan teknologi maka pada pertengahan abad ke 20 dipakailah komputer sebagai pengolah data akuntansi sehingga data akuntansi dapat diselesaikan dengan baik dan efisien.

Sejarah Perkembangan Akuntansi di Indonesia


Sejak tahun 1642 pembukuan di Indonesia sudah menerapkan Akuntansi. Akuntansi mulai digunakan setelah adanya UU Tanam Paksa. Pengusaha-pengusaha swasta Belanda mulai banyak menanamkan modalnya di Indonesia sehingga perkembangan usaha makin meningkat. Oleh karena itu, akuntansi makin dibutuhkan. Pengusaha-pengusaha Belanda tersebut dalam sistem pembukuannya menggunakan sistem kontinental.

Pada masa pendudukan Jepang, Indonesia masih menggunakan sistem kontinental karena banyak pengusaha yang masih memakai tenaga yang berasal dari Belanda, walaupun berangsur-angsur perannya mulai berubah dan berkurang.

Pada saat Indonesia sudah merdeka, pembukuan masih menggunakan sistem kontinental karena banyak lembaga pendidikan yang masih menggunakan tenaga pengajar dari Belanda.

Setelah tahun 1960 Indonesia mulai menggunakan sistem Amerika, yaitu Anglo Saxon, karena dipandang lebih efisien dan lebih praktis.

Perkembangan akuntansi di Indonesia dapat digambarkan sebagai berikut:
a. Di Indonesia, akuntansi berkembang sekitar 1642, tepatnya pada zaman VOC.
b. Masa pendudukan Jepang selama 1942 s.d. 1945, sistem akuntansi tetap menggunakan pola Belanda.
c. Tahun 1957, proses pengembangan akuntansi di Indonesia semakin pesat dengan dibentuk Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
d. Pada 1973, IAI merumuskan Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI). 
e. Tanggal 1 Oktober 1994, IAI merevisi PAI dan mengubah menjadi SAK (Standar Akuntansi Keuangan).
f. Tanggal 1 September 2007, SAK direvisi, berisi 59 PSAK (Pernyataan SAK), akuntansi syariah, dan 7 ISAK (Interpretasi SAK).

Nah, itulah Sejarah singkat Perkembangan Akuntansi di Dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya yang Sekolahmuonline rujuk dan olah dari Modul PJJ Ekonomi Kelas 12. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Jelaskan seperti apa sejarah perkembangan akuntansi di dunia dan di Indonesia! ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close