Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Dasar-Dasar Informatika Kelas 10 Bab 1 Berpikir Komputasional ~ sekolahmuonline.com

Contoh Soal Dasar-Dasar Informatika Kelas 10 Bab 1 Berpikir Komputasional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Dasar-Dasar Informatika (Informatika) Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Contoh Soal Dasar-Dasar Informatika Kelas 10 Bab 1 Berpikir Komputasional


Soal Dasar-Dasar Informatika kelas X Bab 1 Berpikir Komputasional


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian Berpikir Komputasional!

Jawaban:
Berpikir komputasional (Computational Thinking) merupakan suatu metode untuk menuntaskan persoalan menggunakan penerapan teknik ilmu komputer/informatika. Berpikir komputasional dilakukan dengan batasan proses komputasi yang dieksekusi oleh manusia ataupun mesin. Metode dan model komputasional memberikan kemudahan bagi kita untuk memecahkan masalah dan mendesain sistem yang tidak bisa kita kerjakan sendiri. Berpikir komputasional mencakup pemecahan masalah, mendesain sistem, dan memahami perilaku manusia dengan merancang konsep berbasis teknologi komputer.

2. Sebutkan karakteristik berpikir komputasional!

Jawaban:
Karakteristik berpikir komputasional adalah sebagai berikut:
- Berdasarkan konsep, informatika tidak hanya belajar tentang bagaimana cara menulis kode program tapi juga diperlukan pemahaman untuk berpikir pada beberapa tingkat abstraksi.
- Kemampuan dasar yaitu kemampuan yang harus dimiliki setiap orang di era milenial.
- Perlunya berpikir komputasional agar masalah dapat dipecahkan tanpa harus berpikir sebagaimana komputer.
- Memadukan pemikiran matematis dan pemikiran teknik.
- Sebuah ide dan bukan sebuah benda.
- Diperlukan bagi setiap orang.
- Menantang secara keilmuan dan dapat dipahami/diselesaikan secara saintifik.
- Informatika dapat dikuasai oleh orang yang memiliki kemampuan komputasional.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Proposisi? Jelaskan!

Jawaban:
Proposisi merupakan sebuah pernyataan yang menggambarkan keadaan benar atau salah dalam bentuk sebuah kalimat. Istilah proposisi biasanya digunakan dalam analisis logika dimana keadaan dan peristiwa secara umum melibatkan seseorang atau orang yang dirujuk dalam kalimat. 
Kebenaran sebuah proposisi berkorespondensi dengan fakta, sebuah proposisi yang salah tidak berkorespondensi dengan fakta. Ada empat unsur proposisi, yaitu dua unsur merupakan materi pokok proposisi, sedangkan dua unsur lain sebagai hal yang menyertainya. Empat unsur yang dimaksudkan yaitu subjek, predikat, kopula dan kuantor.

4. Jelaskan apa itu kalimat proposisi?

Jawaban:
Kalimat proposisi merupakan sebuah pernyataan yang melukiskan beberapa keadaan dan biasanya tidak selalu benar atau salah dalam bentuk kalimat. 
Kebenaran suatu kalimat harus sesuai fakta. Ada empat elemen, yaitu dua elemen subjek kalimat, dan dua elemen lainnya berfungsi sebagai objek yang menyertainya. Keempat elemen tersebut, yaitu konsep sebagai subjek, konsep sebagai predikat, kopula dan kuantifier

5. Jelaskan apa itu proposisi majemuk dan berikan contohnya!

Jawaban:
Proposisi majemuk menjelaskan "kemajemukan proposisi (anteseden dan konsekuen) yang dipadukan". Anteseden sering disebut dengan premis dan konsekuen disebut dengan kesimpulan. Proposisi majemuk terdiri atas satu subjek dan dua predikat atau bisa juga terdiri atas dua proposisi tunggal. 

Contoh kalimat proposisi majemuk berikut : 
a. Bayam merupakan tanaman sayuran sekaligus obat alami penurun darah tinggi. 
Subyek: Bayam; predikat : sayuran dan obat alami penurun darah tinggi 
b. Antiseden : “Kuda adalah kendaraan para ksatria dizaman kerajaan dan Kuda merupakan simbol kejayaan”. 
Menjadi Konsekuen : “Kuda adalah kendaraan para ksatria dizaman kerajaan dan symbol kejayaan”

Sementara sampai di sini dulu ...

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Dasar-Dasar Informatika kelas X Bab 1 Berpikir Komputasional lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Dasar-Dasar Informatika Kelas 10 Bab 1 Berpikir Komputasional ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close