Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan + Kunci Jawabannya [Semester 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan + Kunci Jawabannya [Semester 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal mata pelajaran Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas 10 SMK Program Keahlian Geologi Pertambangan dan Program Keahlian lainnya yang ada dan membutuhkan. Soal-soal berikut membahas materi Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan.
Soal Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas X Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan


Soal Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas X Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan


Pembaca Sekolahmuonline khususnya adik-adik kelas 10, Proses Bisnis Pertambangan merupakan bagian dari Kegiatan Pembelajaran semester 1 (Semester Ganjil). Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jika ada materi atau soal yang kurang paham, bisa ditanyakan langsung kepada guru kalian di sekolah masing-masing.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian tambang, pertambangan dan penambangan!

Jawaban:
- Tambang adalah cebakan, parit, lubang di dalam tanah, atau juga dapat diartikan sebagai tempat menggali (mengambil) bahan galian di dalam bumi berupa logam, batubara, dan lain sebagainya

- Pertambangan:
a. Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI), pertambangan adalah pekerjaan yang berkaitan dengan tambang

b. Menurut Undang‐Undang  
Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, pertambangan adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan, dan pengusahaan mineral atau batubara yang terdiri dari   penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pasca tambang.

- Penambangan
adalah bagian dari suatu proses, cara atau metode, dan aktivitas pertambangan. Penambangan adalah salah satu dari kegiatan pertambangan sebagai kegiatan pengambilan endapan bahan galian atau bahan tambang yang berharga dan mempunyai nilai ekonomis pada permukaan bumi, dalam kerak bumi dan di bawah permukaan bumi, baik secara manual maupun secara mekanis. Hasil dari kegiatan penambangan ini adalah komoditas yang dapat berupa emas, perak, batubara, timbal, seng, bijih besi, timah, nikel, bauksit, batubara dan berbagai jenis bahan galian yang lain.

2. Jelaskan perbedaan antara tambang, pertambangan dan penambangan!

Jawaban:
Tambang lebih cenderung merujuk pada jenis bahan galian atau komoditas yang ditambang.
Tambang bisa juga merujuk pada lokasi dimana tambang tersebut berada. Pertambangan lebih merupakan suatu rangkaian proses yang berisi tahapan‐tahapan. Sedangkan penambangan adalah salah satu tahapan dari suatu rangkaian proses pertambangan, yaitu proses pengambilan bahan galian dari dari dalam tanah atau batuan.

3. Jelaskan pengertian Prospeksi! Apa tujuan dari Prospeksi?

Jawaban:
Prospeksi (Penyelidikan Umum) merupakan kegiatan yang paling awal dari rangkaian kegiatan pertambangan bahan galian.

Tujuan dari prospeksi ini adalah untuk menemukan keberadaan atau indikasi (tanda‐tanda) tentang adanya suatu potensi bahan galian yang memberikan harapan untuk bisa diteliti lebih lanjut. Pada tahap prospeksi ini terdiri dari tahap studio atau kantor yang berupa pekerjaan studi literatur dan tahap penyelidikan lapangan

4. Sebutkan dan jelaskan tahapan‐tahapan dalam kegiatan penyelidikan umum atau prospeksi!

Jawaban:
Tahapan‐tahapan dalam kegiatan penyelidikan umum atau prospeksi antara lain adalah :
1. Studi Literatur.  
Tahap ini berupa pengkajian data‐data awal yang mendukung rencana penyelidikan umum mengenai potensi bahan galian dan lokasi‐lokasi yang mempunyai potensi bahan galian.
2. Tinjauan sepintas lalu
Dalam pelaksanaan prospeksi menggunakan beberapa metode, antara lain; tracing float, dan pemetaan geologi. Acuan yang bisa dipakai dalam pelaksanaan penyelidikan umum ini antara lain adalah peta geologi, peta topografi, peta foto udara dan laporan‐laporan maupun pubilkasi‐publikasi mengenai lokasi setempat yang pernah diterbitkan sebelumnya.

5. Jelaskan pengertian Tracing float!

Jawaban:
Tracing float adalah suatu metode yang digunakan untuk mengetahui adanya jejak‐jejak keterdapatan mineral‐mineral berharga yang biasanya berupa float atau pecahan‐pecahan batuan, mineral dan bahan galian.
Tracing float ini dilakukan terutama pada anak sungai, khususnya anak sungai yang aliran airnya relatif tidak terlalu deras atau bisa juga lebih mudah dilakukan pada saat musim kemarau.
Metode tracing float ini dilakukan dengan berjalan menyusuri sungai atau anak sungai dari bagian hilir ke arah hulu. Jika kemudian ditemukan float‐float tersebut pada bagian hilir maupun pertengahan sungai, maka bisa diasumsikan bahwa pada daerah yang relatif ke arah hulu atau lereng bukit yang terpotong oleh anak sungai terdapat sumber mineralisasi dari float batuan maupun bahan galian yang ditemukan tersebut. 

6. Jelaskan pengertian eksplorasi! Apa tujuan dari eksplorasi?

Jawaban:
Eksplorasi adalah kegiatan yang dilakukan setelah dan berdasarkan rekomendasi dari tahap prospeksi atau setelah endapan suatu bahan galian ditemukan.

Tujuan dari dilaksanakannya tahap eksplorasi ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari keterdapatannya endapan bahan galian tersebut yang meliputi beberapa parameter yang antara lain adalah bentuk, ukuran, letak kedudukan, kualitas (kadar) endapan bahan galian, karakteristik fisik dari endapan bahan galian tersebut serta karakteristik batuan pembawa endapan mineral berharga tersebut (host rock).

7. Metode apa yang digunakan dalam pelaksanaan eksplorasi bahan galian? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban:
Dalam pelaksanaan eksplorasi bahan galian, metode yang digunakan terkadang berbeda‐beda, tergantung dari jenis tahapan eksplorasinya maupun jenis bahan galian yang dieksplorasi. Metode eksplorasi batubara akan berbeda dengan metode eksplorasi pada endapan laterit, apalagi eksplorasi logam dasar (base metal) produk dari endapan primer. Begitu
juga metode eksplorasi pendahuluan akan berbeda dengan metode eksplorasi detil. Metode eksplorasi yang dilakukan meliputi pemetaan geologi permukaan, pemboran rksplorasi, survei geofisika dan survey geokimia.

8. Jelaskan pengertian Pemetaan geologi permukaan! Apa tujuannya?

Jawaban:
Pemetaan geologi permukaan    adalah suatu metode dalam eksplorasi untuk mengetahui penyebaran batuan pada suatu obyek penelitian dengan cara menyusuri atau menjelajahi suatu area.

Tujuan dilaksanakannya eksplorasi ini adalah untuk mengetahui luasan penyebaran potensi batuan dan mieral berharga secara horisontal atau penyebaran ke arah samping. Obyek utama yang menjadi target untuk dipetakan, diteliti atau didata adalah batuan, sehingga lokasi‐lokasi yang dipetakan atau disurvei adalah tempattempat batuannya muncul atau tersingkap ke permukaan bumi (out crop). 

9. Tempat‐tempat seperti apakah yang ideal yang terlihat/menampilkan singkapan batuannya?

Jawaban:
Tempat‐tempat ideal yang terlihat singkapan batuannya adalah pada anak‐anak sungai yang aliran airnya tidak memenuhi badan sungai.
Selain itu tempat‐tempat yang berpotensi menampilkan singkapan batuannya adalah tempat‐tempat dengan bentuk menonjol pada permukaan bumi secara alami yang pada umumnya disebabkan oleh pengaruh gaya yang berasal dari dalam bumi atau disebut gaya endogen, seperti letusan gunung berapi yang memuntahkan material ke permukaan bumi, gempa bumi akibat adanya gesekan antara kerak bumi yang dapat mengakibatkan terjadinya patahan atau timbulnya singkapan ke permukaan bumi yang dapat dijadikan petunjuk letak tubuh batuan dan pengangkatan atau uplift dimana batuan yang berada di bawah terangkat ke atas akibat gaya konveksi magma.

10. Jelaskan pengertian Pemboran eksplorasi!

Jawaban:
Pemboran secara umum adalah pembuatan lubang silindris untuk mencapai suatu kedalaman tertentu dengan perantaran alat. 

Pemboran eksplorasi merupakan salah satu metode eksplorasi yang  bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai jenis batuan di bawah permukaan langsung atau untuk mengetahui penyebaran ke bawah (vertikal).  

Bersambung ... (Capek)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal mata pelajaran Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Dasar-Dasar Geologi Pertambangan Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis Pertambangan + Kunci Jawabannya [Semester 1] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close