Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis di Bidang Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis di Bidang Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Pertama (Part 1) dari Contoh Soal mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi Semester 1 (Semester Ganjil) lengkap dengan Kunci Jawabannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi


Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi ~ Part 1


A. Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi


NB: Kunci Jawaban ada di bawah soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian proses bisnis!
2. Para ahli mendefinisikan proses bisnis dengan beberapa definisi. Sebutkan pengertian proses bisnis menurut beberapa ahli!
3. Menurut Anda, seberapa pentingkah proses bisnis dalam menjalankan usaha?
4. Sebutkan manfaat proses bisnis pada dunia usaha!
5. Sebutkan dan jelaskan dampak kegagalan proses bisnis dari perusahaan/usaha yang tidak yang tidak merencanakan proses bisnis dan tidak dapat menerapkannya dengan baik!
6. Jelaskan pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA) dan Akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)!
7. Akuntansi dapat diartikan atau didefinisikan dengan beberapa macam pengertian. Sebutkan definisi-definisi akuntansi tersebut
8. Sebutkan dan jelaskan kegiatan-kegiatan yang ada pada akuntansi!
9. Jelaskan pengertian perusahaan jasa menurut para ahli! Apa kesimpulan dari pengertian perusahaan jasa menurut para ahli tersebut?
10. Sebutkan contoh-contoh perusahaan jasa!
11. Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari perusahaan jasa

NB: Silahkan berusaha untuk menjawab tanpa melihat kunci jawabannya terlebih dahulu.

B. Kunci Jawaban Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi


1. Jelaskan pengertian proses bisnis!

Jawaban:
Proses bisnis adalah urut-urutan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang saling berhubungan dan saling bekerjasama dalam sebuah entitas untuk menghasilkan produk atau layanan.

2. Para ahli mendefinisikan proses bisnis dengan beberapa definisi. Sebutkan pengertian proses bisnis menurut beberapa ahli!

Jawaban:
Pengertian proses bisnis dari beberapa ahli adalah sebagai berikut:
a. Pengertian proses bisnis menurut Monk (2009):
Proses bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang menerima satu atau lebih masukan (input) dan menghasilkan keluaran (output) yang bernilai bagi pelanggan 

b. Pengertian proses bisnis menurut Rummler dan Brache dalam Siegel (2008):
Proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan dalam bisnis untuk menghasilkan produk dan jasa 

c. Pengertian proses bisnis menurut Davenport (1993): 
Proses bisnis adalah aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi tidak seperti focus dari produk yang pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suaktu awalan dan akhiran dan secara jelas mendifinisikan input dan output.

3. Menurut Anda, seberapa pentingkah proses bisnis dalam menjalankan usaha?

Jawaban:
Sangat penting.
Dalam menjalankan usaha proses bisnis merupakan suatu dasar untuk melakukan aktivitas yang perlu dipersiapkan dan direnacakan dengan baik, karena memainkan peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan.

4. Sebutkan manfaat proses bisnis pada dunia usaha!

Jawaban:
Manfaat proses bisnis pada dunia usaha antara lain: 
a. Menekan pengeluaran dan resiko: proses yang tertata dengan baik dengan menggunakan cara-cara yang efisien akan memperkecil pengeluaran dan menekan kemungkinan dampak buruk yang terjadi. 
b. Menghindari kesalahan manusia: job description yang jelas sangat berguna untuk menekan kesalahan prosedur kerja. 
c. Meningkatkan produktifitas: urutan kerja yang terencana dan penempatan pekerja yang tepat akan berdampak pada peningkatan produktifitas 
d. Memuaskan pelanggan: proses produksi sesuai SOP akan mudah untuk memenuhi kepuasan pelanggan. 
e. Efisiensi waktu: Strategi yang baik dalam proses produksi juga akan memakan waktu yang singkat.

5. Sebutkan dan jelaskan dampak kegagalan proses bisnis dari perusahaan/usaha yang tidak yang tidak merencanakan proses bisnis dan tidak dapat menerapkannya dengan baik!

Jawaban:
Perusahaan/usaha yang tidak yang tidak merencanakan proses bisnis dan tidak dapat menerapkan dengan baik maka sudah tentu akan gagal dalam mencapi tujuan baik untuk mendapatkan laba atau menghasilkan produk/layanan kepada pelanggan. 

Apa dampak dari kegagalan proses bisnis tersebut? Berikut ini adalah
dampak kegagalan proses bisnis:
a. Tidak menemukan benang merah masalah
Ketidakmampuan menetapkan standar proses karena perusahaan kurang fokus pada bisnisnya sehingga masalah sulit ditemukan. 
b. Karyawan tidak bersemangat
Karena penempatan yang tidak sesuai dengan keahliannya sehingga tidak kompeten dalam bekerja. 
c. Boros waktu
Urutan kerja yang tidak sesuai dan kurang tepat menyebabkan penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga hasil tidak maksimal. 
d. Pengeluaran meningkat
Proses yang tidak terencana dan tenaga yang tidak kompeten menyebabkan banyak pengeluaran sehingga resiko gagal tidak dapat dihindari 

6. Jelaskan pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA) dan Akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)!

Jawaban:
- Pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA): Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. 

- Pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified 
Public Accountants (AICPA): Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya

7. Akuntansi dapat diartikan atau didefinisikan dengan beberapa macam pengertian. Sebutkan definisi-definisi akuntansi tersebut!

Jawaban:
a. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. 

b. Menurut asal kata yang dilihat dari tata bahasa, akuntansi berasal dari kata kerja “to account” yang mempunyai arti menghitung. Dalam arti luas, akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi dari informasi-informasi ekonomi untuk menghasilkan pertimbangan dan keputusan-keputusan dari pemakai informasi tersebut. 

c. Ditinjau dari segi prosedur, akuntansi adalah langkah-langkah mencatat, mengolongkan, dan menyimpulkan transaksi-transaksi keuangan dalam satuan nilai uang kemudian menganalisis hasilnya.

8. Sebutkan dan jelaskan kegiatan-kegiatan yang ada pada akuntansi!

Jawaban:
Kegiatan-kegiatan yang ada pada akuntansi meliputi beberapa kegiatan, yaitu:
a. Pencatatan (recording)
Pencatatan adalah kegiatan memindah dengan menganalisa transaksi keuangan perusahaan yang terjadi berupa dokumen ke dalam buku harian (jurnal) dengan cermat, teliti dan urut. Contoh transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam buku transaksi (nota) setelah dianalisa tentang debet kreditnya kemudian dimasukkan ke Jurnal 
b. Pengumpulan (clasifiying)
Penggolongan merupakan kegiatan memilah dan mengumpulkan transaksi keuangan perusahaan yang sama yang tertulis pada jurnal ke dalam satu akun buku besar. Contoh: transaksi setelah dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas dan digolongkan ke dalam akun buku besar. 
c. Pengihtisaran (summarizing)
Pengihtisaran merupakan kegiatan untuk meringkas transaksi keuangan yang sudah digolongkan ke dalam akun buku besar selanjutnya saldonyadimasukkan ke dalam neraca saldo. 
d. Penyajian (reporting)
Penyajian yang di maksud adalah dimulai dari jurnal penyesuaian, jurnal penutup, menutup buku besar, neraca saldo setelah penutupan, dan jurnal pembalik kemudian menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan laba ditahan (PT), neraca, laporan perubahan modal/ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. 

9. Jelaskan pengertian perusahaan jasa menurut para ahli! Apa kesimpulan dari pengertian perusahaan jasa menurut para ahli tersebut?

Jawaban:
Pengertian perusahaan jasa dari beberapa ahli:
1) Menurut Kotler, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan atau memberikan tindakan tidak berujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan. 

2) Menurut Andriyan Payne, Perusahaan jasa sebagi perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki manfaat intangible dan terdapat hubungan interaksi dengan konsumen tetapi tidak menghasilkan tranfer kepemilikan. 

3) Menurut Gronross, Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang memiliki aktivitas intangible antara pelanggan dan karyawan jasa untuk mengatasi masalah pelanggan. 

Bila disimpulkan pengertian perusahaan jasa adalah: perusahaan yang kegiatan utamanya berupa layanan/jasa untuk mendapatkan imbalan. 

10. Sebutkan contoh-contoh perusahaan jasa!

Jawaban:
Contoh-contoh perusahaan jasa: 
a. Jasa Profesi: konsultan pajak, konsultan keuangan, dokter. 
b. Jasa angkutan: Grab, ojek, taxi, kereta api.
c. Jasa service: bengkel, reparasi hp, reparasi elektronika 
d. Jasa penginapan: home stay, hotel, asrama, kost 
e. Jasa perawatan: salon, pijat, spa, gigi 
f. Jasa cuci: laundry, cuci mobil, cuci helm, cuci karpet 

11. Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari perusahaan jasa!

Jawaban:
Karakteristik Perusahaan Jasa:
- Ada peralatan 
Usaha jasa membutuhkan peralatan (barang modal) untuk menjalankan usahanya. Contoh: usaha Salon alat yang diperlukan alat-alat seperti: hair dryer, tempat duduk.
- Diperlukan tenaga ahli 
Orang yang bekerja pada usaha harus yang mempunyai keahlian khusus, untuk bisa melayani kebutuhan pelanggan maka harus mempunyai tenaga andalan yang memegang peranan penting dalam bekerja. 
- Tidak ada produknya 
Perusahan jasa tidak mempunyai stock produk karena yang dijual produk yang tidak terlihat tetapi bisa dirasakan manfaatnya.
- Jasa bervariasi 
Setiap pelanggan akan memperoleh pelayanan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, tetapi berhak mendapatkan perlakuan yang sama. 
- Tidak ada harga pokok 
Harga yang ditawarkan pada perusahaan jasa bervariasi, tidak ada harga pokoknya. Karena orang menjual pasti dari harga beli berapa kemudian ditambah laba saat menjualnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab I Proses Bisnis di Bidang Akuntansi lengkap dengan Kunci Jawabannya Bagian yang Pertama [Part 1]. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 Bab 1 Proses Bisnis di Bidang Akuntansi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close