Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Blog Baru dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi (Tidak sampai 5 menit!) ~ sekolahmuonline.com

Cara Membuat Blog Baru dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi ~ Sekolahmuonline. Pembaca Sekolahmuonline, jika pembaca ingin memiliki blog atau website seperti blog yang sedang pembaca baca ini, caranya sangat mudah sekali. Gampil. Anda berada pada bacaan yang tepat sekali. Sekolahmuonline akan memandu dengan tahap demi tahap, dan dalam hitungan menit anda sudah memiliki blog.

Cara Mudah dan Cepat Membuat Blog Baru


Untuk membangun website seperti Tribun, Detik, Pikiran-Rakyat, dan lain-lain pondasinya berada pada artikel yang sedang Anda baca ini. Tinggal nanti jika sudah masuk dan membuat pondasinya, anda bisa kembangkan sendiri.

Perlu pembaca ketahui, untuk membuat blog atau website ada yang gratis dan ada yang berbayar. Nah kali ini saya buatkan tutorial agar anda dapat membuat dan memiliki blog secara gratis. Jika sudah bisa yang gratisan, nanti akan anda upgrade menjadi yang berbayar, bisa Anda lanjutkan sendiri. 


Sesuai pada judul Cara Membuat Blog dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi, Anda akan saya bimbing perlahan, tahap demi tahap dan jika anda langsung praktikan, dalam hitungan menit (tidak sampai 5 atau 10 menit) Anda sudah punya blog baru. Serius??? Dua rius! Bahkan cukup menggunakan HP yang sedang Anda pegang.

    Cara Membuat Blog Baru dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi (Tidak sampai 5 menit!)

    Untuk membuat blog baru ini Sekolahmuonline menggunakan blogger. Blogger yang merupakan produk Google menyediakan tempat gratis bagi para pengguna internet yang suka dengan dunia tulis menulis untuk menuangkannya lewat media bernama blog (blogspot). 

    Nah, sekarang bagaimana untuk memulaianya?

    Sebelum mulai membuat blog baru dengan blogger, pastikan:

    1. Anda memiliki akun gmail (alamat email di gmail produk google)

    2. Pastikan Laptop/ Komputer/ HP/ Smartphone/ Android dan sejenisnya yang Anda gunakan terkoneksi dengan internet dan lancar koneksinya (tidak lemot)

    3. Sudah ada browser Google Chrome (agar mudah dan cepat)

    Jang lupa, pastikan juga akun gmail anda belum dipakai untuk membuat blog. Jika sudah berarti anda sudah punya blog dong. Karena kalau sudah dipakai dan blognya masih ada, ketika anda membuka menggunakan akun anda ya otomatis akan diarah ke blog (dashboard blogger) anda.

    Langkah-langkah Membuat Blog dengan Blogger

    Setelah Anda persiapkan dua syarat di atas, ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Pertama buka browser Google Chrome dan masuk ke blogger.com (klik ini saja biar tidak ribet: blogger.com). Nanti blogger-nya akan terbuka pada tab/jendela baru. Agar cepat dan mudah praktiknya, anda buka dua tab. Satu tutorial ini dan yang kedua blogger-nya. Sambil membuka blogger, anda dapat pantengi terus tutorila ini.

    2. Kedua, setelah bisa masuk ke blogger anda akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini. Tinggal anda klik: BUAT BLOG

    Itu muncul dengan bahasa Indonesia. Bisa jadi karena settingan Anda berbahasa inggris, munculnya bahas Inggris. Jika dengan bahasa inggris akan muncul: "Create a unique and beautiful blog ....". Saya anggap anda paham. Jadi silahkan menyesuaikan. Berikut ini sekolahmuonline tampilkan yang menggunakan bahasa inggris pada tahap-tahap berikutnya.

    Silahkan isi nama blog Anda. Mau diisi nama anda boleh. Mau yang lainnya juga boleh. Di sini Sekolahmuonline contohkan menggunakan nama: Arsip Mengajar. Klik Next (berikutnya).

    Karena nama blog adalah Arsip Mengajar, maka pada tahap beriutnya Sekolahmuonline ingin menggunakan nama alamat url blog dengan nama arsipmengajar (tanpa spasi), eh rupanya sudah ada yang memakai. Jika Anda masukka url blog yang akan dibuat tapi sudah dipakai orang lain, otomatis pihak blogger akan menyampaikan nama tidak tersedia alias sudah ada yang memakai. Maka ganti yang lain. Atau tambahkan dengan angka atau kata lainnya. Dalam kasus ini Sekolahmuonline menggunakan nama "arsipmengajar" dan sudah ada yang memakai. Akhirnya Sekolahmuonline tamabahi "ku" menjadi "arsipmengajarku" rupanya nama tersebut tersedia alias belum ada yang menggunakan.

    url blog contohnya: sekolahmuonline.blogspot.com

    Ini penampakan setelah menggunakan nama "arsipmnegajarku". Alamat blog tersedia,belum ada yang menggunakan. Jadi bisa dipakai atau digunakan dan alamt url blog menjadi: arsipmengajarku.blogspot.com

    Setelah memperoleh nama yang bisa digunakan dan anda cocok serta mantap dengan nama tersebut, silahkan klik: NEXT (Selanjutnya)

    Konfirmasi nama yang akan ditampilkan pada blog anda. Klik: FINISH. Tampilannya seperti ini:

     
    Nah anda sudah punya blog baru. Tidak sampai lima menit kan?

    Cuma blog anda belum terisi postingan apapun.

    Coba cek sekarang blog Anda. Buka url blog anda coba!  namablogbarudibuat.blogspot.com

    Cara Membuat Postingan Blog

    Terus bagaimana caranya agar blog berisi tulisan, gambar, video mislanya. Ya buat postingan atau tulisan kemudian dipublikasikan. Caranya bagaimana?

    Mudah alias gampil-gampil banget!

    Pertama, masuk ke blogger (dashboard blogger baru anda). Lihat sisi sebelah kiri. Ada macam-macam menu kan? Ada +NEW POST, Posts, Stats



    Kalau bingung, ini tampilan yang menggunakan bahasa Indonesia; +POSTINGAN BARU, Statistik, Komentar, dll.

    Kedua, anda klik +NEW POST (+POSTINGAN BARU). Akan diarahkan ke tahap pembuatan judul dan isi artikel blog.
    Perhatikan 3 panah warna kuning. Menagarah ke judul tulisan, isi tulisan, dan satunya mengarah ke tanda roda (gear). Anda konsentrasi saja pada judul tulisan/artikel dan isinya dulu. Silahkan menulis apa saja. Yang cepat ya. Sekedar buat praktik saja. Contohnya seperti di bawah ini:
    Selesai menulis, perhatikan yang tanda roda/gear. Anda klik tanda tersebut. Akan muncul menu: Label/Kategori, Published on (waktu akan dipublikasikan), Permalink (link url tulisan/postingan yang anda buat), dll. Anda konsentrasi saja pada Label/Kategori, karena yang lainnya bisa secara otomatis. Sedang Label/kategori harus dibuat secara manual. Kecuali tulisan anda tidak dikasih pelabelan atau kategori tertentu.

    Gunanya kategori atau Label, jika blog anda berisi macam-macam pembahasan, anda dapat mengelompokkan tulisan artikel yang sama pembahasannya. Misal blog berisi contoh soal, bisa dibuat Label Contoh Soal Kelas 10, Contoh Soal Kelas 11, Contoh Soal Kelas 12, dan lain-lainnya. Jadi silahkan buat label sesuai yang anda butuhkan. Di bawah ini sekedar contoh saja.
    Jika tulisan sudah selesai dan mantab ingin dipublikasikan, pelabelan atau pengkategorian (jika menggunakan menu ini) juga sudah dipilih, sekarang tinggal anda klik PANAH SEGI TIGA bertuliskan Publish/Publikasikan yang ada di samping sebelah kanan judul tulisan/artikel yang Anda buat. Nanti akan muncul konfirmasi untuk publish artikelnya. Klik saja: CONFIRM/KONFIRMASI.


    Jika sukses lancar tanpa kendala (koneksi) artikel anda sudah terpublikasikan. Anda akan diarahkan ke dashboar blogger yang berisi postingan anda. Silahkan dicek/dilihat.

    Caranya klik: Tanda Titik Tiga di samping judul artikel. Akan muncul pilihan: Delete (hapus), dll. Pilih yang View (lihat) nanti akan diarahkan ke artikel yang baru anda buat.
    Nah ini hasilnya...

    Mudah bukan? Silahkan langsung saja dipraktikkan jika sampai membaca bagian ini anda belu praktik-praktik juga. Praktik dengan melihat panduan ini akan lebih mempermudah anda dalam membuat blog baru. Blog bisa Anda gunakan untuk menyimpan file-file yang anda miliki. Apalagi jika sifat filnye boleh dikonsumsi publik, tentu akan bermanfaat bagi banyak orang.

    Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Cara Membuat Blog Baru dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, kurang paham, tanyakan saja langsung lewat kolom komentar. Akan sekolahmuonline jawab semampu dan sesuai yang Sekolahmuonline ketahui.

    Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Baru dengan Blogger dalam Hitungan Menit Jadi (Tidak sampai 5 menit!) ~ sekolahmuonline.com"

    Memuat...