Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Gabung atau Membuat Kelas di Google Classroom ~ sekolahmuonline.com

Cara Gabung atau Membuat Kelas di Google Classroom ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, diantara aplikasi yang cocok untuk diinstal karena dapat memudahkan belajar jarak jauh adalah Google Kelas/Google Classroom/Classroom. 

Di masa-masa penanganan penyebaran virus Corona di Indonesia khususnya yang masih juga belum berakhir, belajar jarak jauh (belajar dari rumah) atau daring menjadi salah satu cara untuk memutus penyebaran virus corona (Covid-19) di kalangan pelajar.

Untuk belajar jarak jauh diantaranya dapat memanfaatkan aplikasi Google Kelas. Google Kelas adalah layanan gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan semua orang yang memiliki akun Google pribadi. 

Google Classroom memudahkan pelajar dan instruktur agar tetap terhubung—di dalam dan di luar sekolah. Kelas menghemat waktu dan kertas, serta memudahkan dalam membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan menjadikan semuanya mudah dikelola. 

Aplikasi Google Classroom ini diluncurkan sejak 27 Januari 2015. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC berukuran 10,98MB ini sudah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Apa keuntungan dari memasang dan menggunakan aplikasi Google Kelas? Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Google Kelas:
• Dapat disiapkan dengan mudah – Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau dengan membagikan kode di kelasnya untuk bergabung. Penyiapan hanya perlu waktu beberapa menit.
• Menghemat waktu – Alur kerja tugas yang mudah dan tidak menggunakan kertas memungkinkan pengajar untuk membuat, meninjau, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di 1 tempat.
• Meningkatkan pengelolaan – Siswa dapat melihat semua tugasnya di 1 halaman tugas, dan semua materi kelas (seperti dokumen, foto, dan video) otomatis dimasukkan ke dalam folder di Google Drive.
• Menyempurnakan komunikasi – Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirimkan pengumuman dan memulai diskusi kelas dengan cepat. Siswa dapat berbagi materi satu sama lain atau menjawab pertanyaan melalui sarana diskusi ini.
• Aman dan terjangkau – Sama seperti layanan G Suite untuk Pendidikan lainnya, Kelas tidak berisi iklan, tidak menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan, dan tidak berbayar.

Jika berminat untuk memasangnya pada HP anda, silahkan kunjungi play store kemudian cari Google Kelas. Tinggal install saja. Selamat mencoba.

Cara Membuat dan Bergabung dengan Google Kelas

Bagi yang ingin membuat Google Kelas (Classroom Google) dan belum pasang aplikasinya bisa dilakukan lewat link webnya. Untuk membuat atau bergabung dengan Google Kelas ikuti tahap-tahap berikut ini:

1. Siapkan email kemudian gunakan dan buka browser Google Chrome

2. Masuk ke link berikut: 

https://classroom.google.com

3. Ikuti tahap-tahap yg di minta. Tinggal anda maunya apa. Buat kelas atau gabung ke kelas yang sudah ada.

Gambar-gambar berikut bisa membantu:

Setelah memasukkan email kamu akan diarahkan ke tahap berikut. Perhatikan tanda panah yang mengarah ke tanda +

Kamu pencet tanda + tersebut, nanti akan muncul pilihan

Berikut ini pilihannya:
Gabung ke kelas atau mau Buat Kelas

Kalau kamu mau buat kelas, silahkan pencet Buat Kelas kemudian ikuti tahap-tahapnya. Jika kamu ingin gabung dengan kelas yang sudah ada (sudah dibuat guru, dosen, dll) tinggal pilih Gabung ke kelas. Biasanya, yang membuat kelas sudah menyiaplan kode untuk dimasukkan oleh para pesertanya. Tinggal kamu masukkan kodenya.

Posting Komentar untuk "Cara Gabung atau Membuat Kelas di Google Classroom ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...