Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PAIBP Kelas 5 SD/MI Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal PAIBP Kelas 5 SD/MI Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal lengkap dengan kunci jawabannya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas V Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Soal berikut ini, sesuai judul membahas Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih.

Soal PAIBP Kelas V SD/MI Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih + Kunci Jawabannya


PAIBP Kelas 5 SD/MI Pelajaran 3 terdiri dari beberapa pembelajaran, yaitu:
A. Orang Jujur Disayang Allah Swt
B. Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru
C. Indahnya Saling Menghargai

Soal PAIBP Kelas V Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih


1. Apakah arti “cita-cita” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Jawaban:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cita-cita adalah “keinginan (kehendak) yang selalu ada di dalam pikiran, berkeinginan sungguh-sungguh”.


2. Siapa yang dinamakan anak Sālih itu? Apa ciri-cirinya?

Jawaban:
Sālih artinya baik. Anak Sālih berarti anak yang baik. 

Ciri-ciri anak Sālih:
Di antara ciri-ciri anak Sālih adalah taat kepada Allah Swt., jujur, hormat dan patuh kepada orang tua, hormat dan patuh kepada guru, setia kepada kawan, serta menghargai sesama.

3. Apa manfaat menjadi anak Sālih?

Jawaban:
- Anak Sālih disayang oleh Allah, disayang orang tua, disayang teman

4. Mengapa harus hormat dan patuh kepada orang tua.

Jawaban:
Karena Allah memerintahkan kita harus hormat dan patuh kepada orang tua.
Orang tua yang mengasuh, membimbing, memberi makan-minum dan pakaian, mendidik, serta mengajari mengaji dan menyekolahkan. Dalam membesarkan anaknya, mereka menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan. Mereka sering berdoa “Ya Allah jadikanlah anakku ini orang sālih, yang taat kepada-MU dan patuh kepada orang tuanya, serta berguna bagi bangsa dan negara”. 

5. Mengapa harus hormat dan patuh kepada guru? 

Jawaban:
Guru adalah pengganti orang tua di sekolah. Banyak hal yang dapat kita peroleh dari guru, terutama mendapat ilmu pengetahuan dan keteladanan. Guru telah megajari dan membimbing kita beribadah dan membaca al-Qur’ān, berbahasa yang baik, berhitung, bergaul, mengenal lingkungan alam, serta mengenal seni dan sebagainya. Selain itu, ia juga mengasuh, membimbing, memperhatikan, dan menjaga muridnya selama berada di sekolah. Begitulah jasa mereka kepada kita. Sudah seharusnya kita bersikap setia, hormat dan patuh kepada mereka.
Contoh-contoh sikap hormat kepada guru: berbicara dengan sikap santun, berbahasa yang baik dan benar, rendah hati, tidak sombong dan tidak merasa lebih pintar. 

6. Bagaimanakah sikap kita terhadap pendirian dan keyakinan orang lain yang berbeda dengan kita?

Jawaban:
Kita harus menghargai pendirian dan keyakinan orang lain yang berbeda dengan kita

7. Bagaimanakah sikap kita dalam diskusi kelompok, apabila muncul berbagai pendapat? 

Jawaban:
Kita menghargai pendapat yang berbeda. Tidak memaksakan pendapat sendiri harus diterima oleh orang lain. Dari berbagai pendapat yang ada dicari solusi, dicari keputusan yang terbaik untuk kebaikan bersama

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti PAIBP Kelas 5 SD MI Bab 3 atau Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Posting Komentar untuk "Soal PAIBP Kelas 5 SD/MI Pelajaran 3 Cita-citaku Menjadi Anak yang Sālih + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...